√ KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng 2021 : Syarat & Cara Pengajuan

KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng – Pemerintah bukan hanya memberikan program pinjaman yang dikenal dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) saja. Program Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera FLPP juga menjadi program berikutnya yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Program KPR Sejahtera FLPP ini juga dipercayakan kepada beberapa bank penyalur, baik Bank BUMN maupun BUMD seperti halnya dengan Bank Kalimantan Tengah yang satu ini.

KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng menjadi salah satu fasilitas kredit yang bisa diajukan oleh para nasabah yang memiliki penghasilan rendah sebesar Rp 4 juta maksimal dan belum memiliki rumah. Perlu diketahui juga bahwa fasilitas KPR Sejahtera FLPP ini cukup banyak diminati, terlebih lagi bagi mereka yang mungkin memiliki impian untuk membeli sebuah rumah namun terkendala masalah budget. Dengan adanya fasilitas kredit ini, mereka bisa mengajukan pembelian rumah secara cicilan dengan pilihan tenor fleksibel.

Lalu untuk informasi suku bunga, Bank Kalteng memberikan suku bunga yang cukup bersaing untuk produk KPR Sejahtera FLPP satu ini. Dimana hampir semua produk KPR FLPP Sejahtera ini mematok suku bunga yang serupa, yakni hanya 5%, baik KPR FLPP SEJAHTERA BANK JATENG, Bank Artha Graha, Bank BSI dan lain sebagainya. Untuk soal plafon, KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng ini maksimal Rp 115.200.000 yang juga bisa berubah sesuai ketentuan dari Pemerintah RI.

Untuk persyaratan, pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng juga mewajibkan calon debitur untuk menyiapkan dokumen Sertifikat Hak Milik tanah dan bangunan. Selain itu ada juga beberapa syarat dokumen lain yang harus dilengkapi. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Bank Kalteng yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng

Apa Itu KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng?

KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng merupakan kredit/pembiayaan pemilikan rumah yang diperuntukkan bagi para masyarakat berpenghasilan rendah atau maksimal Rp 4 juta dan belum memiliki rumah. Program KPR dari Pemerintah ini juga memiliki persyaratan mudah serta suku bunga ringan dengan tenor angsuran fleksibel hingga 20 tahun.

Keunggulan KPR Bersubsidi Bank Kalteng

Lalu berbicara mengenai keunggulan, KPR Subsidi dari Bank Kalteng juga tentunya memiliki beberapa keunggulan. Dimana keunggulan tersebut nantinya bisa dinikmati oleh para calon debitur, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fasilitas pembiayaan dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yakni Rp 4 juta per bulan.
  • Pembiayaan rumah maksimal Rp 115.200.000 (plafond kredit maksimal dapat berubah sesuai ketentuan Pemerintah RI).
  • Uang Muka/DP ringan hanya 1% dikurangi subsidi bantuan uang muka (SBUM) dari pemerintah.
  • Suku bunga rendah hanya 5% Fixed Rate.
  • Pembayaran angsuran mudah.

Bunga, Biaya, Tenor & Plafon

Dan mengenai suku bunga, biaya tenor dan juga plafon, kalian bisa simak penjelasan mengenai informasi tersebut. Pertama adalah soal suku bunga, seperti sudah dijelaskan diatas bahwa suku bunga KPR Sejahtera FLPP dari Bank Kalteng adalah 5% fixed rate yang sama dengan beberapa KPR serupa dari Bank BPD lainnya. Kedua adalah soal tenor angsuran, calon debitur nantinya bisa memilih tenor angsuran yang cukup fleksibel yakni hingga maksimal 20 tahun.

