Pengajuan Kartu Kredit Ditolak ? Ini Alasan & Tips Agar Pengajuan di ACC

Pengajuan Kartu Kredit Ditolak – Kartu kredit menjadi salah satu fasilitas perbankan yang dihadirkan oleh perbankan dan beberapa lembaga keuangan lainnya. Ya, kartu kredit juga menjadi salah satu fasilitas yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

Mengingat dengan memiliki fasilitas ini para pemegang bisa melakukan transaksi dengan cara cicilan, tarik tunai dan lain sebagainya. Bisa dikatakan hampir setiap bank juga sudah memiliki produk atau fasilitas kartu kredit yang bisa diberikan kepada nasabahnya jika mereka melakukan pengajuan.

Namun penting diketahui disini bahwa pengajuan kartu kredit juga dikenal cukup sulit, berbeda halnya dengan pengajuan layanan paylater seperti Kredivo, Akulaku maupun Indodana yang dikenal mudah. Banyak sekali orang yang mengalami penolakan ketika mengajukan kartu kredit. Lalu apa sih yang menjadi alasan pasti pengajuan kartu kredit ditolak oleh pihak Bank?

Di pertemuan kali ini idekredit.com akan mengulas secara lengkap mengenai masalah pengajuan kartu kredit ditolak dan bagaimana cara mengatasi agar nantinya pengajuan bisa disetujui oleh pihak bank. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

Sangat penting diketahui bahwa pengajuan kartu kredit memang dikenal cukup sulit. Maka tidak heran jika banyak orang yang menyerah untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit dari bank manapun. Nah, sebenarnya pengajuan kartu kredit di setiap bank memiliki syarat ketentuan yang berbeda-beda. Dan jika ada penolakan pengajuan kartu kredit, hal ini sudah pasti memiliki alasan tersendiri. Nah di bawah ini dapat kalian simak beberapa alasan mengapa pengajuan kartu kredit kalian ditolak.

1. Penghasilan Tidak Sesuai

Alasan pertama mengapa pengajuan kartu kredit ditolak adalah karena orang tersebut dirasa tidak memiliki penghasilan yang sesuai atau kurang dari batas minimum yang sudah menjadi ketentuan dari pihak bank. Umumnya, setiap bank membuat ketentuan dimana penghasilan minimum untuk bisa mengajukan kartu kredit adalah minimal Rp 3 juta per bulan. Ini poin penting yang harus diperhatikan sebelum kalian memutuskan mengajukan kepemilikan kartu kredit.

2. Data Diri Fiktif

Seperti diketahui bahwa data penghasilan ini sangatlah penting untuk pihak bank memutuskan memberikan persetujuan pengajuan, maka disini pihak bank juga akan sangat berhati-hati ketika memeriksa data diri calon pengaju. Apabila terlihat data yang mencurigakan karena di edit atau lain sebagainya, disini pihak bank akan langsung menolak pengajuan kartu kredit.

3. Syarat Kurang Lengkap

Lalu selanjutnya bisa juga dikarenakan syarat pengajuan kepemilikan kartu kredit tidak lengkap. Syarat menjadi hal utama yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pengajuan kartu kredit. Jika ada salah satu syarat yang kurang, maka pengajuan otomatis akan langsung ditolak.

4. Gagal Verifikasi

Kegagalan ketika melakukan verifikasi juga akan membuat kalian tidak bisa dipercaya. Pastikan kembali semua informasi kontak yang ditulis pada formulir pengajuan kartu kredit sudah benar. Beritahu juga kepada keluarga atau teman yang ada di kontak tersebut perihal maksud kalian menggunakan nomor mereka sebagai kontak. Dengan begitu, ketika ada pihak bank yang menghubungi guna melakukan verifikasi, merek sudah paham dan bisa menjawab semua pertanyaan yang dilayangkan oleh pihak bank tersebut.

