15 Syarat & Cara Pengajuan KUR Tani BSI (Bank Syariah Indonesia) 2021

Cara Pengajuan KUR Tani BSI – Bidang pertanian menjadi salah satu hal yang begitu penting bagi negara Indonesia. Berbagai macam cara pun diberikan pemerintah untuk bisa mewujudkan komoditas pertanian agar lebih sejahtera dan maju.

Pengupayaan kesejahteraan para petani bahkan terus diberi dukungan banyak pihak. Termasuk oleh bank BSI (Bank Syariah Indonesia) yang baru-baru ini dikabarkan merilis dan menyalurkan produk pinjaman KUR Tani BSI.

Dengan hadirnya produk PINJAMAN MODAL USAHA dikhususkan untuk para petani di seluruh Indonesia. Pemerintah lewat Kementerian Pertanian yang menggandeng BSI, berharap kesejahteraan petani akan lebih maksimal.

Tidak tanggung-tanggung, dalam upaya penyaluran KUR Tani BSI ini, ada beberapa hal menarik yang tentu memberi angin segar bagi para petani. Termasuk adanya suku bunga rendah, keringanan pembayaran angsuran serta besaran kredit ditawarkan.

Syarat dan Cara Pengajuan KUR Tani BSI

Disisi lain, cara pengajuan KUR Tani BSI juga dikatakan jauh lebih mudah. Oleh karena itu, negara benar-benar mendorong para petani agar bisa memanfaatkan plafond layanan pinjaman KUR Tani milik Bank Syariah Indonesia ini.

Apa Itu KUR Tani BSI?

Apa Itu KUR Tani BSI

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Tani BSI. Ada baiknya kalian pahami dan ketahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan KUR Tani.

KUR Tani BSI merupakan Kredit Usaha Rakyat yang merupakan produk pinjaman dikhususkan bagi para petani di seluruh Indonesia. Melalui pinjaman ini, setiap petani bisa memanfaatkan pinjaman untuk banyak hal.

Termasuk membeli pupuk, bibit, serta membeli sarana dan prasarana atau alat-alat penunjang pertanian yang lebih modern. Atau bahkan bisa digunakan pula untuk kebutuhan penyewaan lahan pertanian.

Keuntungan KUR Tani BSI

Keuntungan KUR Tani BSI

Seperti sudah idekredit sampaikan sebelumnya, ada banyak sekali keuntungan bisa didapat oleh debitur (petani) ketika memanfaatkan program KUR yang disediakan oleh negara lewat Bank Syariah Indonesia ini, diantaranya seperti:

Baca  10 Syarat & Cara Pengajuan BSI OTO Khusus Mobil, Motor Baru & Bekas

1. Proses Pengajuan Mudah

Keuntungan bisa dirasakan debitur saat memanfaatkan fasilitas KUR ini yakni kemudahan cara pengajuan KUR Tani BSI. Hal ini karena nantinya para nasabah akan di dampingi oleh GBN (Garda Biro Nusantara) & Offtaker saat melakukan proses pengajuan hingga musim tanam.

2. Suku Bunga Ringan

Mengenai suku bunga, seperti disebutkan idekredit diawal. Produk pinjaman KUR Tani BSI ini memiliki suku bunga ringan dan kompetitif, sebab BSI menurunkan suku bunga menjadi 6% per tahun.

3. Tidak Perlu Agunan

Selain keuntungan diatas, untuk bisa mengajukan pinjman modal usaha ini. Para petani tidak perlu mengeluarkan agunan atau jaminan. Dengan begitu pemerintah berharap para petani bisa benar-benar memanfaatkan produk pinjaman KUR milik BSI satu ini.

4. Plafond Pinjaman Maksimal Rp 50 juta

Hampir sama seperti KUR BRI TANPA AGUNAN, salah satu keuntungan lain dari program ini yakni adanya limit maksimal pinjaman KUR Tani BSI mencapai Rp 50 juta rupiah.

