7 Cara Menonaktifkan Tokopedia Card Permanen: Syarat & Prosedur

Cara Menonaktifkan Tokopedia Card Permanen – Belum lama ini Tokopedia sebagai salah satu eCommerce terbesar di tanah air telah resmi merilis dan memperkenalkan Tokopedia Card. Yang dimana ini merupakan salah satu layanan kartu kredit hasil kerjasama antara Tokopedia dan bank BRI.

Dihadirkannya Tokopedia Card sendiri diharapkan akan lebih memudahkan para pelanggan untuk dapat melakukan transaksi dengan mudah menggunakan skema cicilan 0%. Kalian yang tertarik dapat langsung melakukan pendaftaran Tokopedia Card melalui aplikasi Tokopedia versi terbaru.

Citayam

Menjadi layanan terbaru yang ditawarkan Tokopedia bersama bank BRI. Tentu saja ada banyak sekali fitur menarik yang bisa didapat para pelanggan. Salah satunya adalah bebas biaya tahunan seumur hidup dengan syarat melakukan 3 kali transaksi per bulan menggunakan Tokopedia Card.

Bagi sebagian besar orang tentu hal ini cukup menarik, namun bagi kalian yang sudah terlanjur melakukan aktivasi dan baru menyadari adanya ketentuan tersebut. Mungkin akan langsung ingin menonaktifkan Tokopedia Card tersebut atau karena alasan lainnya.

Cara Menonaktifkan Tokopedia Card Permanen

Lantas apakah bisa kita menonaktifkan Tokopedia Card secara permanen? Mengutip langsung halaman pusat bantuan Tokopedia. Mereka memperbolehkan secara leluasa para pengguna untuk menonaktifkan Tokopedia Card mereka. Lalu bagaimana cara menonaktifkan Tokopedia Card secara permanen?.

Syarat Ketentuan Menonaktifkan Tokopedia Card Permanen

Bicara tentang cara menonaktifkan Tokopedia Card secara permanen, setidaknya metode yang ditawarkan Tokopedia jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan layanan kartu kredit lain yang ada saat ini. Kenapa? karena untuk dapat menonaktifkan Tokopedia Card secara permanen.

Selain bisa meminta bantuan langsung kepada pihak Tokopedia dengan memanfaatkan layanan customer service. Setidaknya menonaktifkan Tokopedia Card juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan langsung aplikasi Tokopedia yang terinstal di masing-masing HP para pelanggan.

Baca  7 Cara Bayar Cicilan Bima Finance di Tokopedia 2022

Syarat Menonaktifkan Tokopedia Card

Hanya saja, untuk dapat melakukan semua itu tentu ada syarat dan ketentuan yang harus para pelanggan penuhi agar proses penonaktifan Tokopedia Card secara permanen dapat dilakukan dengan benar. Dan jika memang kalian ingin menonaktifkan kartu kredit tersebut, berikut adalah beberapa syarat ketentuannya.

  • Menonaktifkan kartu kredit Tokopedia secara permanen mengharuskan para pengguna sudah melunasi semua tagihan / angsuran yang ada.
  • Permohonan penonaktifan kartu kredit Tokopedia mengharuskan para pengguna memakai versi aplikasi paling update di Play Store / App Store.
  • Karena ini merupakan salah satu kartu kredit belanja, ada baiknya habiskan lebih dulu reward yang dimiliki sebelum menonaktifkan kartu kredit tersebut baik dalam bentuk cashback ataupun lain sebagainya.
  • Menyiapkan sebuah alasan kenapa kalian ingin menonaktifkan kartu kredit Tokopedia.

Ketentuan Menonaktifkan Tokopedia Card Permanen

Selain harus memahami syarat menonaktifkan Tokopedia Card seperti di atas kami sampaikan. Ada sedikit informasi nih. Dimana buat kalian para pelanggan Tokopedia yang sudah melakukan pendaftaran dan telah di terima namun dalam beberapa saat berencana menonaktifkan karena suatu hal.

Ada ketentuan lain yang perlu juga untuk kalian pahami, terutama ketika kalian menonaktifkan saat sudah melakukan transaksi.

