Kartu Kredit BSI 2022 : Jenis, Fitur, Limit, Biaya & Keunggulan

Kartu Kredit BSI – Bank Syariah Indonesia atau dikenal juga dengan bank BSI adalah bank yang beroperasi dengan menggunakan prinsip syariah. Selain itu dalam operasionalnya, Bank Syariah Indonesia juga diatur oleh fatwa DSN-MUI dan hukum yang berlaku di Indonesia mengenai perbankan syariah. Menjadi salah satu bank syariah terbesar di Indonesia, BSI tentunya memiliki beberapa produk perbankan seperti halnya pinjaman, tabungan, deposito dan beberapa lagi fasilitas-fasilitas Digital perbankan lainnya. Membahas mengenai fasilitas digital perbankan syariah, di pertemuan ini kami akan memberikan informasi terkait kartu pembiayaan atau kartu kredit BSI.

Seperti kita ketahui bahwasanya Kartu Kredit adalah salah satu fasilitas perbankan yang bisa dinikmati oleh setiap nasabahnya. namun, disini bisa dikatakan bahwa pengajuan kepemilikan kartu kredit ini ini memang cukup sulit. Lain halnya ketika kalian mengajukan pembukaan rekening, kartu debit maupun aktivasi Mobile Banking. Perihal pengajuan kepemilikan kartu kredit BSI, memiliki beberapa persyaratan-persyaratan yang tidak berbeda jauh dengan pengajuan kartu kredit BCA, Mandiri, BRI ataupun bank-bank konvensional lainnya. Penting Diketahui juga bahwa Sanya BSI adalah satu-satunya bank syariah yang memiliki fasilitas kartu kredit/Pembiayaan.

Mengenai pembahasan kartu pembiayaan BSI, Bank Syariah Indonesia sendiri memiliki 3 jenis kartu kredit yang bisa dimiliki oleh semua nasabahnya. Jenis kartu kredit tersebut diantaranya adalah BSI Hasanah Platinum, Gold dan Classic. Ketiga jenis kartu kredit tersebut tentu memiliki beberapa perbedaan, baik itu mengenai limit, fitur, biaya dan juga kelebihan serta kekurangannya. Untuk informasi detail dari ketiga jenis kartu kredit BSI tersebut juga akan kami sampaikan secara lengkap di pembahasan kali ini, maka dari itu kalian bisa terus simak pembahasan kali ini sampai akhir nanti agar bisa mendapatkan jawaban terkait apa yang ada pada produk kartu pembiayaan BSI.

Menyinggung sedikit mengenai syarat pengajuan, seperti sudah kami sampaikan diatas bahwasanya untuk pengajuan kartu kredit memang dinilai memiliki syarat yang cukup sulit. Maka dari itu, kartu kredit memang lebih banyak dimiliki oleh masyarakat kalangan menengah ke atas. Sedangkan untuk prosedur pengajuan, kartu kredit hanya bisa diajukan melalui kantor cabang setempat Atau juga bisa diajukan secara online melalui website resmi bank bsi.co.id. Baiklah daripada penasaran mengenai pembahasan kali ini terkait jenis kartu kredit BSI, di bawah ini bisa langsung kalian simak informasi lengkapnya.

Kartu Kredit BSI

Apa Itu Kartu Kredit BSI?

Sebelum kita berlanjut pembahasan utama mengenai kartu pembiayaan BSI, di sini kami akan membahas lebih dulu mengenai Apa yang dimaksud dengan kartu kredit Bank Syariah Indonesia. Kartu kredit atau kartu pembiayaan bank syariah Indonesia adalah alat pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh BSI. Berbeda halnya dengan kartu kredit bank konvensional, kartu pembiayaan milik BSI ini menggunakan prinsip secara Syariah dengan akad Kafalah, Qardh dan Ijarah.

Akad Kartu Kredit BSI

Seperti sudah kalian ketahui diatas bahwa ada 3 jenis akad yang digunakan, diantaranya adalah Kafalah, Qardh dan juga Ijarah. Mengenai penjelasan ketiga akad tersebut, kalian bisa simak di bawah ini.

1. Kafalah

Penerbit Kartu merupakan penjamin (kafil) bagi pemilik kartu terhadap merchant atas semua kewajiban bayar (dayn) yang timbul dari transaksi antara pemilik kartu dengan merchant, dan atau penarikan tunai selain Bank atau ATM bank Penerbit Kartu.

2. Qardh

Penerbit Kartu adalah pemberi pinjaman (muqridh) kepada pemilik kartu (muqtaridh) melalui penarikan tunai dari bank atau ATM bank Penerbit Kartu.

3. Ijarah

Penerbit Kartu adalah penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu. Atas akad ijarah ini, penerbit kartu dapat menerima fee (ujrah).

Jenis Kartu Kredit BSI

Berlanjut ke informasi selanjutnya adalah mengenai Jenis kartu kredit BSI. Ada tiga kartu kredit yang dimiliki oleh bank syariah Indonesia, untuk penjelasan lengkapnya kalian bisa langsung simak berikut ini.

1. BSI Hasannah Card Classic

BSI Hasannah Card Classic

Pertama adalah kartu pembiayaan BSI Hasanah Classic. BSI Hasanah Card Classic merupakan kartu pembiayaan dengan prinsip syariah yang diterbitkan oleh PT Bank Syariah Indonesia dan digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi serta berfungsi seperti kartu pembiayaan.