5. Keringanan Pembayaran Angsuran

Sementara itu, bagi para debitur juga tidak perlu meresahkan pembayaran angsuran. Mengingat BSI memberikan keringanan angusran yang dapat dibayar bahkan boleh dicicil di saat produk pertaniannya sudah panen atau menghasilkan.

Syarat KUR Tani BSI

Syarat KUR Tani Bank Syariah Indonesia

Bagi para petani yang ingin mengajukan KUR Tani dari bank BSI untuk mendapatkan modal usaha, pastikan sudah menyiapkan beberapa berkas persyaratan dan juga mengetahui ketentuan yang ada sebagai berikut ini.

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia produktif 21 tahun atau sudah menikah.
  • Usaha telah berjalan minimal 6 bulan.
  • Memiliki rekening bank BSI (Bank Syariah Indonesia).
  • Tidak memiliki riwayat kredit macet sebelumnya.

Persyaratan Dokumen

  • Fotokopi KTP (Wajib e-KTP/ Surat Keterangan e-KTP).
  • Fotokopi KK atau Surat Nikah.
  • Surat ijin usaha seperti (SIUP, TDP, SITU, HO) atau keterangan usaha dari kelurahan dan atau kecamatan.
Baca  √ KUR Super Mikro Bank Nagari 2021 : Syarat, Suku Bunga & Pengajuan

Cara Pengajuan KUR Tani BSI

Jika sudah mengetahui informasi terkait syarat pengajuan KUR Tani BSI seperti diatas kami sampaikan. Dibawah ini adalah informasi lengkap tentang prosedur cara pengajuan KUR Tani BSI.

  1. Datangi kantor Bank Syariah Indonesia dengan membawa semua berkas persyaratan dibutuhkan.
  2. Kemudian ambil nomor antrian untuk customer service dan tunggu hingga dipanggil.
  3. Saat nomor antrian dipanggil, temui petugas customer service BSI dan katakan bahwa kalian ingin melakukan pengajuan KUR Tani.
  4. Biasanya petugas akan menjelaskan lebih dulu terkait produk KUR yang kalian inginkan mulai dari jenis, tabel angsuran, syarat dan juga keutungan.
  5. Petugas akan memberi formulir pengajuan pinjaman, silahkan diisi dengan data sebenar-benarnya sesuai format tertera.
  6. Sampai disini pihak bank BSI akan segera memproses pengajuan KUR berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  7. Setelah itu, kalian dapat menunggu informasi yang akan diberikan oleh pihak bank BSI terkait pengajuan.

Apabila proses pengajuan KUR Tani diterima, nantinya pihak BSI akan memberi kabar melalui telepon untuk proses penandatanganan kontra dan juga pencairan dana.

Call Center BSI

Call Center Bank Syariah Indonesia

Mudahnya prosedur cara pengajuan KUR Tani BSI seperti diatas idekredit samapikan, tentu bisa menjadi gambaran untuk calon debitur (para petani) yang ingin melakukan pengajuan pinjaman.

Namun jika masih ada hal yang perlu kalian tanyakan, kami sarankan untuk segera menghubungi pihak BSI melalui layanan call center berikut ini.

  • Telepon : 14040
  • Email : contactus@bankbsi.co.id
  • Twitter : @bankbsi_id
  • Instagram : @banksyariahindonesia

FAQ

Apakah pengajuan KUR Tani BSI tidak memerlukan jaminan?

Tidak.

Berapa limit maksimal pinjaman KUR Tani BSI?

Limit maksimal pinjaman yakni sebesar Rp 50 juta.

Berapa suku bunga KUR Tani BSI?

Suku bungan efektif sebesar 6% per tahun.

Itu tadi berapa informasi lengkap mengenai syarat, keuntungan, serta cara pengajuan KUR Tani BSI yang bisa idekredit sampaikan. Semoga dengan hadirnya fasilitas pinjaman modal usaha ini, para petani Indonesia akan lebih maju dan sejahtera kedepannya.