10 Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online 2021

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online – Menghapus data kontak dan lainnya di aplikasi pinjaman online terkadang perlu dilakukan agar terhindar dari penawaran-penawaran kepada para nasabahnya. Biasanya nasabah akan tergiur dan kembali lagi mengajukan pinjaman tersebut.

Cara menghapus data dari pinjaman online sangat cocok buat kalian yang mungkin ingin berhenti melakukan pinjaman online seperti Kredivo, AKULAKU, Indodana, Kredit Pintar dan lain sebagainya. Tapi apa benar, menghapus data dari pinjaman online bisa dilakukan?

Nah membahas mengenai cara menghapus data dari PINJAMAN ONLINE, pinjaman online sendiri memang sudah berkembang pesat di Indonesia. Hal ini juga disertai dengan beragam keluhan dari para nasabahnya, salah satunya adalah penyalahgunaan data nomor telepon untuk melakukan penagihan.

Jadi yang dimaksud menghapus data disini adalah menghapus data agar penagihan tidak melalui nomor telepon yang ada di HP nasabah. Untuk menghapus data di pinjaman ini dapat dilakukan dengan mudah. Di bawah ini dapat kalian simak cara menghapus nomor telepon di pinjol.

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

Mengenal Sistem Data Perizinan di Pinjaman Online

Seperti kita ketahui bahwa setiap pinjaman online selalu meminta persetujuan akses ke perangkat yang digunakan, khusunya smartphone. Apabila kita tidak memberikan persetujuan, maka aplikasi tersebut tidak dapat digunakan atau bahkan pendaftaran akun di aplikasi tersebut menjadi gagal.

Melihat hal demikian, maka mau tidak mau akses izin harus disetujui oleh kita. Dan mengenai akses persetujuan tersebut, ada beberapa akses persetujuan yang diminta oleh pihak pinjaman online, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Lokasi
  • Kontak
  • Kamera
  • Mikrofon
  • Telepon
  • SMS
  • Penyimpanan
Baca  25 Syarat Top Up KUR BRI 2021 : Cara, Biaya, Bunga & Tabel Angsuran

Darimana Pinjaman Online Mendapatkan Data Kontak?

Izin Akses Data dari Pinjaman Online

Selain izin tersebut, ada juga beberapa persetujuan lain yang diperlukan jika hal tersebut dirasa penting oleh pihak pinjaman online. Dengan kita memberikan data izin kepada pinjol, maka mereka dapat dengan mudah mengaksesnya, mulai dari lokasi, sms, nomor telepon dan lain sebagainya.

SMS

Aplikasi dapat dengan mudah untuk membaca, mengirim SMS dan MMS.

Telepon

Kemudian mengakses nomor telepon dan jaringan. Termasuk juga membuat panggilan telepon, mengunakan Voip, Voicemail, dan lainnya hingga daftar catatan log telepon. Dan pada persetujuan ini mereka juga dapat dengan mudah mendapatkan daftar nomor telepon yang ada di kontak kita.

Kontak

Membaca, membuat atau edit daftar. Termasuk mengakses semua akun dari perangkat.

Sebelum menghapus data kontak di aplikasi pinjaman online, kalian dapat mengingat kembali izin apa saja yang sempat diberikan ketika menginstal pinjaman online. Apabila izin yang diberikan seperti kontak dan SMS, maka kalian bisa dikatakan dalam masalah besar. Besar tidaknya masalah tersebut tergantung dari Fintech mana kalian berurusan, legal atu ilegal?

Mengelola Akses Izin Data dari Pinjaman Online

Sebelum membahas mengenai cara menghapus data dari pinjaman online, disini kami akan memberikan informasi mengenai akses apa saja yang biasanya diminta oleh pinjol. Di bawah ini dapat kalian simak beberapa izin persetujuan dari 3 aplikasi pinjol Akulaku, Kredivo dan Kredit Pintar.

Izin Akses Pinjaman Online

Diatas dapat kalian lihat bahwa setiap pinjaman online meminta izin akses berbeda-beda, baik Kredivo, Kredit Pintar maupun Akulaku. Namun yang umum diminta izin aksesnya adalah Kamera, Lokasi dan Telepon.

Perlu diketahui juga bahwa standarisasi izin akses yang dikeluarkan oleh OJK hanya Kamera dan Lokasi saja. Jadi hanya Kredit Pintar saja yang mengikuti aturan dari OJK.

Baca  Apa Itu Debt Ratio & Bagaimana Cara Menghitungnya

Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Sampai di pembahasan utama mengenai cara menghapus data kontak dari pinjaman online. Ada beberapa cara menghapus data izin yang dapat kalian simak dan pahami di bawah ini.

1. Buka Pengaturan

cara pertama adalah buka menu Pengaturan.

Kelola Izin Apliikasi

2. Kelola Aplikasi

Cara kedua pilih menu Kelola Aplikasi. Akan ada beberapa daftar aplikasi terinstal. Cari aplikasi yang ingin dikelola.

3. Perizinan

Cara ketiga adalah dengan klik menu Perizinan Aplikasi.

4. Non Aktifkan Kontak

Nah di izin aplikasi yang ingin dikelola, kalian dapat non aktifkan tombol izin akses, baik nomor telepon, telepon ataupun lainnya.

Kelola Izin Akses Selesai 1

Dengan menghapus izin akses di aplikasi pinjaman online, maka pinjaman online tersebut sudah memiliki akses untuk melihat daftar nomor telepon pribadi. Lalu apakah jika sudah dinonaktifkan, aplikasi tersebut masih dapat digunakan? Ya, karena izin akses hanya bersifat tambahan, bukan akses utama.

Jadi dengan kata lain, ketika kalian membuka pinjaman online dan muncul pop up, kalian dapat pilih tolak dan ceklist jangan tanya lagi agar pop up tersebut tidak muncul kembali.

Nah itulah beberapa infomasi yang dapat idekredit.com sampaikan mengenai cara menghapus data dari aplikasi pinjaman online yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat.