5 Cara Bayar Angsuran BCA Finance Terlengkap 2020

Cara Bayar Angsuran BCA Finance – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan bank terbesar yang ada di Indonesia yang satu ini, yakni Bank Central Asia atau BCA. Selain memiliki produk layanan kartu kredit dan juga kartu debit yang banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini, bank BCA juga melebarkan sayapnya sebagai salah satu perusahaan pembiayaan atau dikenal dengan nama BCA Finance.

BCA Finance sendiri awalnya didirkan dengan nama pT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation pada tahun 1981 dengan komposisi saham dimiliki oleh PT Bank Central Asia, The Long Term Credit Bank of Japan, serta Japan Leasing Corporation.

Awalnya BCA Finance ini memang hanya memfokuskan bisnisnya pada pembiayaan komersial saja, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat dan juga transportasi. Namun pada tahun 2001, perusahaan ini berganti nama menjadi PT Central Sari Finance dengan BCA pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham sebesar 99,58%.

Dan kemudian pada tahun 2005 tepatnya bulan Maret tanggal 28 resmi berubah nama menjadi PT BCA Finance. Kegiatan utama BCAF ini adalah pembiayaan kendaraan khususnya roda empat atau mobil. Itulah sejarah singkat dari BCA Finance atau dikenal dengan nama BCAF.

Cara Bayar Angsuran BCA Finance Terlengkap Paling Mudah

Cara Bayar Angsuran BCA Finance

Bagi kalian yang mungkin pernah atau sedang dalam masa kerjasama dengan BCAF untuk kredit mobil, kalian mungkin sudah tahu betul bagaimana cara bayar angsuran BCA Finance yang satu ini. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membayar angsuran kredit mobil kalian.

Pembayaran angsuran kredit mobil di BCA Finance ini dapat dilakukan juga via online dengan melalui Internt Bankin dan juga mBanking. Nah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak informasi mengenai langkah-langkah bayar angsuran BCA Finance yang telah kami siapkan berikut ini.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Pembayaran Angsuran

Ada beberapa hal penting yang tentu dapat kalian ketahui mengenai pembayaran angsuran kredit mobil di BCA Finance, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Apabila tanggal pembayaran angsuran/jatuh tempo angsuran berada di hari libur (Sabtu/ Minggu/ libur nasional), maka pembayaran angsuran dilakukan pada hari kerja sebelumnya agar kalian tidak mendapatkan denda.
  2. Dan apabila dalam satu bulan kalender tidak terdapat tanggal yang sama dengan tanggal pembayaran angsuran/jatuh tempo angsuran, maka pembayaran angsuran dilakukan dapat dilakukan pada hari kerja terakhir dalam bulan kalender yang bersangkutan. Misal : Tanggal pembayaran angsuran/jatuh tempo angsuran jatuh pada tanggal 31 Maret 2012 maka pembayaran angsuran bulan berikutnya dilakukan paling lambat pada 30 April 2012 karena pada bulan April tidak ada tanggal 31.
  3. Pembayaran angsuran akan dibukukan setelah dana efektif diterima oleh BCA Finance sesuai dengan jumlah angsuran yang telah ditetapkan berdasarkan Perjanjian Pembiayaan Konsumen.
  4. Pembayaran angsuran dengan cara transfer bank akan dikenakan biaya admin sesuai dengan kebijakan dari masing-masing Bank.
  5. Simpanlah segala bentuk bukti atau kuitansi dari semua transaksi pembayaran angsuran.
  6. BCA Finance tidak menerbitkan tagihan bulanan yang dikirimkan kepada nasabah yang memiliki angsuran kredit.

Cara Bayar Angsuran BCA Finance

Autodebet

Autodebet disini merupakan cara pembayaran angsuran kredit yang paling mudah. Dimana kalian hanya perlu mendaftarkan rekening bank BCA yang kalian miliki. Dan nantinya rekening tersebut akan digunakan untuk membayar angsuran kredit mobil kalian.