5. Skor Kredit Buruk

Lalu alasan mengapa pengajuan kartu kredit ditolak yang berikutnya adalah karena kalian memiliki skor kredit yang buruk. Skor kredit juga menjadi acuan pihak bank apakah pihaknya akan memberikan persetujuan atau tidak. Jika dirasa skor kredit buruk, maka dapat dipastikan pengajuan kartu kredit akan langsung ditolak.

6. Memiliki Banyak Kartu Kredit

Mungkin banyak diantara orang yang senang memiliki banyak kartu kredit, namun justru pihak bank tidak menyukai akan hal ini. Memiliki banyak kartu kredit ini sangat memungkinkan pengguna mengalami gagal bayar yang pastinya akan merugikan pihak bank. Maka dari itu, jika kalian memiliki banyak kartu kredit, maka pengajuan kartu kredit berikutnya bisa dipastikan akan ditolak.

Solusi & Tips Agar Pengajuan Kartu Kredit Disetujui

Setelah kita mengetahui informasi diatas mengenai alasan mengapa pengajuan kartu kredit ditolak. Berikutnya kita akan membahas mengenai solusi agar nantinya pengajuan kartu kredit bisa disetujui. Ada banyak solusi yang mungkin bisa kalian lakukan ketika pengajuan ditolak, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pastikan Data Diri Sesuai

Solusi dan tips pertama agar pengajuan kartu kredit tidak ditolak adalah dengan memastikan kembali bahwa data diri sesuai. Hal ini agar nantinya pihak bisa dengan mudah melakukan verifikasi data diri calon pengaju tersebut. Jika semua data diri sesuai dan tidak di edit atau lainnya, maka kemungkinan besar pengajuan bisa disetujui.

2. Lengkapi Syarat Pengajuan

Kemudian untuk solusi kedua lengkapi semua syarat pengajuan yang telah ditentukan oleh pihak bank. Biasanya syarat pengajuan kartu kredit diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Usia minimal pemegang kartu utama adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Usia minimal pemegang kartu tambahan adalah 17 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor.
  • FC keterangan penghasilan/slip gaji.
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang sudah memiliki).
  • FC rekening koran 3 bulan terakhir (untuk pengusaha).
  • FC akta pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (untuk pengusaha).
  • FC keterangan izin praktik (untuk profesional).

Jika semua persyaratan diatas sudah kalian lengkapi, kemungkinan besar proses pengajuan kartu kredit akan berjalan lancar dan berakhir disetujui. Namun kalian bisa juga menanyakan persyaratan lain kepada bank yang dituju, bisa kemungkinan ada syarat lain yang juga berbeda dengan bank-bank lainnya.

3. Perbaiki Skor Kredit

Lalu pastikan juga bahwa skor kredit kalian baik. Skor kredit buruk menjadi poin penting dan bahan pertimbangan dari pihak bank apakah calon pengaju layak mendapatkan persetujuan atau tidak. Dengan memperbaiki skor kredit yang sebelumnya buruk, maka pihak bank bisa mempertimbangkan kembali dan kemungkinan bisa menyetujui pengajuan kartu kredit yang diajukan.

4. Ajukan di Bank Tempat Membuka Rekening

Lalu tips terakhir coba ajukan kartu kredit di bank tempat kalian pertama kali membuka rekening bank tersebut. Akan lebih baik lagi jika bank tersebut juga merupakan bank payroll, ini tentu akan semakin memudahkan pengajuan kartu kredit yang kalian lakukan.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, disini bisa kami simpulkan bahwa pengajuan kartu kredit memang dinilai memiliki proses yang cukup panjang dan syarat yang cukup rumit. Namun hal ini bukan tanpa alasan, dimana pihak bank juga akan mempertimbangkan dengan jeli ketika memberikan persetujuan pada calon pengaju. Terkait pengajuan kartu kredit ditolak, diatas bisa kalian lihat beberapa alasan serta solusi ketika pengajuan kartu kredit ditolak. Kalian bisa pahami dengan seksama sebelum memutuskan mengajukan kartu kredit di bank pilihan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai alasan dan cara mengatasi pengajuan kartu kredit ditolak. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tags: , , ,