√ Kredit Multi Usaha Bank NTT 2021 : Syarat, Bunga & Keunggulan

Kredit Multi Usaha Bank NTT – Pinjaman bank terkadang banyak diminati oleh para nasabahnya. Pinjaman tersebut juga kebanyakan digunakan untuk beragam keperluan pengembangan usaha maupun modal usaha. Seperti kita ketahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah wiraswasta yang bergerak dibidang perdagangan, peternakan, pertanian, perkebunan dan usaha-usaha lainnya. Jika kalian merupakan salah satu nasabah dari Bank NTT, kalian bisa mengajukan salah satu fasilitas kredit, yaitu Kredit Multi Usaha.

Berbicara mengenai kredit, hampir setiap bank menghadirkan beberapa jenis pinjaman yang bisa digunakan untuk keperluan multi usaha. Seperti halnya dengan Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang merupakan program kredit dari pemerintah yang disalurkan oleh bank-bank kepercayaan, baik bank BUMN maupun BUMD. Untuk fasilitas Kredit Multi Usaha dari BPD NTT juga sebenarnya hampir memiliki spesifikasi produk mirip dengan KUR tersebut. Jadi kami cukup merekomendasikan pinjaman satu ini.

Ada beberapa informasi penting yang nantinya bisa kalian simak di pembahasan kali ini mengenai Kredit Multi Usaha Bank Nusa Tenggara Timur. Mulai dari syarat pengajuan, suku bunga pinjaman, plafon, tenor angsuran serta cara pengajuannya. Semua informasi tersebut akan idekredit.com sampaikan di pertemuan kali ini. Maka dari itu kalian bisa simak artikel kali ini sampai akhir. Menyinggung sedikit mengenai persyaratan, Kredit Multi Usaha bisa diajukan dengan syarat-syarat dokumen cukup ringan dan mudah.

Syarat wajib untuk mengajukan fasilitas kredit multi usaha ini adalah calon debitur wajib memiliki usaha yang produktif dan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil Otonom yang pembayaran gajinya melalui PT Bank BPD NTT. Lalu soal pengajuan, kredit ini bisa diajukan langsung melalui kantor cabang NTT setempat. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Multi Usaha Bank NTT yang telah kami siapkan berikut.

Kredit Multi Usaha Bank NTT

Apa Itu Kredit Multi Usaha Bank NTT?

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan lainnya, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa itu Kredit Multi Usaha. Kredit Multi Usaha merupakan fasilitas pinjaman diberikan kepada para pelaku usaha produktif yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil Daerah Otonom yang sumber pembayaran/pengembaliannya berasal dari gaji dan penghasilan Pegawai atau Debitur bersangkutan.

Dalam ketentuan ini, dimaksud dengan usaha produktif adalah usaha yang dapat memberikan nilai tambah dan pendapatan berdampak pada peningkatan daya tahan ekonomi. Peningkatan daya tahan ekonomi yang tangguh ini juga dalam rangka menciptakan sumber daya manusia atau masyarakat Nusa Tenggara Timur agar lebih berkualitas.

Keunggulan

Berbicara mengenai keunggulan, ada beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh para calon debitur. Keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Syarat mudah dan ringan
  • Proses pengajuan cepat
  • Suku bunga ringan
  • Tenor angsuran fleksibel

Bunga & Biaya

Lalu untuk soal suku bunga, Bank NTT memberikan besaran suku bunga dinilai cukup ringan dan bersaing, yakni hanya 12.72% per tahun. Besaran suku bunga tersebut juga tentunya tidak berbeda jauh dengan fasilitas kredit bank lain seperti KUR BANK JATENG maupun bank BPD lainnya. Sedangkan untuk soal biaya, Bank NTT tidak memberikan informasi lengkap mengenai biaya apa saja yang terdapat di Kredit Multi Usaha Bank NTT ini. Jadi kami sarankan untuk menghubungi atau mendatangi langsung ke pihak terkait untuk mendapatkan kejelasannya.

