√ Pembiayaan Mikro Bank Aceh 2021 : Syarat, Akad & Cara Pengajuan

Pembiayaan Mikro Bank Aceh – Perekonomian disaat pandemi seperti sekarang ini memang dinilai mengalami penurunan hampir disetiap sektor, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Untuk mengatasi permasalahan modal bagi pelaku UMKM, mereka tentunya dapat memanfaatkan beberapa produk pembiayaan dari perbankan, mulai dari KUR, Kredit Modal Kerja hingga pembiayaan serupa lainnya.

Hampir setiap perbankan menghadirkan produk pinjaman, salah satunya yang akan idekredit.com bahas pada pertemuan kali ini adalah Pembiayaan Mikro dari Bank Aceh. Pembiayaan Mikro Bank Aceh atau PMBA ini hadir dengan limit pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga maksimal Rp 50 juta. Adanya PMBA ini, Bank Aceh juga berharap dengan adanya bantuan modal tersebut bisa membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Pembiayaan satu ini juga bertujuan untuk meningkatkan akses usaha mikro yang ada di masyarakat serta mendukung peningkatan dan perkembangan usaha di sektor riil untuk masyarakat dengan penghasilan rendah. Beberapa sektor usaha yang dapat dibiayai diantaranya adalah pertanian, perdagangan, perikanan, industri rumah tangga, industri jasa dan usaha-usaha berskala mikro lainnya.

Membahas mengenai pembiayaan mikro bank Aceh, di pertemuan kali ini kami juga akan memberikan beragam informasi lengkap seperti persyaratan pengajuan, cara pengajuan, akad yang digunakan dan beberapa informasi penting lainnya. Baiklah daripada penasaran, lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai pembiayaan mikro Bank Aceh yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Pembiayaan Mikro Bank Aceh

Apa Itu Pembiayaan Mikro Bank Aceh?

Pembiayaan Mikro Bank Aceh atau PMBA merupakan salah satu produk pembiayaan yang diperuntukkan bagi nasabah yang memiliki usaha berskala mikro serta kecil. Pembiayaan ini hadir dengan limit pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga maksimal Rp 50 juta yang bisa digunakan sebagai keperluan modal usaha maupun investasi. Produk pembiayaan ini memang tidak berbeda jauh dengan produk KUR BANK JATIM, maupun KUR Bank-bank lainnya.

Keunggulan

Berbicara mengenai keunggulan, Pembiayaan Mikro dan Bank Aceh sudah pasti memiliki beragam keunggulan yang bisa dinikmati oleh para nasabah. Dimana keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Persyaratan ringan.
  • Proses pengajuan cepat.
  • Tenor angsuran fleksibel.
  • Dapat digunakan untuk investasi maupun modal kerja.

Fasilitas & Akad Pembiayaan

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa Pembiayaan Mikro ini memiliki 2 fasilitas kegunaan, yakni untuk kredit modal kerja dan juga investasi. Disamping, karena merupakan bank syariah, Bank Aceh menggunakan akad Murabahah dan Akad Musyarakah untuk jenis pembiayaan yang satu ini. Dimana semuanya akan transparan, aman dan Insya Allah berkah.

Tujuan & Sasaran Pembiayaan

Nah mengenai tujuan dan sasaran pembiayaan, PMBA ini bertujuan untuk meningkatkan akses usaha mikro serta mendukung peningkatan dan perkembangan usaha di sektor riil. Sedangkan untuk sasaran, pembiayaan ini ditujukan kepada para pelaku usaha mikro yang bergerak di beberapa bidang, seperti berikut:

  • Pertanian tanaman pangan dan hortikultura.
  • Perdagangan dan restoran.
  • Perikanan
  • Industri rumah tangga (home industry)
  • Industri jasa.
  • Usaha-usaha lainnya.

Syarat Pengajuan Pembiayaan Mikro Bank Aceh

Syarat Pengajuan Pembiayaan Mikro Bank Aceh

Sedangkan mengenai persyaratan, ada beberapa syarat dokumen dan syarat umum yang wajib diketahui. Sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman di Bank Aceh, alangkah baiknya jika kalian mencari informasi mengenai persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Adapun syarat pengajuan Pembiayaan Mikro dari Bank Aceh adalah sebagai berikut.

  • Surat Permohonan diajukan secara tertulis dan bermaterai cukup dengan memuat informasi sekurang-kurangnya :
    • Profil nasabah.
    • Jenis usaha.
    • Jumlah pembiayaan yang dibutuhkan.
    • Tujuan penggunaan pembiayaan (Rencana kerja, ekspansi usaha, peningkatan penjualan).
    • Jangka Waktu Pembiayaan.
    • Untuk Pembiayaan investasi maupun modal kerja, wajib dicantumkan jenis barang yang akan dibeli dan harga beli nya.
  • FC Identitas :
    • KTP dan Kartu Keluarga.
    • Surat Keterangan Menikah bagi yang telah menikah.
    • Pas photo diri dan suami/istri ukuran 3 x 4 cm. Sebanyak 2 lembar
    • Bukti memiliki rekening pada PT. Bank Aceh Syariah
  • Memiliki izin-izin usaha dalam menjalankan usaha minimal Surat Keterangan Usaha dari Lurah atau Camat.
  • Surat referensi karakter dari RT/RW/Keuchik atau dari keluarga/nasabah
  • Menyerahkan FC bukti agunan/jaminan
  • Seluruh transaksi keuangan dan atau usaha setelah pencairan pembiayaan harus dilakukan melalui rekening di PT. Bank Aceh Syariah.

Cara Pengajuan Pembiayaan Mikro Bank Aceh

Cara Pengajuan Pembiayaan Mikro Bank Aceh

Setelah mengetahui informasi persyaratan diatas, maka berikutnya kalian dapat simak prosedur pengajuan pinjaman mikro melalui kantor cabang Bank Aceh setempat berikut ini.

  1. Pertama kalian dapat kunjungi kantor Bank Aceh terdekat dan bawa semua berkas dokumen persyaratan lengkap.
  2. Beritahukan kepada customer service bahwa kalian ingin mengajukan pembiayaan mikro.
  3. Nantinya pihak CS akan memberitahukan syarat dan dokumen apa saja yang dibutuhkan.
  4. Lengkapi semua syarat dan dokumen yang diminta oleh Bank Aceh.
  5. Kemudian serahkan semua dokumen dan persyaratan kepada pihak Bank Aceh.
  6. Setelah itu, pihak Bank Aceh akan melakukan verifikasi data dan evaluasi syarat serta formulir pengajuan tersebut.
  7. Jika pengajuan diterima, maka pihak Bank Aceh akan menghubungi kalian.

Sama halnya dengan prosedur pengajuan pinjaman lainnya, pihak Bank Aceh akan melakukan survey ke rumah calon debitur dan lokasi usaha. Jika semua proses telah dilalui dan dinyatakan layak mendapatkan pinjaman, kalian akan diminta untuk datang ke kantor bank untuk menyelesaikan proses administrasi, penandatanganan kontrak pinjaman serta pencairan dana.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sampaikan bahwa proses pengajuan pembiayaan mikro ini cukup mudah dan memerlukan waktu yang cukup cepat, yakni kurang dari 7 hari. Pemilihan besaran limit pinjaman juga biasanya dapat ditentukan dengan jenis agunan apa yang digunakan. Disamping itu calon debitur juga harus memiliki rekening tabungan Bank Aceh yang nantinya digunakan untuk pencairan dana pinjaman.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak mengenai syarat dan cara pengajuan pembiayaan mikro Bank Aceh. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.