√ Kartu Kredit Gagal Terkirim : Alasan & Cara mengatasi

Kartu Kredit Gagal Terkirim – Berbagai persyaratan mengajukan kartu kredit memang sangat mudah, dimana nasabah hanya perlu menyiapkan dokumen KTP dan juga Nomor Pokok Wajib Pajak atau Kartu Kredit apabila pihak bank terkait mengharuskan calon pemohon memiliki kartu kredit sebelumnya. Selain itu masih ada beberapa persyaratan yang lain sekiranya dibutuhkan oleh pihak bank yang bisa dikatakan cukup ringan. Kemudahan inilah yang menjadikan banyak nasabah ingin memiliki kartu kredit.

Selain dapat digunakan sebagai alat transaksi pembayaran, pembelian, tarik tunai, UBAH TRANSAKSI KE CICILAN KARTU KREDIT dan lainnya, kartu kredit juga bisa sebagai syarat untuk mengajukan fasilitas pinjaman tanpa agunan atau KTA. Membahas mengenai kartu kredit, setelah kalian mungkin selesai mengajukan pembuatan kartu kredit dan telah disetujui oleh pihak terkait, nantinya kartu kredit tersebut akan langsung dikirim ke alamat kalian yang tercantum di formulir pengajuan pembukaan kartu kredit.

Namun perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa kasus yang kerap terjadi dalam hal pengiriman kartu kredit, yakni kartu kredit tidak terkirim. Hal ini tentu menjadi pertanyaan bagi setiap orang, mengapa setelah proses pengajuan disetujui namun pengiriman kartu kredit malah gagal atau tidak terkirim ke alamat nasabah? Kami mendapatkan informasi dari beberapa sumber bahwa ada pengguna yang tidak mendapatkan fisik kartu kredit BRI, CIMB NIAGA, BCA dan beberapa kartu kredit bank lain hingga 3 bulan lamanya. Padahal pihak menginformasikan bahwa kartu fisik sedang dalam proses kirim.

Ini mungkin harus menjadi PR dari beberapa bank penerbit kartu kredit agar bisa mengatasi hal seperti ini. Walaupun ada beberapa kemungkinan jika alasan kartu kredit gagal terkirim ini bukan mutlak kesalahan dari pihak bank, melainkan dari pihak jasa kirim. Nah mengenai hal ini, idekredit.com sudah menyiapkan beberapa ulasan lengkap mengenai alasan dan cara mengatasi kartu kredit gagal terkirim yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Kartu Kredit Gagal Terkirim

Proses Pengiriman Kartu Kredit

Sebelum ke pembahasan utama mengenai alasan dan cara mengatasi kartu kredit gagal terkirim, alangkah baiknya jika kalian mengetahui bagaimana prosedur kirim kartu terlebih dahulu berikut ini.

Baca  √ Kredivo Tidak Bisa Dipakai di Shopee? Penyebab & Cara Mengatasi

1. Persetujuan Pihak Bank

Proses kirim kartu kredit ini tentunya harus lebih dulu mendapatkan persetujuan dari pihak bank penerbit. Biasanya untuk proses persetujuan, pihak bank akan memberikan informasi persetujuan melalui SMS. Bukan hanya menginformasikan persetujuan kartu kredit, SMS tersebut juga biasanya memberikan informasi lain terkait maksimal kartu kredit dan mempersilakan untuk menunggu proses kirim fisik kartu kredit.

2. Pengiriman Fisik Kartu Kredit

Berikutnya untuk proses kirim kartu kredit ke alamat pemohon biasanya akan memakan waktu 3 hari sampai maksimal 5 hari kerja. Untuk semua bank di Indonesia, hari kerja yang dimaksud adalah mulai dari hari Senin hingga Jum’at, tidak termasuk hari libur. Namun adakalanya pengantaran ini akan lama melebihi durasi normal yang 3-6 hari kerja. Penyebab kartu kredit lama terkirim biasanya memiliki alasan bermacam-macam.

3. Pengiriman PIN Kartu Kredit

Kemudian berikutnya adalah pengantaran PIN kartu kredit. Pengantaran PIN ini akan terpisah dengan pengiriman fisik kartu kredit. Karena pembuatan PIN yang terpisah dengan pembuatan fisik kartu kredit juga menyebabkan pengiriman PIN tidak dapat dilakukan secara bersamaan. Nah untuk lama pengiriman PIN biasanya sekitar 3-4 minggu setelah fisik kartu kredit terkirim. Perlu diketahui bahwa PIN memiliki sifat yang sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain.

