√ KPR Bank BJB 2021 : Syarat, Suku Bunga, Keunggulan & Jenis Produk

KPR Bank BJB – Rumah menjadi salah satu kebutuhan utama yang wajib dimiliki oleh setiap pasangan. Namun seperti kita ketahui bahwa harga properti setiap tahun mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jadi tidak heran jika banyak yang lebih memilih untuk menunda membeli rumah tersebut. Masalah umum tersebut saat ini sudah bisa teratasi dengan cara mengajukan salah satu fasilitas kredit dari perbankan yang dikenal juga dengan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR.

Banyak sekali perusahaan bank yang menghadirkan fasilitas kredit satu ini, tak terkecuali Bank BJB. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat ini memiliki KPR dengan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh calon debitur. Seperti pembelian rumah, renovasi rumah, take over, pembangunan rumah dan top up KPR. Dengan adanya fitur tersebut, kalian bisa langsung segera menyiapkan persyaratan dokumen untuk pengajuan pembelian rumah dengan cara cicilan bunga ringan dan tenor angsuran panjang di BJB.

Akan tetapi sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan, alangkah baiknya jika kalian mencari informasi lebih dulu mengenai besaran suku bunga, syarat apa saja yang diperlukan dan bagaimana prosedur pengajuan yang bisa dilakukan. Kami singgung sedikit mengenai besaran suku bunga dari KPR Bank BJB satu ini. Suku bunga KPR BJB ini dikenal sangat ringan, dimana hanya dipatok sebesar 5% fixed sepanjang tenor. Kalian juga nantinya wajib untuk membayarkan uang muka 5% dari total harga rumah.

Sedangkan untuk soal prosedur pengajuan, KPR Bank BJB bisa diajukan melalui aplikasi SiKasep atau melalui kantor cabang setempat. Kalian bisa memilih salah satu metode tersebut yang dinilai lebih efektif. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Pemilikan Rumah Bank BJB yang telah idekredit.com sampaikan di bawah ini.

KPR Bank BJB

Apa Itu KPR Bank BJB?

KPR Bank BJB merupakan salah satu fasilitas kredit yang diperuntukkan bagi para nasabah Bank BJB dan ditujukan untuk pembelian rumah pembiayaan kepemilikan properti/ properti usaha pembelian baru atau second. selain itu tersedia pembiayaan untuk Refinancing/Multiguna, Take Over-XTRA, Top Up, dan Membangun.

Keunggulan KPR Bank BJB

Lalu untuk soal keunggulan, KPR dari BPD BJB ini pastinya memiliki keunggulan yang dimiliki oleh fasilitas kredit lain dari BJB seperti KUR BANK BJB, Kredit Mikro dan lainnya. Adapun keunggulan dari KPR ini adalah sebagai berikut.

  • Suku bunga bersaing dan beragam.
  • Proses pengajuan dan pencairan cepat dan mudah.
  • Tenor angsuran fleksibel hingga 15 tahun.
  • Plafon minimum mulai dari Rp 25 Juta dan Maksimum sampai Rp 40 Milyar.
  • Pembiayaan untuk rumah, rumah susun, dan apartemen.
  • Bekerja sama dengan jaringan developer perumahan di seluruh wilayah Indonesia.

Fitur KPR BJB

Mengenai informasi fitur, KPR dari BPD BJB juga menghadirkan beberapa fitur yang bisa dinikmati, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tenor pinjaman hingga 15 tahun
  • Pembiayaan maksimal 70% dari harga properti
  • Pencairan pinjaman dalam 14 hari
  • Pembiayaan untuk Rumah, Rumah Susun, Apartemen

Jenis Produk KPR BJB

Jenis Produk KPR BJB

Bank BJB melalui produk KPR ini menghadirkan beberapa skim produk, seperti KPR Flexi, KPR FLPP Sejahtera, KPR Gaul dan KPR Lelang. Untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. KPR BJB Flexi

KPR ini khusus bagi kalian yang membutuhkan fleksibilitas dalam perencanaan keuangan, dengan BJB KPR Flexi cukup bayar bunganya saja setiap bulan dan pokok pada akhir periode, nikmati rendahnya cicilan setiap bulan dengan jangka waktu hingga 5 tahun.

2. KPR BJB Sejahtera FLPP

Pembiayaan Rumah bersubsidi bekerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat untuk mewujudkan Rumah idaman dengan suku bunga rendah sepanjang tenor, cicilan ringan, dan jangka waktu panjang untuk rumah tapak atau rumah susun.

3. KPR BJB Gaul

Produk KPR ini dirancang bagi kalian generasi anak muda milenial fix income yang ingin memiliki sebuah rumah idaman untuk masa depan.