Selanjutnya disetiap bulan kalian hanya cukup menyediakan dana unutk pembayaran angsuran, paling lambat dana disediakan 1 hari sebelum jatuh tempo pembayaran angsuran. Pastikan juga dana yang ada di rekenin BCA sesuai dengan jumlah pembayaran angsuran dan ditambah dengan saldo minimum rekening sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk cara pendaftaran nomor rekening untuk autodebet, kalian dapat menghubungi call center Bank BCA atau Halo BCA. Kalian dapat berkomunikasi dengan CS Bank BCA untuk soal pedanfataran nomor rekening untuk autodebet.

Via ATM

  • Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan memasukkan kartu ATM dan PIN.
  • Kemudian pilih Transaksi Lainnya.
  • Pilih Pembayaran.
  • Pilih Pinjaman.
  • Pilih Bank Central Asia atau BCA Finance D/H Central Sari Finance.
  • Masukkan nomor kontrak 13 digit , jika sudah tekan Benar.
  • Nanti akan muncul detail informasi mengenai tagihan angsuran kredit kalian. Jika benar klik Ya.
  • Selesai dan jangan lupa simpan struk sebagai tanda bukti pembayaran angsuran kredit mobil kalian.

Via Internet Banking

  • Pertama masuk ke website klikbca.com
  • Kemudian pilih menu Pembayaran.
  • Pilih sub menu Pinjaman.
  • Pada field menu Jenis Pinjaman, pilih BCA Finance.
  • Lalu masukan nomor kontrak dengan benar, lalu kli Lanjutkan.
  • Di akhir proses, masukan nomor respon pada KeyBCA di field yang disediakan lalu klik Kirim.
  • Simpan nomor referensi transaksi sebagai bukti pembayaran.

Via mBanking

  • Masuk ke menu mBanking BCA.
  • Pilih menu mBCA.
  • Pilih menu mPayment.
  • Pilih menu Lainnya.
  • Masukan nama PT dengan BFN.
  • Masukan Nomor Kontrak kalian.
  • Masukan PIN mBCA untuk konfirmasi terakhir.
  • Pastikan data yang tercantum sudah benar.
  • Masukan PIN mBCA.

Tunggakan & Denda Keterlambatan Pembayaran Angsuran Kredit

Berbicara mengenai tunggakan dan denda angsuran kredit, disini kami akan menyampaikan perhitungan tunggakan denda jika kita telat membayar angsuran dari jatuh tempo yang telah ditetapkan. Dalam hal ini denda tersebut tentu akan merugikan kita bukan? Maka dari itu alangkah baiknya untuk selalu tepat waktu dalam pembayarannya.

Biaya keterlambatan angsuran ini adalah sebesar 0,4% per hari dari jumlah angsuran kredit kendaraan yang kalian miliki. Untuk perhitungan denda keterlambatan dapat kalian simak simulasinya berikut ini.

  • Rumus = 0,4% x jumlah angsuran x jumlah hari keterlambatan

Semisal angsuran mobil adalah Rp 3.000.000 per bulan, kemudian tanggal jatuh tempo adalah per tanggal 15 di setiap bulan. Lalu konsumen melakukan pembayaran pada tanggal 20. Jadi keterlambatan harinya adalah 5 hari. Maka disini kalian dapat menghitung dengan cara seperti berikut;

0,4% x Rp 3.000.000 = Rp 12.000 x 5 hari keterlambatan = Rp 60.000

Ada beberapa hal juga yang cukup penting disini, bahwa jika pembayaran angsuran dengan tunggakan lebih dari 30 hari atau konsumen mengalihkan kendaraan ke pihak lain tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak BCA Finance, maka konsumen akan dikenakan biaya pengamanan barang jaminan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA Finance. Biaya tersebut juga belum termasuk dengan denda keterlambatan.

Denda keterlambatan ini juga dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah

  • Keterlambatan angsuran karena gagalnya pendebetan karena dana yang tidak mencukupi di rekening konsumen.
  • Kemudian pembayaran angsuran setelah jam 15.00 waktu setempat akan dibukukan pada hari kerja berikutnya. Disini khusus cara bayar dengan menggunakan ATM, Internet Banking dan mBanking.
  • Gagal kliring khusus cara bayar cek/bilyet giro dan PDC.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai informasi cara bayar angsuran BCA Finance yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai cara bayar home credit di postingan sebelumnya yang telah idekredit.com sampaikan.