OVO U Card Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab & Cara Mengatasi

OVO U Card Tidak Bisa Digunakan – Memiliki OVO U Card mungkin menjadi impian bagi para milenial saat ini, khususnya mereka yang merupakan pengguna setia OVO. Hadirnya kartu kredit OVO ini merupakan kerjasama dengan Bank BRI untuk bisa memberikan kenyamanan dan pengalaman transaksi dengan metode paylater maupun cicilan.

Namun apa jadinya ketika bertransaksi dengan OVO U Card, kartu kredit ini tidak bisa digunakan? Pasti banyak diantara kalian khususnya pengguna OVO U Card yang bertanya-tanya sebenarnya apa penyebab gagalnya transaksi menggunakan fasilitas kartu kredit OVO satu ini. Ada beberapa penyebab yang mungkin bisa menjadikan transaksi menggunakan OVO U Card ini gagal.

Di pertemuan kali ini idekredit.com akan memberikan pembahasan lengkap terkait penyebab dan cara mengatasi OVO U Card tidak bisa digunakan. Maka dari itu, kalian yang mungkin mengalami permasalahan ini, kalian bisa terus simak pembahasan ini sampai akhir agar mendapatkan semua jawaban atas permasalahan ini.

Bukan hanya memberikan informasi terkait penyebab dan cara mengatasinya, kami juga akan membagikan beberapa tips ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit OVO agar lancar. Baiklah daripada berlama-lama, lebih baik langsung saja kita masuk ke topik inti pembahasan kali ini yang telah kami siapkan berikut.

OVO U Card Tidak Bisa Digunakan

Penyebab OVO U Card Tidak Bisa Digunakan

Setiap terjadi kendala ketika melakukan transaksi menggunakan fasilitas kartu kredit OVO, hal ini tentu bukan tanpa alasan. Nah, agar kendala atau masalah tersebut bisa teratasi, maka kita harus mengetahui apa saja faktor penyebab yang menjadikan OVO U Card tidak bisa digunakan ketika bertransaksi. Menurut pengalaman pribadi, mengapa OVO U Card tidak bisa digunakan biasanya dikarenakan beberapa hal berikut ini.

1. OVO U Card Rusak

Penyebab pertama adalah karena kondisi kartu kredit OVO tersebut dalam keadaan rusak. Hal ini tentu akan menjadi kendala ketika melakukan transaksi di mesin EDC merchant rekanan. Biasanya kerusakan ada pada bagian chip yang mungkin terkelupas atau tergores sehingga tidak bisa terbaca oleh sistem. Ini menjadi salah satu penyebab yang kerap dialami oleh para pengguna OVO U Card ketika bertransaksi.

2. Limit Tidak Tersedia

Lalu untuk penyebab kedua bisa juga dikarenakan pengguna tidak sadar bahwa limit mereka tidak tersedia atau kurang ketika ingin melakukan pembayaran. Jika limit tidak tersedia atau kurang, sudah pasti transaksi tersebut tidak akan bisa diproses. Sebenarnya untuk penyebab ini sangatlah sepele, dimana pengguna tidak terlalu memperhatikan sisa limit mereka. Padahal untuk mengecek limit bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui aplikasi OVO U Card atau aplikasi BRI Credit Card Mobile. Disana akan terlihat berapa sisa pasti limit kredit pengguna.

3. Masih Memiliki Tagihan Sebelumnya

Penyebab ketiga adalah karena pengguna masih memiliki tagihan OVO U Card sebelumnya. Ketika pengguna memiliki tagihan yang tertunggak, biasanya pihak OVO maupun BRI akan melakukan pemblokiran sementara sisa limit kredit yang tersedia. Dengan demikian, maka pengguna tidak akan bisa melakukan transaksi dengan sisa limit yang tersedia. Maka dari itu, perhatikan kembali apakah kalian sudah membayar tagihan OVO U Card yang tertunggak atau belum ketika ingin melakukan transaksi.

4. Salah Memasukkan PIN OVO U Card

Dan penyebab terakhir adalah karena pengguna salah ketika memasukkan PIN OVO U Card ketika bertransaksi. Pada tahap akhir ketika bertransaksi menggunakan OVO U Card, pengguna nantinya akan diminta untuk memasukkan PIN. Nah, jika PIN salah sebanyak 3 kali berturut-turut, maka OVO U Card akan diblokir sementara waktu sehingga tidak bisa digunakan.

Tips & Solusi OVO U Card Tidak Bisa Digunakan

Jika penyebab diatas sudah diketahui maka kita akan langsung masuk ke pembahasan berikutnya, yaitu mengenai tips dan juga solusi agar OVO U Card bisa digunakan kembali untuk bertransaksi. Dari sekian penyebab diatas, yang paling sering dialami adalah bahwa kartu kredit OVO mengalami kerusakan dan pengguna masih memiliki sisa tagihan yang tertunggak. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa meminta bantuan dengan pihak BRI dengan cara mendatangi kantor cabang BRI langsung.

Disana kalian bisa memberikan informasi kepada CS terkait masalah tersebut. Jika masalah dikarenakan kartu kredit OVO rusak, maka kalian bisa mengganti kartu kredit tersebut dengan kartu yang baru. Jangan lupa juga persiapkan syarat seperti kartu identitas, kartu kredit OVO dan beberapa lainnya yang diperlukan. Namun, jika masalah OVO U Card tidak bisa digunakan karena memiliki tunggakan pembayaran, kalian tentu bisa membayar tagihan OVO U Card tertunggak lebih dulu. Cara bayar tagihan OVO U Card juga bisa dilakukan dengan mudah melalui banyak metode.

Sedangkan untuk tips agar transaksi menggunakan OVO bisa dilakukan dengan lancar, kalian bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Pastikan kondisi kartu kredit OVO benar dan tidak rusak. Cek kembali pada bagian chip apakah terkelupas atau tergores. Jika iya, segera lakukan penggantian kartu baru ke kantor cabang BRI setempat.
  • Lunasi semua tagihan yang tertunggak, atau usahakan ketika melakukan transaksi kalian tidak memiliki tagihan.
  • Jangan sampai salah ketika memasukkan PIN ketika bertransaksi.
  • Dan terakhir pastikan kembali limit kredit tersedia dan mencukupi untuk membayar transaksi.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas kita bisa simpulkan bahwa transaksi gagal menggunakan OVO U Card ini memiliki beberapa penyebab. Nah, dengan mengetahui penyebab tersebut, kita tentu akan lebih mudah menemukan solusi agar permasalahan ini bisa teratasi. Kebanyakan memang masalah terjadi karena kondisi kartu kredit yang telah rusak dengan ditandai chip kartu yang tergores atau terkelupas. Ini bisa diatasi dengan cara mengganti kartu ke yang baru. Seperti sudah disampaikan diatas, kalian bisa langsung mendatangi kantor cabang BRI setempat. Sedangkan untuk penyebab lainnya, kalian bisa mengikuti tips yang kami sampaikan diatas agar masalah bisa teratasi.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi OVO U Card tidak bisa digunakan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika kalian mengalami masalah OVO U Card tidak bisa digunakan ketika melakukan transaksi.

Tags: , , ,