4. KPR BJB Lelang

Bagi kalian para investor atau calon debitur yang ingin memiliki rumah idaman melalui Lelang baik dari bank BJB ataupun bank lain, kalian bisa menikmati pembiayaan KPR Lelang dengan cicilan rendah serta jangka waktu panjang untuk berbagai macam properti / properti usaha diantaranya Rumah Tapak, Rumah Toko, Toko, Kantor dan lainnya.

Suku Bunga Kredit Pemilikan Rumah Bank BJB

Suku Bunga Kredit Pemilikan Rumah Bank BJB

Adapun informasi suku bunga, Bank BJB memberikan besaran suku bunga yang cukup bersaing dengan jenis KPR bank lain seperti KPR BANK JATIM, maupun KPR bank BPD lainnya. Lebih jelasnya lihat penjelasan di bawah ini.

  • Suku bunga Fix 2 Tahun pertama, CAP Tahun ke-3 dan ke-4, selanjutnya Floating.
  • Suku bunga Fix 3 Tahun pertama, selanjutnya Floating.
  • Suku bunga Fix Rate 5% sepanjang jangka waktu (Khusus BJB KPR FLPP)

Persyaratan Pengajuan KPR Bank BJB

Persyaratan Pengajuan KPR Bank BJB

Persyaratan adalah salah satu hal paling penting dalam proses pengajuan pinjaman di bank. Nah untuk persyaratan pengajuan KPR bank BJB, ada beberapa syarat umum dan dokumen yang wajib diketahui, diantaranya adalah:

Syarat Umum

  • WNI dan bertempat tinggal di Indonesia.
  • Berusia 21 Tahun atau telah menikah.
  • Memiliki pekerjaan atau berpenghasilan tetap sebagai seorang pegawai tetap dan profesional (3 tahun)/wirausaha (2 tahun).
  • Memiliki NPWP Pribadi.

Syarat Dokumen

DokumenKaryawanWirausahaProfesional
Form Aplikasi Kredit
FC KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah/Cerai
Pas Foto Terbaru Pemohon & Pasangan
FC Slip Gaji Terakhir atau Surat Keterangan Penghasilan
FC Tabungan/Giro di BCA/Bank Lain minimal 3 (tiga) Bulan Terakhir
FC NPWP
FC Akta Pendirian Perusahaan Berikut Perubahannya, SIUP, TDP & SITU
FC Izin-izin Praktek
Pernyataan mengenai kredit pemilikan properti atau kredit beragunan properti yang sedang diajukan atau dimiliki
FC SHM/SHGB/ dan IMB

Cara Pengajuan KPR Bank BJB

Cara Pengajuan KPR Bank BJB

Prosedur pengajuan KPR bisa dilakukan melalui kantor cabang atau aplikasi SiKasep. Adapun langkah-langkah pengajuan KPR dapat kalian lihat di bawah:

  1. Pertama kunjungi kantor cabang Bank BJB setempat dengan membawa berkas dokumen persyaratan seperti diatas.
  2. Setibanya di lokasi, ambil nomor antrean CS dan tunggu nomor antrean dipanggil oleh petugas.
  3. Jika sudah dipanggil, temui petugas dan sampaikan bahwa kalian hendak mengajukan KPR.
  4. Petugas biasanya akan memberikan informasi terkait produk KPR tersebut, mulai dari bunga, fitur, tenor, plafon, uang muka dan lainnya.
  5. Jika dirasa sudah paham, kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan KPR.
  6. Isi formulir pengajuan dengan benar dan lengkap. Setelah itu serahkan formulir beserta persyaratan dokumen yang diperlukan.
  7. Petugas akan melakukan evaluasi dan verifikasi formulir serta persyaratan tersebut.
  8. Sampai disini, kalian dapat kembali ke rumah dan menunggu kabar dari pihak bank terkait persetujuan pengajuan KPR.

Selain bisa melakukan pengajuan melalui kantor cabang, KPR BJB juga bisa diajukan secara online melalui aplikasi SiKasep. Ada berapa fitur menarik dan cukup membantu kalian pada saat proses pengajuan. Hanya saja kami lebih merekomendasikan pengajuan langsung di kantor cabang, karena kalian bisa dengan gamblang mendapatkan penjelasan dari pihak bank.

Simulasi Angsuran KPR Bank BJB

Di bawah ini bisa kalian lihat simulasi angsuran yang harus dibayarkan jika kalian mengajukan KPR rumah tapak dengan harga Rp 25 juta, tenor angsuran 60 bulan dengan luas bangunan 22 m2 – 70 m2.

Simulasi Angsuran KPR Bank BJB

Tabel Angsuran KPR BPD BJB

Tabel Angsuran KPR BPD BJB

Kesimpulan

Menarik kesimpulan diatas, kami cukup merekomendasikan produk pembiayaan pemilikan rumah dari BPD BJB satu ini. Selain memiliki suku bunga rendah, pengajuan bisa dilakukan via online maupun offline di kantor cabang BJB setempat.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak mengenai syarat dan cara pengajuan KPR BPD BJB. Mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.