√ Tabel Pinjaman KUR BRI 2021 : Jenis, Syarat, Bunga & Cara Pengajuan

Tabel Pinjaman KUR BRI – Program pinjaman Kredit Usaha Rakyat merupakan hasil kerja sama pemerintah dengan Bank atau lembaga keuangan di Indonesia. Memang pada dasarnya KUR memberikan pinjaman kepada pelaku UMKM tanpa adanya jaminan. Namun bukan berarti sembarang orang bisa mengajukannya karena ada kriteria dari Bank yang harus dipenuhi oleh pemohon terlebih dahulu.

Objek jaminannya adalah usaha yang dijalankan oleh pemohon tanpa adanya objek lain. Salah satu penyedia pinjaman KUR adalah Bank BRI dimana sering dimanfaatkan banyak pengusaha. Bank BRI memberikan pinjaman untuk pengusaha Mikro sampai 50 juta rupiah. Bagi pengusaha Mikro tentunya tidak perlu memberikan jaminan karena objek usaha yang dijadikan jaminan itu sendiri.

Sedangkan KUR Ritel nilai pinjaman bisa lebih dari 25 juta rupiah, namun pemohon harus menyediakan jaminan bisa berupa BPKB kendaraan, sertifikat rumah maupun sertifikat tanah. Memang kehadiran KUR BRI sangatlah membantu pelaku usaha untuk mendapatkan modal tambahan dengan bunga ringan. Berbeda halnya jika anda meminjam di tempat lain seperti FIF Finance misalnya.

Keunggulan memilih KUR BRI adalah tidak adanya ongkos provisi dan administrasi sehingga menguntungkan. Disamping itu bunga tergolong ringan pertahun. Untuk jangka waktu pinjaman dapat mencapai 60 bulan atau 5 tahun sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan peminjam.

Tabel Pinjaman KUR BRI

Penting halnya untuk mengetahui tabel angsuran KUR BRI agar pemohon bisa mengatur keuangan. Jika sudah menentukan jangka waktu cicilan yang akan diambil tinggal persiapkan semua syarat pengajuan pinjamannya.

Jenis KUR BRI

Jenis KUR BRI

Bank BRI salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat yang dipercaya banyak orang, sampai saat ini ada beberapa jenis KUR BRI bisa anda pilih. Untuk mengetahui detail semua jenis KUR dari bank BRI dapat simak sebagai berikut.

1. KUR Mikro Bank BRI

Pertama adalah KUR Mikro BANK BRI, jenis KUR ini bisa menjadi solusi ketika ingin memajukan usaha maupun investasi. Setiap calon debitur bisa melakukan pengajuan sampai Rp 50 juta dengan opsi tenor 12 bulan sampai 36 bulan.

Adapun proses pengajuan sama seperti KUR BRI lainnya, memiliki usaha produktif dan sudah menjalankan usaha lebih dari 6 bulan. Lebih menariknya lagi, setiap calon debitur tidak dikenakan biaya adminstrasi dan provisi.

2. KUR Super Mikro Bank BRI

Selanjutnya adalah Super Mikro KUR Bank BRI yang mana merupakan produk terbari dari bank BRI. Secara spesfik, KUR Mikro hadir untuk memebuhi kebutuhan para pelakuk usaha mikro yang sedang membutuhkan modal buat uasah.

Sedangkan maksimal pinjaman di KUR Super Mikro sebesar Rp 10 juta dengan menawarkan bunga 6% efektif pertahunnya. Keuntungan dari produk terbaru ini, setiap calon debitur tidak perlu menyertkan agunan, cukup agunan pokok usaha saja.

3. KUR Kecil Bank BRI

Jenis KUR BRI selanjutnya adalah KUR Kecil Bank BRI, hampir sama seperti KUR lainnya, hanya saja jenis ini memiliki plafon lebih besar mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 500 juta per debitur. Dengan opsi tenor maksimal 4 tahun jika buat Kredit Modal Kerja (KMK), sedangkan Kredit Investasi (KI) sampai 5 tahun.

Sedangkan proses pengajuan memiliki persyaratan hampir sama, hanya saja agunan akan disesuaikan dengan peraturan dari bank. Memiliki suku bunga rendah dan tidak dikenakan biaya adminitrasi dan provisi menjadi keunggulan dari prduk KUR BRI.

4. KUR TKI Bank BRI

Jenis KUR BRI terakhir adalah KUR TKI Bank BRI, produk ini disediakan khusus bagi calon tenaga kerja Indonesia yang ingin berangkat kerja di luar negeri. Sedangkan maksimal plafon pengajuan hanya sampai Rp 25 juta dengan masa pinjaman selama 3 tahun.