4. Tindak Lanjut Oleh Nasabah

Nah terakhir adalah tindak lanjut pengiriman oleh nasabah. Hal ini biasanya jika ada masalah pada saat proses pengiriman kartu kredit yang begitu lama atau bahkan kartu kredit gagal terkirim. Jika demikian, nasabah bisa langsung segera menghubungi pihak bank penerbit untuk bertanya perihal kartu kredit kalian. Usahakan untuk langsung mendatangi bank terkait atau menghubungi Call Center agar keluhan bisa langsung ditanggapi oleh pihak penerbit.

Alasan Kartu Kredit Gagal Terkirim

Alasan Kartu Kredit Gagal Terkirim

Setelah mengetahui beberapa informasi diatas, berikutnya kalian bisa simak informasi mengenai alasan mengapa kartu kredit gagal terkirim. Disini kami mendapatkan beberapa alasan mengapa pengantaran bisa gagal, yang pertama adalah adanya kesalahan pada saat penulisan alamat tujuan dan kedua karena ada kelalaian dari pihak jasa pengantaran. Lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

1. Kesalahan Alamat Tujuan

Pada saat melakukan PENGAJUAN KARTU KREDIT ONLINE, kalian tentunya harus mengisi formulir pengajuan terlebih dahulu. Dimana di formulir tersebut kalian wajib mencantumkan alamat pengantaran kartu kredit dengan lengkap dan benar agar tidak terjadi kasus kartu kredit gagal terkirim. Nah kesalahan alamat tujuan yang biasanya menjadi penyebab utama mengapa kartu kredit tersebut gagal terkirim ke alamat nasabah.

Baca  LinkAja Paylater Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab dan Cara Mengatasi

2. Kelalaian Pihak Jasa Pengantaran

Alasan yang kedua mengapa pengantaran kartu kredit mengalami gagal adalah karena ada kelalaian pada pihak jasa pengantaran. Pihak bank biasanya hanya akan menggunakan dua layanan jasa pengiriman yakni kantor POS dan juga JNE. Nah jika ada paket berisi kartu kredit yang tidak atau lama terkirim juga bisa dikarenakan ada kelalaian dari pihak jasa pengiriman tersebut. Bisa juga karena overloud di gudang pengiriman sehingga paket tersebut akan lama terkirim atau bahkan resiko paitnya adalah gagal terkirim ke alamat pengguna. Selain itu juga masih ada beberapa alasan mengapa kartu kredit gagal terkirim ke alamat pengguna seperti berikut ini.

  • Rumah/kantor Tutup
  • Nasabah Tidak dikenal
  • Nasabah tidak di tempat
  • Tidak ada yang mau menerima kartu
  • Alamat pengiriman kartu kredit tidak terjangkau

Cara Mengatasi Kartu Kredit Gagal Terkirim

Cara Mengatasi Kartu Kredit Gagal Terkirim

Nah untuk mengatasi kartu kredit tidak terkirim adalah dengan melakukan beberapa cara yang dapat kalian simak di bawah ini.

1. Hubungi Call Center Bank Terkait

Pertama coba hubungi Call Center perbankan terkait dan tanyakan status pengiriman kartu kredit telah sampai dimana? Apabila Call Center menginformasikan masih dalam proses dan tidak ada laporan terbaru, maka mintalah untuk dibuatkan laporan permintaan percepatan pengiriman kartu. Tanyakan juga apakah alamat kurang jelas, jika iya kalian bisa lengkapi alamat hingga rute nya tersebut serta nama yang lengkap.

2. Datangi Kantor Cabang Terkait

Selain menghubungi Call Center, kalian juga bisa mendatangi kantor cabang setempat untuk menanyakan hal ini. Biasanya nanti pihak bank akan membantu menyampaikan keluhan mengenai kartu kredit gagal terkirim ke kantor pusat agar segera dikirimkan.

3. Hubungi Pihak Jasa Pengiriman

Jika kedua cara diatas masih belum membuahkan hasil, kalian bisa mencoba bertanya kepada pihak jasa pengiriman. Tanyakan apakah ada paket berupa fisik kartu kredit dengan nama kalian.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami menyimpulkan bahwa kasus kartu kredit gagal terkirim biasanya dikarenakan nama nasabah tidak jelas dan alamat pengiriman tidak jelas atau berada di luar jangkauan. Maka dari itu untuk mengatasi masalah gagal kirim ini kalian lebih baik mendatangi kantor cabang bank penerbit kartu kredit tersebut untuk mendapatkan kejelasan akan hal ini.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai alasan dan cara mengatasi kartu kredit gagal terkirim yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.