Plafon Kredit Multi Usaha BPD NTT

Informasi berikutnya adalah mengenai plafon kredit. KMU Bank NTT memberikan minimal plafon kredit sebesar Rp 5 juta. Besaran plafon tersebut juga tidak melampaui batas maksimum pemotongan penghasilan setiap bulan. Jumlah potongan atau angsuran kredit ( pokok + bunga ) per bulan ditetapkan setinggi – tingginya 75% dari penghasilan bersih pegawai bersangkutan dapat ditambah dengan penghasilan bersih istri atau suami dan penghasilan lainnya tetapi tidak boleh melampaui gaji bersih pegawai. Jumlah potongan maksimum tersebut sudah termasuk Kredit Multiguna/Sekawan yang sedang/akan dinikmati.

Syarat Pengajuan Kredit Multi Usaha Bank NTT

Syarat Pengajuan Kredit Multi Usaha Bank NTT

Dan mengenai persyaratan, seperti kita ketahui bahwa syarat adalah hal penting dalam sebuah pengajuan pinjaman. Dimana dengan kelengkapan dokumen diwajibkan, proses pengajuan dapat berjalan dengan lancar. Adapun persyaratan pengajuan Kredit Multi Usaha Bank NTT dapat kalian simak di bawah ini.

Syarat Umum

  • Usia calon debitur saat jatuh tempo kredit tidak melebihi masa persiapan pensiun.
  • Memiliki kegiatan usaha ekonomi produktif dikelola baik oleh dirinya sendiri maupun keluarganya ( Suami / Istri /Orangtua Kandung / Mertua ).
  • Penghasilan dibayarkan melalui Bank NTT dan memiliki rekening tabungan untuk mendukung pembayaran kewajiban atas kredit nya.
  • Usaha dibuktikan dengan ijin usaha atau ijin-ijin lainnya yang dapat dipersamakan dengan itu, minimal ada surat keterangan usaha dari Lurah / Kepala Desa setempat.
  • Tidak memiliki tunggakan kredit di bank lain.

Syarat Dokumen

  • FC KTP calon debitur dan wajib menunjukan KTP asli saat penandatanganan Akad Kredit.
  • FC KTP Suami dan Istri bagi calon debitur yang sudah menikah dan wajib menunjukan KTP asli saat penandatanganan Akad Kredit.
  • FC SK Pengangkatan Sebagai Pegawai 80 %.
  • FC SK Pengangkatan Sebagai Pegawai 100 %.
  • Asli SK Kenaikan Pangkat Terakhir.
  • FC KARPEG.
  • FC Kartu Keluarga.
  • FC Akta Perkawinan.
  • Daftar gaji kolektif dan rincian pembayaran gaji yang disahkan oleh pejabat berwenang
  • Pas Photo berwarna Suami/Istri ukuran 3 x 4 cm masing-masing lembar.
  • FC NPWP

Cara Pengajuan Kredit Multi Usaha Bank NTT

Cara Pengajuan Kredit Multi Usaha Bank NTT

Berikutnya adalah soal pengajuan. Pengajuan Kredit Multi Usaha bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang Bank NTT langsung. Disana kalian dapat menemui petugas yang akan membantu proses pengajuan pinjaman yang diajukan. Bawa juga semua kelengkapan dokumen persyaratan. Penting diketahui bahwa nantinya pihak bank akan melakukan survey sebagai tahap akhir pengajuan. Setelah pengajuan disetujui, kalian akan dihubungi oleh pihak bank. Pihak bank juga akan meminta kalian untuk datang ke kantor guna penyelesaian proses administrasi serta pencairan dana pinjaman.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami cukup merekomendasikan fasilitas pinjaman multi usaha dari Bank NTT yang satu ini. Hanya saja tidak semua nasabah Bank NTT bisa mengajukan pinjaman ini karena hanya ditujukan kepada para PNS yang memiliki usaha produktif.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Multi Usaha Bank NTT. Mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.