2. BSI Hasannah Card Gold

BSI Hasannah Card Gold

Untuk jenis kedua adalah BSI Hasanah Gold, dimana kartu ini memiliki limit tingkat sedang. Pembagian limitnya juga disesuaikan menjadi 6 kategori sama seperti kartu kredit Hasanah Platinum.

3. BSI Hasannah Card Platinum

BSI Hasannah Card Platinum

Sedangkan untuk jenis terakhir adalah kartu kredit BSI Hasanah Platinum. Kartu Kredit ini adalah produk credit card dengan limit tertinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. BSI Hasanah Platinum sendiri memiliki pembagian limit menjadi 6 kategori sesuai penghasilan calon pemiliknya.

Limit Kartu Kredit Bank Syariah Indonesia

Berbicara terkait limit kredit dari masing-masing jenis kartu kredit BSI, kalian bisa mengetahui lebih lengkap informasi tabel di bawah ini.

Jenis Kartu KreditPendapatan Tahunan Minimal Limit 1Limit 2Limit 3Limit 4Limit 5Limit 6
BSI Hasanah ClassicRp 25.000.000Rp 4.000.000Rp 6.000.000
BSI Hasanah GoldRp 36.000.000Rp 8.000.000Rp 10.000.000Rp 15.000.000Rp 20.000.000Rp 25.000.000Rp 30.000.000
BSI Hasanah PlatinumRp 50.000.000Rp 40.000.000Rp 50.000.000Rp 75.000.000Rp 100.000.000Rp 125.000.000Maksimal Rp 900.000.000
Besaran limit kredit ditentukan berdasarkan total pendapatan per tahun

Fitur Kartu Kredit Bank Syariah Indonesia

Pembahasan berikutnya adalah mengenai fitur. Disamping bisa digunakan bertransaksi di mesin ATM maupun EDC, kartu pembiayaan BSI juga memiliki fitur lain seperti:

  • Smartbill (pembayaran tagihan bulanan listrik, air, dan sebagainya secara otomatis).
  • E-billing (pengiriman tagihan melalui fasilitas email).
  • Aplikasi Mobile Banking BSI.
  • Aktivasi dan ganti PIN lewat SMS.

Biaya dan Lain-Lain

Sama halnya dengan kartu kredit pada umumnya BSI Hasanah card juga memiliki ketentuan khusus soal biaya penggunaan. baik iuran tahunan ataupun biaya bulanan. Di bawah ini ini bisa kalian simak rincian ketentuan biaya-biaya yang ada pada kartu kredit Bank Syariah Indonesia.

1. Iuran Tahunan

Jenis Kartu KreditKartu UtamaKartu Tambahan
BSI Hasanah Card PlatinumRp 120.000Rp 60.000
BSI Hasanah Card GoldRp 240.000Rp 120.000
BSI Hasanah Card ClassicRp 600.000Rp 300.000

2. Biaya Bulanan

Jenis Kartu KreditBiaya Kategori 1Biaya Kategori 2Biaya Kategori 3Biaya Kategori 4Biaya Kategori 5Biaya Kategori 6
BSI Hasanah Card PlatinumRp 900.000Rp 1.125.000Rp 1.687.000Rp 2.250.000Rp 2.812.000Maksimal Rp 20.550.000
BSI Hasanah Card GoldRp 180.000Rp 225.000Rp 337.500Rp 450.000Rp 562.500Rp 675.000
BSI Hasanah Card ClassicRp 90.000Rp 135.000

3. Biaya Lain-Lain

Biaya-BiayaKeterangan
Biaya Penagihan Cicilan1 – 149 hari : Rp 57.000
≤150 hari : Rp 150.000
Pembayaran Tagihan Minimum10% total tagihan atau
– Rp 50.000 (Silver & Gold)
– Rp 100.000 (Platinum)
Biaya Tarik TunaiRp 25.000 per transaksi
SmartbillRp 5.000
Biaya Materai Pembuatan KartuRp 10.500
Biaya Ganti PINGratis
Biaya Cetak TagihanRp 15.000

Kelebihan & Kekurangan Kartu Kredit Bank Syariah Indonesia

Seperti halnya dengan layanan kartu kredit lainnya, kartu pembiayaan miliki BSI juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Menggunakan prinsip syariah
  • Syarat penghasilan minimal cenderung kecil
  • Batas maksimal penggunaan tinggi
  • Dapat digunakan di semua jaringan Mastercard seluruh dunia
  • Memiliki banyak fitur
  • Banyak promo menarik
  • Metode pembayaran tagihan lengkap

Kekurangan

  • Terdapat biaya bulanan cukup besar
  • Membebankan biaya admin penagihan
  • Syarat dan proses pengajuan cukup sulit

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai kartu pembiayaan bank syariah Indonesia. disini bisa kami simpulkan bahwa BSI memiliki 3 jenis kartu pembiayaan yang bisa diajukan oleh semua nasabahnya. Dari 3 jenis kartu kredit tersebut, tentunya terdapat perbedaan-perbedaan dari segi limit dan juga biaya-biaya yang wajib dibayarkan, baik untuk iuran tahunan maupun biaya bulanan. semakin tinggi tingkatan kartu kredit yang dipilih, maka semakin besar pula biaya yang harus dibayarkan. maka dari itu kami sarankan untuk memilih kartu kredit sesuai dengan kemampuan kalian.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kami sampaikan diatas mengenai jenis kartu kredit BSI. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, Semoga dengan adanya pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tags: , , ,