Prduk ini hanya tersedia bagi anda yang ingin bekerja di negara Singapura, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Brunai dan Korea Selatan. Sedangkan persyaratan cukup melengkapi identitas diri dan surat perjanjian penempatan dan pengguna jasa.

Biaya KUR BRI

Biaya KUR BRI

Tidak sedikit calon nasabah hendak melakukan pengajuan KUR BRI bertanya berapa biaya admin KUR BRI? Untuk menjawab itu semua, akan kami bahas disini.

Sesuai dengan ketentuan dari Bank BRI, setiap pengajuan semua jenis KUR BRI mulai dari KUR Mikro Bank BRI, KUR Kecil Bank BRI, KUR Super Mikro Bank BRI dan KUR TKI Bank BRI tidak dikenakan biaya admin dan provisi alias Gratis.

Bunga KUR BRI

Bunga KUR BRI

Sampai disini, pastinya anda semua makin penasaran berapa besar bunga KUR BRI? sesuai peraturan terbaru. Semua jenis pinjaman KUR BRI akan dikenakan bunga sebesar 6% efektif pertahun.

Dengan dikenakan bunga sangat ringan seperti tersebut, tak heran banyak para pelaku usaha menengah kecil mikro (UMKM) lebih memilihKUR BRI. Sebab, ada banyak keuntungan didapatkan seperti pilihan tenor cicilan banyak mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan dan dimudahkan dalan membatar angsuran setiap bulannya.

Syarat Pinjaman KUR BRI

Syarat Pinjaman KUR BRI

Jika sudah yakin ingin melakukan pengajuan KUR BRI, pastikan jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan. Apabila belum mengetahuinya, silahkan simak sebagai berikut.

  • Pemohon KUR BRI adalah individu atau perorangan yang memiliki dan menjalankan usaha produktif sesuai ketentuan
  • Usaha sudah memiliki umur minamal 6 bulan
  • Tidak memiliki objek kredit dari lembaga keuangan lain
  • Memiliki KTP
  • Memiliki Kartu Keluarga
  • Memiliki Surat Ijin Usaha atau keterangan usaha

Tabel Pinjaman KUR BRI

Berikut ini merupakan tabel pinjaman yang bisa anda amati secara langsung. Minimal pinjaman yang bisa diambil maksimal 50 juta. Untuk tenor cicilan mulai 12, 18, 24, 48 dan 60 bulan.

Tabel KUR BRI

Tabel Pinjaman KUR BRI Terbaru

Tabel Pinjaman KUR BRI Mikro

Tabel KUR BRI Mikro

Tabel KUR Kecil BRI

Tabek KUR BRI Kecil

Cara Pengajuan KUR BRI

Setelah mengetahui beberapa point penting tentang KUR BRI dan sudah paham semuanya, maka lanjut melakukan pengajuan pinjaman. Berikut kami berikan tips dan cara pengajuan KUR BRI melalui dua cara tersedia.

Cara Pengajuan KUR BRI Secara Offline

Cara Pengajuan KUR BRI

  1. Sebelum memutuskan untuk datang ke kantor cabang Bank BRI, pastikan sudah melengkapi persyaratan dibutuhkan mulai dari surat keterangan usaha, KTP, KK dan lainnya.
  2. Apabila sudah lengkap semua, lakukan konfirmasi ke pihak bank BRI jika ingin melakukan pengajuan.
  3. Setiba sampai di kantor cabang bank BRI, silahkan tunggu antrean customer service sebagaimana menjadi tata tertib di kantor.
  4. Jika sudah dipanggil, segera ke customer service. Nantinya petugas akan bertanya ada keperluan apa, silahkan jawab saja ingin melakukan pengajuan KUR.
  5. Serahkan semua berkas yang sudah dipersiapkan sebelumnya, sebagai syarat utama pengajuan KUR BRI
  6. Langkah berikutnya masukan formulir pengajuan yang diberikan oleh petugas. Disini anda cukup mengisi formulir dengan benar sesuai di KTP.
  7. Disisi lain anda akan dijelaskan detail KUR BRI tersedia  mulai dari suku bunga, biaya, potongan angsuran di hold, tabel angsuran dan lain sebagainya.
  8. Silahkan tentukan jenis KUR dan tenor sesuai dengan kemampuan anda.
  9. Setelah proses berhasil maka anda dipersilahkan untuk pulang dan nantinya pihak bank akan melakukan konfirmasi apakah diterima atau tidak.
  10. Jika pengajuan anda diterima, maka buat perjanjian untuk tanda tangan pencarian. Sampai disini, proses pengajuan sudah berhasil.