Ketiga adalah mengenai plafon kredit, lain halnya dengan plafon yang diberikan oleh Bank BUMN, plafon maksimal dari KPR Bank Kalteng FLPP ini hanya sebesar Rp 115.200.000. Dan terakhir adalah mengenai informasi biaya, untuk informasi satu ini Bank Kalteng melalui laman resminya tidak memberikan kejelasan terkait biaya apa saja yang terdapat di dalam KPR ini. Maka dari itu kami sarankan untuk bertanya langsung melalui kantor cabang setempat agar mendapatkan jawaban pasti dari pihak bank.

Persyaratan Pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng

Persyaratan Pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng

Kemudian untuk soal persyaratan, seperti halnya dengan persyaratan yang diwajibkan oleh Bank BPD lainnya untuk pengajuan KPR Sejahtera FLPP ini. Para nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan satu ini dapat menyiapkan beberapa persyaratan dokumen serta agunan seperti berikut:

  • Pegawai berstatus PNS/CPNS/BUMN/BUMD, TNI Polri, pensiunan PNS/TNI/Polri, wiraswasta, pengusaha.
  • Memiliki identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Akta Nikah/Cerai, KTP Suami/Isteri.
  • Memiliki pekerjaan dan berpenghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan.
  • FC daftar gaji dilegalisir oleh bendaharawan gaji dan rekening gaji 3 bulan terakhir.
  • FC kwitansi tanda jadi pengambilan rumah (Down Payment).
  • Surat Keterangan mengambil rumah dari developer.
  • FC blok plan rumah yang akan dibeli.
  • Menyerahkan dokumen KPR Sejahtera dan mengisi permohonan KPR Sejahtera.
  • Surat Keterangan tidak memiliki rumah dari Kepala Desa/Lurah setempat.
  • Pas foto 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Tidak termasuk dalam daftar hitam/kredit bermasalah berdasarkan informasi Bank Checking (SID Bank Indonesia).
  • Bangunan yang dijaminkan wajib di cover asuransi kebakaran.
  • Agunan berupa jaminan kebendaan berupa tanah dan bangunan bersertifikat hak milik (SHM).

Cara Pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng

Cara Pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng

Terkait prosedur pengajuan, calon debitur bisa melakukan pengajuan melalui aplikasi Sikasep ataupun melalui kantor cabang Bank Kalteng setempat dengan membawa berkas dokumen lengkap untuk persyaratannya. Adapun langkah-langkah pengajuan melalui kantor cabang, kalian bisa simak berikut ini.

  1. Pertama datangi kantor cabang Bank Kalteng setempat dengan membawa berkas dokumen persyaratan lengkap.
  2. Sesampainya di lokasi, ambil nomor antrean CS dan tunggu nomor antrean dipanggil oleh petugas.
  3. Setelah nomor dipanggil, temui petugas dan sampaikan bahwa kalian hendak mengajukan KPR Bersubsidi Sejahtera FLPP Bank Kalteng.
  4. Petugas akan membantu proses pengajuan sampai selesai. Sebelumnya kalian juga akan diberikan informasi terkait produk KPR Sejahtera FLPP tersebut.
  5. Apabila sudah paham, petugas akan meminta untuk mengisi formulir pengajuan.
  6. Isi formulir dengan benar dan lengkap. Setelah itu, serahkan formulir kepada petugas beserta persyaratan dokumen yang diperlukan.
  7. Petugas akan melakukan evaluasi dan verifikasi formulir serta persyaratan tersebut.
  8. Sampai disini, kalian dapat kembali ke rumah dan menunggu kabar dari pihak bank terkait persetujuan pengajuan KPR.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, produk KPR Sejahtera dari Bank Kalimantan Tengah ini cukup rekomendasi bagi kalian yang memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan dan belum memiliki rumah. Dengan adanya produk KPR Subsidi dari Pemerintah ini, memiliki sebuah rumah sudah bukan angan-angan lagi. Siapkan saja persyaratan dokumen dan kemudian ajukan langsung melalui aplikasi Sikasep atau kantor cabang Bank Kalteng setempat.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai syarat dan cara pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan diatas, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.