Cara Cek Nomor Referensi BRI 2022 (Biaya & Contoh)

Cara Cek Nomor Referensi BRI – Dalam setiap transaksi jika diamati akan ada beberapa elemen penting seperti tanggal, jenis, sumber dana, rekening tujuan, nama penerima/pengirim, nominal serta nomor referensi. Apabila membahas mengenai nomor referensi pastinya semua bank akan memilikinya sama seperti pada Bank BRI.

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai cara cek nomor referensi BCA dimana dapat dilakukan menggunakan fasilitas perbankan yang ada. Kali ini tinggal cara cek nomor referensi BRI dimana hampir sama secara prinsip namun fasilitasnya berbeda. Kamu harus bisa membedakan mana kode bank dan juga nomor referensi supaya tidak bingung.

Untuk nomor referensi memang hanya sebatas sebagai acuan/petunjuk untuk setiap transaksi dimana pada Bank BRI terdiri dari beberapa susunan nomor unik. Sedangkan untuk kode perbankan dipakai sebagai identitas dimana membedakan dengan bank satu dengan lainnya. Kodenya harus ada ketika melakukan transfer maupun bertransaksi, sedangkan nomor referensi tidak wajib untuk dimasukkan.

Meski tidak dimasukkan namun secara otomatis dari sistem akan diberikan nomor referensi. Lalu fungsi dari nomor referensi adalah untuk alat pelacakan dari tiap transaksi yang sudah dilakukan. Ketika masih bertanya berapa nomor referensi BRI, jawabannya berbeda beda karena nomornya diberikan untuk tiap transaksi yang telah terjadi.

Cara Cek Nomor Referensi BRI

Memang cek no referensi bisa dilakukan dari fasilitas perbankan seperti BRImo maupun Internet Banking BRI. Nasabah bisa menggunakan nomor referensi sebagai bukti pembayaran maupun transaksi secara sah. Untuk cara mendapatkan nomor referensi BRI, biaya serta contohnya simak pembahasan idekredit.com berikut ini.

Cara Cek Nomor Referensi BRI

Jika mengalami lupa nomor referensi BRI kamu masih dapat memperolehnya secara mudah. Baik nomor referensi BRI ke BRI maupun dengan tujuan bank lainnya akan diperoleh secara mudah. Nomor referensi akan tercantum pada struk ataupun bukti transaksi digital BRI. Jadi kamu dapat langsung melakukan identifikasi jenis transaksinya secara cepat.

Lalu kode referensi BRI juga dapat jadi bukti apabila transaksinya bermasalah semisal saldo tidak sampai, kegagalan bahkan sampai saldo hilang. Kurang lebih ketika cek nomor referensi BRI manfaatnya sangatlah banyak. Termasuk jika melakukan pembayaran online dimana kadang harus memasukkan nomor referensi dengan angka tertentu supaya memudahkan dalam membedakan transaksinya.

1. Cara Cek Nomor Referensi lewat BRImo

Pertama kamu bisa memanfaatkan aplikasi BRImo untuk cara cek nomor referensi BRI. Kamu akan mendapatkan bukti transaksi digital dimana didalamnya tercantum nomor referensinya. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk fasilitas online hanya menyimpan informasi transaksinya selama 30 hari. Jadi lakukan langkah dibawah ini sebelum batas waktunya berakhir.

  • Masuk ke aplikasi BRImo, pada menu awal silahkan tap Login
BRImo
  • Silahkan lakukan login memakai username serta password, apabila sudah masuk kemenu utama lanjutkan tap Aktivitas
cara mendapatkan nomor referensi bri
  • Disini akan muncul seluruh riwayat transaksinya, silahkan pilih salah satu untuk melakukan cara cek nomor referensi BRI.
lupa nomor referensi bri
  • Setelah itu akan muncul bukti transaksinya, untuk nomor referensi BRI akan tercantum dibawah tanggalnya.
cek no referensi

2. Cek Nomor via Internet Banking BRI

Selanjutnya adalah cara cek nomor referensi dari Internet Banking BRI. memang untuk menunya akan berbeda, namun kamu akan menuju kebukti transaksinya. Pada dasarnya untuk mendapatkan nomor referensi BRI termasuk mudah dan cepat.

kode referensi bri
  • Siapkan browser kemudian buka laman ib.bri.co.id
  • Setelah itu ketikkan user ID, password kemudian kode validasinya. Klik Masuk
  • Tap ikon menu
  • Setelahnya pergi ke Rekening
  • Berikutnya klik Transaksi
  • Atur waktu sesuai transaksi dengan nomor referensi BRI yang diinginkan.
  • Lanjutkan dengan memilih salah satu transaksinya.
  • Secara otomatis muncul nomor referensi BRI.

3. Cek Nomor dari Struk

Lalu cara cek nomor referensi BRI paling mudah adalah memakai struk karena pada tiap bertransaksi akan tercantum. Kelebihan menggunakan struk adalah bisa bertahan lebih lama, asalkan kertasnya tidak rusak maka masih dapat digunakan. Akan tercetak REF NO ataupun nomor referensi dimana langsung bisa dicatat sebagai bukti yang sah.

Biaya Cek Nomor Referensi

Setelah melakukan cara cek nomor referensi BRI maka kamu tidak perlu mengkawatirkan biayanya. Untuk cek nomor referensi pastinya gratis karena sama dengan cek bukti transaksi. Kalian tidak perlu mengeluarkan uang ataupun terkena potongan saldo. Jadi kamu bisa bebas kapan saja cek nomornya jika dibutuhkan.

Contoh Nomor Referensi Transaksi Bank BRI

Lalu untuk contoh nomor referensi transaksi BRI terbagi atas 2 yaitu fisik dan juga digital. Untuk yang fisik akan berupa struk dari mesin ATM/EDC. Sedangkan versi digital didapatkan dari aplikasi BRImo dan juga internet banking BRI. Keduanya memiliki keabsahan yang sama sehingga kamu tinggal memilih menggunakan yang mana.

Lalu untuk nomornya jika diamati memang akan terdiri dari susunan angka unik dimana akan berbeda antara satu transaksi dengan lainnya. Jadi semisal kamu mengalami kendala transaksi maka bisa menjadikan nomor referensi BRI sebagai bukti nyatanya. Pihak perbankan akan dengan mudah memeriksa transaksinya apabila memakai nomor referensi BRI.

contoh Nomor Referensi BRI
contoh nomor referensi transaksi bank bri
nomor referensi bri ke bri

Kesimpulan

Nomor referensi Bank memang memiliki fungsi cukup penting karena sebagai alat untuk mengetahui status transaksinya. Jadi untuk nasabah memang cara cek nomor referensi BRI akan berguna ketika menjumpai permasalahan. Kemudian ketika membayar dibeberapa tempat nomor referensi dijadikan sebagai alat pelacakan untuk membedan dengan jenis transaksi tertentu.

Dengan cara cek nomor referensi BRI kamu akan mendapatkan bukti kuat saat akan mengajukan komplain ataupun keluhan. Hal tersebut sering terjadi ketika transferan tidak masuk, saldo tiba tiba berkurang ataupun bahkan pending. Sekian pembahasan kali ini, semoga akan jadi gambaran untuk kalian.

Sumber gambar : google.com, idekredit.com

Tags: , ,