Cara Pengajuan KUR BRI Secara Online

1. Buka Situs kur.bri.co.id

1 Buka Situs kur.bri .co .id

Langkah pertama buka situs kur.bri.co.id bisa dilakukan melalui smartphone maupun juga PC.

2. Klik Ajukan Pinjaman KUR

2 Klik Ajukan Pinjaman KUR

Setelah berhasil masuk ke halaman utama, silahkan pilih saja Ajukan Pinjaman KUR.

3. Login dengan Email Terdaftar

3 Login dengan Email Terdaftar

Kemudian dilanjutkan login ke email terdaftar jika sebelumnya sudah memiliki akun, jika belum bisa klik Daftar sekarang.

4. Klik Setuju & Ajukan Pinjaman

4 Klik Setuju Ajukan Pinjaman

Nantinya anda akan diarahkan ke tampilan syarat & ketentuan, pada tahap ini pahami terlebih dahulu. Jika sudah paham tinggal pilih apakah anda nasabah BRI, tinggal pilih saja dan setelah itu klik i’m not robot lalu klik Setuju & Ajukan Pinjaman.

5. Lengkapi Profil Anda

5 Lengkapi Profil Anda

Lalu dilanjutkan melengkapi profil anda, silahkan isi sesuai dengan identitas KTP. Jika sudah di isi semua maka klik Selanjutnya.

6. Lengkapi Alamat Tinggal

6 Lengkapi Alamat Tinggal

Kemudian dilanjutkan memasukan Alamat Tinggal, jika sesuai dengan KTP maka klik saja Sesuai dengan KTP lalu klik Selanjutnya.

7. Lengkapi Informasi Lainnya

7 Lengkapi Informasi Lainnya

Lalu dilanjutkan isi informasi lainnya seperti Nama Istri/Suami, Ibu Kandung, Nomor Telepone Aktif dan Alamat Email. Apabila sudah semua maka klik saja Profil Usaha.

8. Isi Profile Usaha

8 Isi Profile Usaha

Selanjutnya tinggal lengkapi profile usaha anda mulai Jenis Usaha, Tanggal Mulai Uusaha, Penghasilan Perbulan, Biaya Usaha dan Biaya Cicilan.

9. Masukan Detail Rekening Bank BRI

9 Masukan Detail Rekening Bank BRI

Jika anda memiliki rekening bank BRI silahkan masukan nomor rekeningnya, jika tidak memiliki bisa klik tidak. Setelah itu klik Selanjutnya.

10. Upload Dokumen

10 Upload Dokumen

Setelah itu tinggal lakukan upload dokumen yang dibutuhkan seperti Pas Foto, Surat Keterangan Usaha, NPWP, Foto Usaha, Foto KTP setelah itu klik Ajukan Pinjaman.

11. Isi Data Pengajuan

11 Isi Data Pengajuan

Selanjutnya isi data pengajuan seperti jumlah plafon hingga Rp 50 juta, tentukan tenor cicilan dan angsuran. Jika sudah semua tinggal klik Ajukan Pinjaman.

12. Selesai

12 Selesai

Sampai ke tahap ini anda sudah berhasil melakukan pengajuan, setelah itu mantri BRI akan melakukan survei lokasi untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Call Center KUR BRI

Call Center KUR BRI

Jika calon debitur mengalami kendala atau masih merasa bingung terkait KUR BRI, bisa tanyakan langsung ke kantor cabang. Jika tidak bisa hubungi call center KUR BRI seperti berikut.

  • Kantor Pusat : Jl. Jend. Sudirman Kav.44-46, jakarta 10210
  • Telepone : (021)2510244, 2510254,2510269-264
  • Website : https//bri.co.id/

FAQ

Berapa Besar Denda Jika Telat Bayar Angsuran KUR BRI?

Terkait denda telat bayar KUR BRI, pihak bank memberikan kebijakan dan masih bisa di bicarakan

Apakah Bisa Melakukan Pengajuan Pinjaman KUR BRI Secara Online?

Ya, tentu saja bisa tetapi lebih efektif datang langsung ke kantor cabang BRI

Anda dapat menentukan sendiri jangka waktu pelunasan sesuai dengan kemampuan. Selain itu untuk bunganya jika dihitung memang flat dan lebih murah jika dibandingkan penyedia jasa kredit lain. Semoga informasi dari Idekredit.com seputar tabel pinjaman KUR BRI diatas bisa jadi solusi untuk anda yang akan mengambil pinjaman.