Cara Cek Nomor Referensi BCA 2022 (Biaya & Contoh)

Cara Cek Nomor Referensi BCA – Setiap melakukan transaksi dari fasilitas perbankan terdapat beberapa informasi penting yang wajib diperhatikan. Salah satunya adalah nomor referensi dimana akan ada pada tiap bertransaksi sehingga wajib untuk kalian ketahui. Sebagai nasabah Bank BCA memang diberikan berbagai fasilitas mencakup ATM, KlikBCA, BCA Mobile maupun sms banking untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Sebelumnya kami sudah membahas apa itu nomor referensi Bank dimana fungsinya sebagai acuan ataupun petunjuk. Sedangkan untuk nomor referensi BCA jika tidak dimasukkan secara manual maka menggunakan sistem yang acak. Tentunya no referensi akan jadi bukti bahwa nasabah sudah berhasil bertransaksi. Tentunya nomor refrensi akan berbeda dengan kode Bank baik dari kegunaannya maupun digit angkanya.

Kegunaan utama no referensi untuk pelacakan berbagai aktivitas keuangan karena memiliki susunan huruf serta angka unik. Pastinya antara transaksi satu dengan lainnya akan memiliki nomor berbeda sehingga mudah untuk dibedakan. Nomornya juga akan muncul pada bukti transaksi, bisa berupa struk ataupun no referensi BCA digital. Secara langsung kamu dapat membedakan jenis transaksinya menggunakan nomor yang sudah disediakan.

Kemudian beberapa menggunakan nomornya sebagai bukti pemesanan, paling banyak dijumpai pada toko online. Beberapa masih mengharuskan memasukkan referensi agar memudahkan dalam membedakan dengan produk lainnya. Jadi secara langsung pihak marketplace ataupun toko online dapat mengkonfirmasi transaksi pembayarannya.

Cara Cek Nomor Referensi BCA

Seringkali nomornya juga digunakan pada saat membeli pulsa online dimana konsumen diharuskan memasukkan susunan karakter tertentu. Yang jelas nomor referensi BCA akan memudahkan dalam pelacakan. Lantas bagaimana jika ingin melakukan cara cek nomor referensi BCA? Agar lebih jelasnya simak rangkuman idekredit.com berikut ini.

Cara Cek Nomor Referensi BCA

Pada dasarnya cara cek nomor referensi BCA dapat dilakukan menggunakan fasilitas perbankan yang sudah disediakan. Cara untuk mendapatkannya termasuk mudah karena seperti cek bukti transaksi. Kemudian nomor referensi nasabah BCA online/digital memang muncul dalam waktu maksimal 30 hari, setelahnya akan terjadi penghapusan riwayat transaksinya.

Oleh karena itu jika ingin cek no referensi BCA online maka kamu wajib melakukannya sebelum waktu 30 hari. Pada dasarnya cara mengeceknya sangatlah mudah karena tinggal memanfaatkan BCA Mobile ataupun KlikBCA. Terdapat juga struk apabila kamu bertransaksi memakai ATM sehingga cukup simple.

1. Cara Cek Nomor Referensi BCA Mobile

Pertama adalah cara cek kode referensi BCA mobile dimana kalian wajib mendaftar akun terlebih dahulu. Setelahnya kamu bisa cek nomor referensi dengan memanfatkan menu inbox. Pada dasarnya hampir sama seperti mendapatkan struk tanda bukti digital seperti dibawah ini.

  • Jalankan aplikasi BCA Mobile, pada menu utama tekan m-BCA
no referensi bca digital
  • Silahkan lakukan login, apabila sudah sampai kemenu utama tap m-Transfer
Nomor Referensi BCA
  • Pada laman baru silahkan langsung menuju kebagian Inbox
no referensi bca
  • Cara berikutnya ketika akan cek nomor referensi BCA silahkan pilih salah satu transaksi yang sudah dilakukan.
nomor referensi nasabah bca
  • Secara otomatis akan muncul nomor referensi dibagian paling bawah disamping tulisan ref.
kode referensi bca mobile

2. Cek Nomor Referensi KlikBCA

Misalnya akan mencari nomor referensi BRI ke BCA ataupun nomor referensi BSI ke BCA kamu bisa memanfaatkan fasilitas internet banking KlikBCA. Disini kalian perlu login dengan akun KlikBCA kemudian memeriksa transaksi yang sudah dilakukan.

  • Dari browser buka halaman ibank.klikbca.com maka tampilannya seperti dibawah ini. Ketikkan User ID serta PIN kemudian klik LOGIN
KlikBCA
  • Disini setelah login maka kalian menuju ke menu Histori Transaksi
histori transaksi
  • Cara berikutnya atur waktu serta jenis transaksi sesuai nomor referensi BCA yang akan dicari. Silahkan tekan Kirim
pilih transaksi
  • Selanjutnya muncul riwayat transaksinya, pilih salah satu tanggal untuk nomor referensi BCA.
no referensi
  • Cara cek nomor referensi BCA berhasil dilakukan.
Cek Nomor Referensi BCA

3. Cara Cek Lewat Struk ATM BCA

Lalu cara cek nomor referensi BCA juga dapat diperoleh dari struk bukti transaksi dari mesin ATM. Jadi dalam struknya akan tercantum nomor referensi BCA dimana dapat disimpan kemudian dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Struk memang dapat dicetak ketika aktivitas transfer ataupun pembayaran.

Tak hanya untuk bank BCA, kamu juga bisa mendapatkan nomor referensi BTN ke BCA lewat struk. Jadi memang bukti transaksinya memiliki peranan penting karena memiliki informasi lengkap. Apabila ingin komplain ataupun mengajukan keluhan dari masalah keuangan maka struknya akan jadi bukti kuat.

Biaya Cek No Referensi BCA

Pada cara cek nomor referensi BCA biayanya gratis sehingga kalian tidak perlu kawatir memanfaatkannya. Namun pastikan menggunakan fasilitas perbankan dari BCA supaya tidak dikenakan biaya apapun. Tentunya kamu tidak perlu bingung apabila membutuhkan nomor referensi karena tinggal cek langsung lewat BCA Mobile ataupun KlikBCA.

Contoh Nomor Referensi BCA

Setelah cara mengecek nomor referensi BCA dilakukan mungkin diantara kalian ada yang bingung bentuknya bagaimana. Oleh karena itu sebagai referensi kamu bisa simak beberapa contoh nomor referensi BCA dari berbagai jenis transaksi.

Contoh Nomor Referensi BCA
bca mobile
nomor referensi bri ke bca
nomor referensi bsi ke bca
struk

Kesimpulan

Hingga kini Bank BCA memang terus memberikan pelayanan terbaiknya. Saat cek nomor referensi BCA online batas maksimalnya adalah 30 hari. Namun jika melalui struk dapat bertahan lebih lama asalkan belum rusak ataupun hilang. Kemudian nomornya juga akan dipakai untuk bukti pembayaran oleh beberapa pihak.

Seperti cara mengetahui nomor rekening pinjaman BTN kamu akan dipermudah dengan fasilitas perbankan online. Lalu secara langsung pengguna juga dapat menemukan bukti transaksinya ketika memang ada yang tidak sesuai. Demikian pembahasan dari kami, semoga bisa jadi referensi serta gambaran untuk kalian.

Sumber gambar : google.com, idekredit.com

Tags: ,