9 Cara Mengetahui KPR Disetujui / Tidak Beserta Ciri-Cirinya

Cara Mengetahui KPR Disetujui – Mahalnya harga rumah saat ini membuat penggunaan produk KPR yang dilakukan masyarakat semakin tinggi. Dipilihnya KPR sendiri di anggap membuat mereka dapat memiliki rumah dengan cepat tanpa harus menunggu uang terkumpul hingga ratusan juta rupiah / sesuai dengan harga rumah sedang mereka inginkan.

Walau bisa dianggap merupakan solusi alternatif cukup mudah, namun pada kenyataannya setiap proses pengajuan KPR rumah sendiri harus melalui beberapa tahap. Dan itupun belum tentu di setujui atau istilah lainnya di tolak oleh pihak perbankan karena berbagai macam alasan.

Tentunya menunggu hasil verifikasi / validasi permohonan KPR membuat sebagian besar orang merasa penasaran apakah pengajuan dilakukan disetujui / bahkan ditolak. Melihat hal tersebut, sebenarnya ada cara mengetahui KPR disetujui atau tidak. Bahkan cara yang harus kalian lakukan pun terbilang cukup mudah.

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui proses permohonan disetujui / tidak sebenarnya dapat dilihat dari berkas persyaratan diberikan. Semakin lengkap dan benar syarat pengajuan jelas hal ini akan dapat membuat persentase permohonan KPR disetujui jauh lebih besar. Namun untuk lebih jelasnya berikut kami buatkan cara mengetahui KPR disetujui / tidak.

Cara Mengetahui KPR Disetujui
Citayam

Ciri-Ciri KPR Disetujui Bank

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengetahui KPR disetujui / tidak, seperti tertulis pada judul di atas. Disini idekredit.com juga akan memberikan beberapa ciri-ciri permohonan KPR disetujui bank.

Dengan begitu, setidaknya ketika melihat ada tanda atau ciri KPR Disetujui kalian sudah tidak lagi perlu merasa cemas. Lalu apa saja kiranya ciri-ciri pengajuan KPR disetujui oleh pihak Bank?.

  • Pertama pihak perbankan akan melakukan konfirmasi kurang dari 1 minggu setelah permohonan dilakukan.
  • Terdapat perubahan status KPR di pihak perbankan.
  • Mendapatkan perintah dari pihak perbankan untuk mendatangi kantor untuk proses lanjutan permohonan KPR.
  • Selalu di follow up oleh pihak perbankan untuk informasi lebih lanjut.
  • Dan terakhir terdapat pemindahbukuan rekening tabungan dan dapat dilihat dari rekening koran.

Cara Mengetahui KPR Disetujui

Apabila sudah paham dan setidaknya tahu ciri-ciri KPR disetujui seperti di atas idekredit.com sampaikan. Namun perlu diketahui pula bahwa saat kalian ingin mengetahui KPR disetujui / tidak sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan saat pertama kali proses pengajuan pun bisa kalian ketahui.

Baca  5 Pinjaman 25 Juta Tanpa Jaminan Pasti ACC 202

Mengingat dalam tahap / proses mengajukan KPR ada sesi wawancara sebagai salah satu syarat pengajuan KPR. Dan biasanya hampir setiap lembaga perbankan akan melakukan sesi wawancara ini sebagai salah satu syarat wajib. Untuk lebih jelas terkait masalah tersebut kalian bisa simak beberapa artikel terkait syarat mengajukan KPR.

Seperti pada artikel syarat KPR bank BNI dan atau syarat KPR Bank BTN. Nah kembali ke topik, lalu bagaimana sih cara kita mengetahui KPR disetujui / ditolak? seperti di awal kami singgung, cara mengetahui KPR disetujui / tidak sebenarnya mudah, namun apabila mungkin baru pertama kali mengajukan KRP, berikut ini adalah proses dapat kalian lakukan.

1. Mengetahui KPR Disetujui Melalui Rekening Koran

Seperti kami singgung di atas, salah satu cara mudah untuk bisa mengetahui status KPR disetujui / tidak yaitu dengan melihat pada lembar rekening koran yang harus kalian cetak di bank terkait.

Dimana apabila pada hasil cetak rekening koran tersebut terdapat pemindahbukuan, maka itu artinya KPR sudah pasti disetujui. Mengingat bila proses pemindahbukan sudah berhasil dilakukan, itu artinya permohonan KPR sudah dibayar oleh pemerintah ke developer.

