Gaji Terusan Pensiunan PNS Meninggal Dunia Adalah?

Gaji Terusan Pensiunan PNS Meninggal Dunia – Pegawai Negeri Sipil ataupun PNS memiliki tabungan asuransi yaitu Taspen dimana berguna pada saat pensiun ataupun meninggal dunia. Melalui layanan JK (Jaminan Kematian) dan juga JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) ahli waris akan mendapatkan uang asuransi, uang duka, beasiswa, THT, dana penguburan serta gaji terusan.

Selama jangka waktu tertentu gaji terusan pensiunan PNS meninggal dunia akan diberikan kepada ahli waris yang berhak. Kami sebelumnya juga membahas mengenai pinjaman pensiunan janda dimana dapat diajukan apabila pasangan PNS meninggal dunia. Dengan gaji terusan maka ahli warisnya akan mendapatkan manfaat gaji sesuai dengan golongan terakhir PNS.

Hak gaji terusan akan didapatkan sesuai dengan prosedur dan juga ketentuan berlaku. Jika istri pensiunan PNS meninggal dunia akan mendapatkan sejumlah dana, namun tidak berlaku gaji terusan karena statusnya sudah tidak aktif sebagai pegawai. Pada dasarnya informasi gaji pensiun PNS yang meninggal dunia memang kurang dipahami banyak orang sehingga menimbulkan salah persepsi.

Jika membahas mengenai gaji terusan PNS maka akan ada beberapa aturan termasuk pembayaran dan juga siapa penerimanya. Agar kalian lebih paham silahkan simak penjelasan idekredit.com mengenai gaji terusan pensiunan PNS meninggal dunia sebagai berikut.

Gaji Terusan Pensiunan PNS Meninggal Dunia
Citayam

Apa itu Gaji Terusan Pensiunan PNS Meninggal Dunia?

Gaji terusan PNS adalah gaji yang dibayar ke ahli waris dari pihak pegawai yang sudah meninggal dunia menyesuaikan penghasilan terakhir dalam waktu beberapa bulan. Untuk PNS meninggal dunia maka ahli waris berhak menerima gaji terusan dalam waktu 4 bulan berturut turut.

Sesuai dengan ketetapan pemerintah, gaji terusan dapat diberikan mengikuti ketentuan berlaku. Mungkin diantara kalian ada yang masih bingung, mudahnya gaji terusan besarannya sama dengan gaji terakhir yang diterima almarhum ketika masih hidup. Lalu gaji dibayarkan setiap bulan selama 4 bulan berturut turut. Setelah itu gaji terusan akan dihentikan karena sudah ada perubahan data dari pemerintah.

Baca  8 Cara Mendapatkan Uang 50 Juta Dalam Sehari Tanpa Modal

Gaji Terusan Masuk ke Rekening siapa?

Kalian dapat menanyakan ke pihak Bank apakah masih masuk ke rekening PNS yang meninggal ataupun sudah dialihkan ke ahli waris. Kemudian dalam proses pembayarannya juga sudah ditentukan untuk rekening penerima yang terdaftar. Pada umumnya ketika belum ada pemberitahuan ke Bank maka rekening masih menggunakan milik almarhum/almarhumah yang meninggal.

Kemudian jika rekening pegawai sudah tidak aktif maka pembayarannya dilakukan melalui rekening bendahara pengeluaran. Hal tersebut sudah diatur oleh pemerintah, sehingga kalian dapat menghubungi instansi terkait untuk memproses pencairannya.

Aturan Pembayaran Gaji Terusan PNS

Secara langsung terdapat aturan pembayaran gaji terusan PNS yang wajib ditaati oleh ahli waris. Didalamnya tercantum persyaratan dan ketentuan dimana mengikuti peraturan undang undang berlaku. Kemudian diatur juga kapan pengajuan gaji terusan sehingga prosedurnya menjadi jelas.

Pada dasarnya gaji akan cair pada bulan selanjutnya sehingga dapat langsung dipergunakan untuk kebutuhan ahli warisnya. Kemudian akan terpisah dengan gaji induk dimana wajib menyertakan penjelasan secara rinci. Berikut ini aturan dan ketentuan gaji terusan PNS meninggal dunia.

  • Gaji terusan akan dibayar dibulan selanjutnya semenjak suami/istri PNS meninggal dunia.
  • Memiliki penyususunan dengan daftar terpisah dari sistem gaji induk. Didalamnya tercantum informasi penerima gaji terusan dengan penjelasan meninggal dunia dan nama lengkap dari ahli waris.
  • Tidak terkena potongan iuran wajib sebesar 10%, namun dikenakan biaya asuransi kesehatan senilai 2%.
  • Saat sudah terkena potongan iuran wajib 10% maka akan dikembalikan senilai 8% oleh PT. Taspen (Persero).
  • Gaji terusan diberhentikan pada bulan ke 5 meski SK pensiunan belum/sudah diterima.
  • Penghasilan belanja pegawai tidak dibayar ketika ada keluarga yang menjadi ahli waris, terkecuali jika meninggal.
  • Pada lampiran SPP dari gaji terusan akan dicantumkan penghasilan serta rekapitulasi gaji, daftar perubahan dari data pegawai, salinan dokumen pendukung, ADK belanja serta setoran pajak/SSP.
  • Kemudian untuk lampiran SPM terdiri atas 2 lembar dengan uraian pembayaran, daftar rekening, perubahan data, ADK gaji, ADK SPM serta SSP.
Baca  √ Kode Referral Akseleran 2022 : Cara Memasukkan & Bonus

Contoh Kasus Gaji Terusan

Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan contoh gaji terusan pensiunan PNS meninggal dunia. Di tanggal 1 Mei 2022 pak Sahid meninggal dunia dan berprofesi sebagai guru PNS. Kemudian sebelumnya SK pensiun belum ada karena memang belum memasuki masa pensiun. Gaji dibulan Mei 2022 sudah dibayarkan, kemudian setelah laporan kepada dinas maka SK Pensiun Janda/Duda akan dibuat.

Ahli waris berhak mendapatkan gaji terusan pensiunan PNS dalam jangka waktu 4 bulan. Jadi mulai bulan April 2022 gaji terusan akan diberikan sampai bulan Juli 2022 secara berturut turut. Pembayarannya dilakukan oleh pihak Bank dimana dapat melalui rekening almarhum, ahli waris ataupun bendahara pengeluaran.

Kemudian jika gaji terusan pensiunan PNS meninggal dunia serta uang duka sudah dibayarkan maka akan ada penerbitan SKPP baru. Hal ini menjadi penting karena sebagai bukti dokumen pembayaran pensiun kepada duda/janda lewat Taspen. Pada dasarnya ketika PNS meninggal dunia maka dibulan selanjutnya akan langsung aktif gaji terusan.

Kesimpulan

Kami juga pernah membahas tabel pinjaman pensiunan janda BRI dimana dapat dijadikan peluang untuk mendapatkan dana ketika gaji dianggap kurang. Kemudian dari prosedur diatas memang dapat dipahami jika gaji terusan hanya berlaku 4 bulan saja lalu pembayarannya dilakukan dibulan berikutnya setelah PNS meninggal.

Sama seperti gaji PNS biasa, gaji terusan juga dibayarkan tiap jatuh tanggal 1 diawal bulan sehingga tidak akan ada perubahan. Jika kamu belum menerima pembayarannya maka dapat menanyakan langsung kepada pihak Bank maupun instansi terkait untuk mengetahui rekening yang terdaftar.

Sumber gambar : idekredit.com