√ KUR Pegadaian Syariah 2022 : Keunggulan, Syarat & Pengajuan

KUR Pegadaian Syariah – Mungkin sebagian besar masyarakat banyak yang menyangka bahwa produk pinjaman seperti KUR memang hanya dimiliki oleh perbankan saja. Namun baru-baru ini Pegadaian Syariah dikabarkan menghadirkan produk pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang tentu bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, khususnya mereka yang berprofesi sebagai wirausaha. Seperti diketahui bahwasanya produk pinjaman KUR memang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki usaha produktif, dan dimana nantinya dana pinjaman bisa digunakan untuk mengembangkan usaha mereka.

Membahas terkait KUR, di pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai apa itu KUR Pegadaian Syariah. Disini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu KUR Syariah dari Pegadaian, keunggulan, informasi biaya dan lain-lain serta apa saja syarat pengajuan yang diperlukan. Produk KUR Syariah Pegadaian ini juga memberikan pinjaman kepada beberapa sektor seperti Sektor Usaha Kecil Dan Mikro; Sektor Pertanian, perkebunan, dan kehutanan; Sektor kelautan dan perikanan; Sektor Industri Pengolahan; Sektor pertambangan garam rakyat; Sektor jasa produksi ; dan/atau Sektor Produksi Lainnya.

Citayam

Nah kemudian mengenai suku bunga, KUR Pegadaian Syariah ini juga membebani suku bunga yang sama dengan KUR Bank BRI, yakni sebesar 6% efektif per tahun atau 0,28% flat per bulan dari pembiayaan. Menyinggung sedikit mengenai keunggulan, ada banyak keunggulan yang bisa dinikmati oleh setiap nasabah yang mengajukan pinjaman KUR satu ini, seperti proses pengajuan yang mudah, suku bunga dan biaya bersaing, bisa dilayani di semua outlet Pegadaian seluruh Indonesia dan masih ada beberapa keunggulan lainnya yang nanti juga akan kami sampaikan secara lengkap.

Jika kalian ingin mengajukan pinjaman KUR Syariah Pegadaian ini, kalian juga hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang cukup ringan. Namun disini kalian memerlukan jaminan/agunan seperti SHM, SIUP dan dokumen penting lainnya. Berbeda halnya dengan KUR BRI yang tidak memerlukan agunan, KUR Syariah ini memerlukan beberapa jaminan/agunan tersebut. Hal ini memang sudah menjadi ketentuan dari pihak Pegadaian Syariah. Baiklah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai apa itu KUR Pegadaian Syariah yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

KUR Pegadaian Syariah

Apa Itu KUR Pegadaian Syariah?

Di awal pembahasan kali ini kami akan langsung menjelaskan lebih dulu mengenai apa itu KUR Pegadaian Syariah. KUR Syariah adalah fasilitas pinjaman kepada Rahin (Nasabah) yang memiliki usaha produktif untuk pengembangan usahanya dalam jangka waktu tertentu berdasarkan akad Rahn (Gadai Syariah). Karena KUR ini menggunakan sistem syariah, tentu saja semua hal yang ada di dalamnya menggunakan prinsip syariah sesuai Islami, mulai dari perhitungan biaya dan lain sebagainya. Perihal tersebut bisa dipertanyakan langsung ketika kalian mengajukan pinjaman ini ke Pegadaian Syariah.

Baca  15 Syarat & Cara Pinjaman Pegadaian Tanpa Bunga 2022

Keunggulan KUR Pegadaian Syariah

Setiap produk pinjaman Pegadaian juga sudah pasti memiliki beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh setiap nasabah yang mengajukannya. Nah khusus untuk KUR Syariah, pinjaman KUR Syariah ini juga tentunya memiliki sejumlah keunggulan, nah keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sesuai Fatwa DSN-MUI
  • Proses pengajuan mudah
  • Tarif bersaing
  • Pengembangan berbagai jenis usaha
  • Memberdayakan UMKM
  • Dilayani di outlet Pegadaian seluruh Indonesia

Syarat Pengajuan KUR Syariah

Setelah kalian mengetahui informasi diatas terkait pengertian dan juga keunggulan produk KUR Syariah, berikutnya kita akan membahas mengenai syarat pengajuan Kredit Usaha Rakyat Pegadaian Syariah. Adapun syarat yang diperlukan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • FC KTP Elektronik
  • FC Kartu Keluarga
  • FC Surat Nikah bagi calon nasabah yang sudah menikah
  • Surat Keterangan Domisili jika alamat tinggal berbeda dengan KTP
  • Memiliki rumah tinggal tetap yang dibuktikan dengan PBB, SHM/SHGB, atau dokumen lainnya
  • FC Nomor Induk Usaha (NIB) atau Surat Keterangan Izin Usaha (IUMK), SIUP yang diperoleh dari pejabat berwenang
  • FC rekening Listrik/air/telepon

Cara Pengajuan KUR Syariah

Lalu untuk prosedur pengajuan, disini ada beberapa tahapan yang bisa kalian ketahui sebelum mengajukan pinjaman di Pegadaian Syariah. Tahapan tersebut tidak berbeda jauh ketika kalian mengajukan pinjaman Pegadaian lainnya. Penting diketahui juga bahwa nantinya tetap akan ada tahapan survei yang dilakukan oleh petugas. Adapun tahapan lengkap cara pengajuan KUR Syariah Pegadaian adalah sebagai berikut.

  • Nasabah mengisi form pengajuan
  • Menyerahkan dokumen persyaratan
  • Survei oleh petugas dari Pegadaian
  • Melakukan tanda tangan akad
  • Rahin (Nasabah) menerima pencairan KUR

Informasi Biaya & Lain-Lain

Adapun terkait informasi suku bunga, biaya dan lainnya, melalui laman resminya di sahabatpegadaian.com hanya memberikan informasi terkait suku bunga. Nah suku bunga KUR Syariah ini adalah sebesar 6% efektif per tahun atau 0,28% flat per bulan dari pembiayaan. Sedangkan untuk informasi biaya dan lainnya, pihak Pegadaian Syariah tidak memberikan informasi akan hal ini. Jika kalian ingin mengetahui lebih jelasnya, kalian bisa langsung bertanya langsung kepada pihak terkait.

Baca  30 Cara Pengajuan Bukarumah Bukalapak 2022: Syarat, Bunga & Biaya

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa kami simpulkan bahwa Kredit Usaha Rakyat Syariah Pegadaian ini menjadi produk pinjaman terbaru dari pihak Pegadaian yang bisa diajukan dengan sangat mudah. Suku bunga KUR Syariah juga sama dengan suku bunga KUR perbankan lainnya seperti BSI, BRI, Mandiri dan juga BNI, yakni hanya 6% saja. Adapun keunggulan lain yang bisa dinikmati adalah bisa diajukan di semua outlet Pegadaian si seluruh Indonesia.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai apa itu KUR Pegadaian Syariah. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.