2. Melalui Aplikasi Status Pengajuan KPR

Selanjutnya cara mengetahui KPR disetujui atau tidak yang selanjutnya yakni dengan memanfaatkan layanan / media / bahkan aplikasi tracking KPR disediakan langsung oleh pihak perbankan.

Umumnya pada proses ini biasanya setiap kreditur yang mengajukan KPR akan diminta untuk melengkapi berbagai macam data seperti:

  • No. Referensi pengajuan KPR
  • Tanggal Lahir (tanggal-bulan-tahun)

Sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan di semua lembaga perbankan di tanah air. Untuk saat ini / setidaknya saat artikel ini kami terbitkan, mungkin hanya bank BCA yang menyediakan aplikasi status KPR dalam bentuk situs website yang dapat di akses di halaman berikut ini.

Dan semoga kedepannya ada lembaga perbankan lain yang memberikan fasilitas mudah untuk para pengguna KPR dapat melakukan tracking pengajuan KPR mereka layaknya BCA.

3. Konfirmasi Pihak Bank Lebih Cepat

Seperti sudah kami sampaikan, ada satu sesi dimana kalian akan diwawancarai oleh pihak perbankan pada saat proses mengajukan KPR. Dimana setelah sesi wawancara ini selesai, biasanya pihak bank akan kembali menghubungi kalian maksimal 14 hari / 2 minggu.

Baca  Butuh Uang Sekarang Ya Allah? Solusi dan Amalan Doanya!

Namun apabila proses validasi dan verifikasi data serta formulir pengajuan dinyatakan disetujui, maka biasanya dalam waktu kurang dari14 hari tersebut kalian akan dihubungi lagi oleh pihak Bank. Dan pastinya jika hal ini kalian alami, jelas itu artinya KPR disetujui.

4. Memperhatikan Reaksi Pihak Bank Saat Wawancara

Cara mengetahui KPR disetujui atau tidak selanjutnya yakni memperhatikan pihak bank pada saat sesi wawancara. Dimana pada tahap wawancara ini biasanya pihak bank akan bertanya berbagai macam hal terkait masalah finansial.

Jika saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut pihak bank terlihat yakin, bisa dipastikan hal ini akan membuat proses pengajuan KPR kalian lakukan akan cepat di terima / disetujui.

5. Cara Cek Status KPR Lainnya

Selain dengan menggunakan metode di atas, setidaknya ada beberapa metode / cara lain dapat digunakan / dilakukan setiap orang yang mengajukan kredit kepemilikan rumah / KPR.

Beberapa cara mengetahui KPR disetujui atau tidak lainnya tersebut meliputi:

  • Bertanya langsung kepada marketing perumahan
  • Bertanya langsung kepada marketing bank
  • Bertanya langsung kepada agen properti
  • Menanyakan langsung pada pihak bank melalui call center

Tips Pengajuan KPR Rumah Diterima

Nah setelah mengetahui seperti apa cara mengetahui KPR disetujui / tidak seperti diatas kami jelaskan, berikut ini adalah beberapa tips singkat yang bisa kalian lakukan agar proses pengajuan KPR disetujui / di acc.

  • Gunakan / pilih developer yang sudah memiliki legalitas & terpercaya dibidang properti perumahan.
  • Usahakan syarat dalam bentuk dokumen kalian lengkapi selengkap-lengkapnya sesuai permintaan.
  • Usahakan pula untuk menjawab semua pertanyaan pada saat sesi wawancara dengan pihak bank secara jujur dan sebenar-benarnya.
  • Pastikan nama kalian bersih serta tidak memiliki masalah pada catatan BI Checking.
  • Pastikan pula usahakan jangan melakukan kredit lain sebelum kalian mengajukan KPR.

Kesimpulan

Memanfaatkan produk KPR dari bank adalah solusi paling tepat ketika ingin memiliki rumah dengan cara mudah. Namun pastikan ketika ingin melakukan pembelian rumah lewat KPR di perbankan yang kalian gunakan, usahakan ikuti semua tips yang telah kami sampaikan di atas.

Dengan begitu proses pengajuan KPR pun bisa disetujui dengan mudah. Nah kiranya demikian penjelasan singkat tentang cara mengetahui KPR disetujui / tidak yang dapat idekredit.com sampaikan dan semoga bermanfaat.

Sumber Gambar: pixabay.com