DANA Tidak Bisa Transfer ? Penyebab dan Cara Mengatasi

DANA Tidak Bisa Transfer – Aktivitas transfer mungkin menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan oleh kalangan masyarakat di setiap harinya. Saat ini, transfer juga bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi dompet digital seperti LinkAja, ShopeePay, DANA, Gopay, OVO dan lainnya. Membahas mengenai transfer, fitur transfer yang terdapat pada layanan dompet digital memang dikenal memiliki keuntungan, salah satunya adalah biaya admin yang cukup ringan dibandingkan dengan Mobile Banking.

Kemudahan transfer melalui aplikasi dompet digital seperti DANA dan lainnya juga menjadi faktor mengapa dompet digital banyak digunakan untuk saat ini. Bisa dikatakan layanan Mobile Banking sudah sedikit tergeser akan hadirnya dompet digital ini. Membahas mengenai fitur transfer dari dompet digital, belakangan ini ada beberapa keluhan yang dialami oleh pengguna DANA, dimana mereka tidak bisa melakukan transfer, baik ke sesama maupun ke bank lain.

Terkait akan permasalahan DANA tidak bisa transfer, di pertemuan kali ini idekredit.com akan memberikan informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi DANA tidak bisa transfer. Untuk penyebab, mungkin tidak berbeda jauh dengan pembahasan sebelumnya mengenai Gopay tidak bisa transfer. Dimana penyebab utama permasalahan ini adalah adanya perbaikan sistem pada aplikasi DANA.

Namun tidak menutup kemungkinan jika ada beberapa penyebab lain yang bisa menjadi pemicu permasalahan gagalnya transfer menggunakan aplikasi DANA. Baiklah daripada berlama-lama lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi serta tips agar transfer menggunakan aplikasi DANA bisa berhasil berikut ini.

DANA Tidak Bisa Transfer

Penyebab DANA Tidak Bisa Transfer

Penting diketahui bahwa ada beberapa penyebab yang bisa menjadikan aktivitas transfer menggunakan aplikasi DANA terhambat. Penyebab ini tentu harus kalian ketahui agar nantinya bisa dengan mudah menemukan solusi atas permasalahan ini. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak beberapa penyebab berikut ini.

1. Saldo Tidak Cukup

Penyebab pertama bisa berasal dari nominal saldo DANA yang tidak cukup. Ketika melakukan transfer, pengguna tentu harus memiliki saldo lebih dulu. Terkadang mereka tidak memperhatikan sisa saldo mereka, padahal saldo dimiliki tidak mencukupi atau bahkan kosong.

2. Transfer Kurang/Melebihi Limit

Kemudian penyebab kedua adalah transfer yang dilakukan kurang atau melebihi dari batas limit yang telah ditetapkan. Seperti kalian ketahui bahwa transfer melalui DANA tentu saja memiliki limit yang harus diikuti. Nah jika transfer melebihi atau kurang dari limit kirim saldo DANA, maka proses transfer akan gagal atau tidak bisa dilakukan.

3. Nomor Rekening Tujuan Salah

Lalu penyebab berikutnya karena pengguna salah ketika memasukkan nomor rekening tujuan transfer. Ini cukup berakibat fatal apabila transfer DANA masuk ke nomor rekening yang bukan menjadi tujuan, terlebih lagi jika nominal transfer cukup besar. Ini murni kesalahan pengguna, jadi pihak DANA kemungkinan tidak bisa membantu kesalahan kirim saldo ini.

4. Sistem Error

Penyebab keempat adalah karena adanya perbaikan sistem pada aplikasi DANA. Ketika perbaikan sistem dilakukan, selain aplikasi DANA tidak bisa dibuka kemungkinan lainnya juga fitur yang ada di dalamnya sudah pasti tidak akan bisa digunakan untuk sementara waktu. Maka dari itu kalian tidak akan bisa menggunakan DANA untuk transaksi transfer seperti biasanya.

5. Koneksi Internet Buruk

Dan terakhir bisa juga dikarenakan koneksi internet yang buruk. Koneksi internet menjadi hal penting ketika kalian menggunakan aplikasi DANA atau aplikasi lainnya. Mengingat saat ini setiap aplikasi hanya bisa berjalan ketika terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Namun sebaliknya, jika koneksi internet yang digunakan buruk, maka kemungkinan transaksi menggunakan DANA akan gagal.

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Transfer

Setelah kalian mengetahui beberapa penyebab diatas mengapa DANA tidak bisa transfer, baik ke sesama maupun ke nomor rekening bank lain. Selanjutnya kita akan menuju ke pembahasan berikutnya mengenai cara mengatasi DANA tidak bisa kirim saldo. Lebih jelasnya langsung saja kalian simak penjelasan di bawah ini.

1. Pastikan Nomor Tujuan Benar

Pertama kalian bisa memastikan lebih dulu bahwa nomor tujuan transfer sudah benar, baik nama dan juga nomornya. Jika nomor tujuan sudah benar, maka kalian bisa melakukan tahap berikutnya untuk menyelesaikan transfer. Biasanya transfer gagal juga dikarenakan nomor rekening salah atau kurang lengkap.

2. Gunakan Koneksi Internet Stabil

Solusi kedua adalah dengan memastikan kembali koneksi internet yang digunakan stabil. Internet merupakan hal penting, jadi kalian harus memperhatikan hal ini agar nantinya tidak terjadi kegagalan ketika melakukan transfer.

3. Pastikan Saldo Mencukupi

Berikutnya pastikan saldo mencukupi. Sebelum melakukan transfer alangkah baiknya jika kalian lebih dulu mengecek sisa saldo yang dimiliki. Cek saldo DANA juga bisa dilakukan dengan mudah, di halaman utama kalian bisa melihat berapa sisa saldo DANA kalian.

4. Transfer Sesuai Limit

Lakukan transfer sesuai dengan limit transfer. Untuk minimal kirim saldo DANA adalah sebesar Rp 10.000 dan maksimal adalah Rp 20.000.000. Poin ini harus kalian perhatikan agar nantinya proses kirim saldo DANA ke sesama dan ke bank lain bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa disimpulkan bahwa proses kirim saldo DANA gagal adalah karena adanya perbaikan sistem dan juga mungkin adanya kurang ketelitian penggunanya. Contoh, pengguna salah memasukkan nomor tujuan transfer atau nomor tujuan transfer tidak lengkap. Selain itu juga ada penyebab lain yang bisa kalian lihat diatas beserta dengan penjelasan mengenai solusi serta tips agar transfer DANA bisa berhasil.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi DANA tidak bisa transfer. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tags: , ,