  • Pertama, transaksi baru dengan / terkait akun dari Tokopedia Card tidak lagi dapat diproses sampai diganti dengan menggunakan kartu baru.
  • Kedua transaksi yang telah dilakukan dan masih berstatus Pending / Tertunda akan tetap di proses dan akan tetap masuk ke dalam tagihan bulanan.

Nah itulah beberapa syarat dan ketentuan yang harus dan wajib para pelanggan / pengguna ketika ingin menonaktifkan kartu kredit Tokopedia secara permanen. Lantas bagaimana kira-kira langkah / cara melakukan penonaktifan kartu kredit tersebut?.

Cara Menonaktifkan Tokopedia Card Permanen

Seperti apa yang sebelumnya sudah idekredit.com sampaikan dan jelasakan. Proses cara menonaktifkan Tokopedia Card secara permanen dapat dilakukan dengan meminta bantuan ke pihak Tokopedia dengan menghubungi layanan customer service di speakers@tokopedia.com / melalui layanan Tokopedia Care di Twitter.

Namun selain menggunakan cara di tersebut, salah satu cara paling mudah untuk menonaktifkan Tokopedia Card permanen yaitu dengan melakukannya sendiri melalui aplikasi Tokopedia. Adapun langkah dan cara lengkapnya dapat kalian simak dan lihat pada panduan berikut ini.

Baca  9 Cara Cek Tagihan BSI Hasanah Card Lewat BSI Mobile dan Teller

1. Masuk ke Halaman Tokopedia Card

Masuk ke Halaman Tokopedia Card

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Tokopedia dan silahkan masuk ke menu Tokopedia Card di akun masing-masing.

2. Pilih Pengaturan Kartu

Pilih Pengaturan Kartu

Pada halaman Tokopedia Card, silahkan kalian tap ikon pengaturan dengan nama Atur seperti kami tunjuk pada gambar di atas.

3. Pilih Blokir Permanen

Pilih Blokir Permanen

Setelah sampai pada halaman pengaturan, disini kalian akan melihat beberapa menu yang bisa di akses. Namun untuk menonaktifkan permanen, silahkan tap menu Blokir Permanen.

4. Masukkan Alasan Pemblokiran

Masukkan Alasan Pemblokiran

Pihak Tokopedia serta Bank BRI akan meminta para pengguna untuk mengisi alasan kenapa ingin menonaktifkan Tokopedia Card secara permanen. Disini silahkan kalian tulis apa alasan kalian secara lengkap dan detail.

5. Tap Konfirmasi

Tap Konfirmasi

Langkah berikutnya setelah mengisi alasan lanjutkan dengan memilih tombol Konfirmasi seperti pada gambar di atas.

6. Konfirmasi Pemblokiran

Konfirmasi Pemblokiran

Disaat kalian sudah tap tombol konfirmasi, maka layar HP otomatis akan memunculkan pop up yang meminta kalian melakukan konfirmasi pemblokiran, jadi silahkan tap Blokir Permanen.

7. Selesai

Selesai

Nah disaat yang sama, pada halaman aplikasi tersebut akan memunculkan notifikasi kecil di bagian bawah yang memberitahukan pada kalian tentang proses pemblokiran telah berhasil dilakukan dan sedang dalam proses.

Untuk proses mungkin pihak bank dan Tokopedia akan memberi waktu kurang lebih 1 -3 hari kerja saat proses tersebut telah berhasil dilakukan. Nantinya pihak Tokopedia akan memberitahu terkait proses pemblokiran permanen Tokopedia Card tersebut.

Kesimpulan

Terkait cara menonaktifkan Tokopedia Card permanen di atas. Setidaknya disini bisa kita ambil kesimpulan bahwa sebenarnya proses menonaktifkan kartu kredit Tokopedia sama mudahnya dengan proses pendaftarannya.

Hanya saja mungkin dibutuhkan syarat dan ketentuan yang lebih ketat dibandingkan saat proses pendaftarannya. Jadi jika memang saat ini ingin menonaktifkan Tokopedia Card tersebut, silahkan ikuti panduan langkah dan cara yang telah idekredit.com bagikan di atas.

Sumber Gambar: Tokopedia.com