10 Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat Secara Permanen!

Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat – Mendapatkan telepon dadakan dari seorang yang tidak dikenal pastinya cukup membuat kita penasaran. Apalagi jika ternyata yang menghubungi adalah pihak pinjol atau pinjaman online.

Dalam melakukan penagihan, Pinjol memang kerap menggunakan beragam metode dan salah satunya adalah menghubungi seluruh kontak yang terdaftar pada saat debitur melakukan pengajuan. Jadi tidak heran jika banyak orang mencari cara agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat.

Tindakan pencegahan tersebut penting untuk dilakukan mengingat potensi pinjol yang bisa saja melakukan penyimpangan ke seluruh kontak yang kita miliki. Namun adakah cara agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat?

Agar dapat membantu kalian yang belakangan ini mendapatkan panggilan misterius dari pinjaman online tersebut, maka IdeKredit akan coba jabarkan bagaimana cara agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat. Jadi pastikan kalian simak seluruh pembahasan penting ini hingga tuntas.

Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

Apa Itu Kontak Darurat Pinjol

Kontak darurat pinjol merupakan nomor telepon orang terdekat dari pihak pemohon pinjaman yang nomornya diberikan sebagai jaminan. Apabila pihak debitur tidak bisa dilakukan penagihan dan sulit untuk dihubungi, maka panggilan akan dialihkan ke kontak darurat.

Meski terdengar biasa, terkadang pihak pinjol akan menelepon nomor darurat secara terus menerus sehingga sangat mengganggu. Maka dari itu, sebelum menggunakan nomor telepon orang lain sebagai kontak darurat, alangkah baiknya kalian meminta izin pada pihak yang bersangkutan.

Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

Tibalah saatnya untuk memahami bagaimana cara agar pinjol tidak serta-merta menghubungi nomor darurat yang dicantumkan oleh debitur. Tentu saja semua cara pada daftar ini terbukti ampuh dan pastinya membuat pihak pinjol merasa jera.

Berikut beberapa cara agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat.

1. Hindari Segala Bentuk Perijinan Akses Aplikasi

Semua aplikasi pinjol pada umumnya akan meminta akses ataupun perijinan ke perangkat HP kalian. Apabila terdapat permintaan yang demikian, maka segera tap tidak atau tolak saja. Pasalnya melalui perijinan tersebut, pihak pinjol bisa membaca seluruh data pribadi kalian termasuk kontak.

2. Reset Pengaturan Perijinan Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

Apakah perijinan dari aplikasi pinjaman online bisa diatur ulang seperti sedia kala? Tentu saja tindakan tersebut bisa dilakukan melalui pengaturan bawaan HP. Cara reset tersebut juga tidak memakan banyak waktu.

Berikut langkah-langkah dalam melakukan riset perijinan aplikasi pinjaman online.

  • Silahkan buka pengaturan HP kalian.
  • Kemudian pilih menu Aplikasi atau Pengelola Aplikasi.
  • Tap Aplikasi Pinjol yang ingin kalian atur ulang perijinannya.
  • Kemudian pilih menu Izin Aplikasi.
  • Matikan semua perijinan sehingga pihak pinjol tidak sempat mengambil semua data pribadi kalian.

3. Ancam dengan Hukum Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

Semua instansi, lembaga, serta penyedia jasa lainnya pasti beroperasi berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia. Maka dari itu jika ternyata pihak pinjol terbukti melakukan tindakan bersalah, maka segera saja laporkan pada pihak berwajib.

Namun perlu diingat jika hutang atau kewajiban tetap harus dilunasi meski kalian sudah dipayungi oleh hukum. Semakin cepat hutang tersebut lunas, maka akan semakin nyaman juga kalian ketika hendak beraktivitas.

4. Hubungi Satgas Waspada Investasi OJK

Seluruh aktivitas pinjol di Indonesia tidak lepas dari pengawasan lembaga resmi semacam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melalui timnya, yaitu Satgas Waspada Investasi, OJK siap menerima laporan serta menindak oknum pinjol yang terbukti melakukan pelanggaran.

Pelanggaran tersebut bisa berdampak pada pencabutan izin usaha sehingga Pinjol harus patuh pada semua peraturan pinjaman dana dari OJK. Kalian bisa menghubungi Satgas Waspad Investasi melalui kontak di akhir pembahasan ini.

5. Lakukan Complain pada Pinjol

Jika terbukti pinjol melakukan tindakan di luar prosedur, maka segera ajukan komplain. Jelaskan secara rinci apa saja pelanggaran yang dilakukan oleh kreditur. Bila perlu kalian hafalkan seluruh poin penting dalam Undang-undang yang mengatur tentang pinjaman online di Indonesia.

6. Rekam Percakapan Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

Apabila pinjaman online masih menghubungi kontak darurat, maka rekam semua percakapan sehingga nantinya bisa digunakan sebagai bukti dalam proses hukum. Tentunya selama ada indikasi penyalahan aturan, maka rekaman tersebut akan sangat membantu.

7. Mengubah Atau Menghapus Seluruh Kontak

Pada dasarnya kalian bisa memilih untuk menghapus semua kontak di HP dan memindahkan berkas penting ke perangkat lain. Hal ini bisa meminimalisir adanya kecurangan yang dilakukan oleh pihak pinjol sehingga seluruh data serta kontak darurat aman.

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

Memang jika sudah terlibat dalam aktivitas pinjol dan mengalami gagal bayar, maka risikonya akan sangat fatal. Tidak hanya kalian, bahkan orang-orang terdekat bisa jadi mendapatkan imbasnya di kemudian hari.

Pada dasarnya cara menghapus data dari pinjaman online masihlah abu-abu. Maka dari itu kami memiliki beragam solusi yang tercantum dalam Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online secara lengkap. Nantinya kalian juga bisa mencoba seluruh prosedur penghapusan di pembahasan tersebut.

Call Center Satgas Waspada Investasi

Sebelumnya sudah disinggung jika kalian bisa menghubungi Satgas Waspada Investasi sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap aksi oknum Pinjol. OJK secara terbuka akan mencoba membantu permasalahan kalian dalam proses pinjaman tersebut.

Berikut beberapa layanan Call Center Resmi dari Satgas Waspada Investasi.

  • Call Center Resmi Satgas Waspada Investasi: 157
  • Whatsapp Resmi Satgas Waspada Investasi: (+62) 81-157-157-157
  • Email Resmi Satgas Waspada Investasi: Waspada Investasi OJK

Kesimpulan

Akhirnya cara agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat berhasil ditemukan. Silahkan praktikan semua cara di atas sesuai perosedur. Jika ternyata masih dijumpai kasus serupa, maka kalian bisa mengambil jalur hukum agar pinjol tersebut jera.

Sekian pembahasan tentang Cara Mencegah Pinjaman Online Menghubungi Kontar Darurat dari IdeKredit. Nantikan pembahasan seputar dunia kredit lainnya yang akan kami update setiap hari. Semoga pembahasan ini bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam beraktivitas.

Sumber Gambar: Mashtips.com

Tags: ,