14 Cara Ganti PIN DANA 2022 : Syarat & Tutorial Lengkap

Cara Ganti PIN DANA – Penggunaan aplikasi dompet digital seperti halnya DANA memang mewajibkan penggunanya memasukkan PIN terlebih dahulu agar bisa masuk ke aplikasi tersebut. Namun apa jadinya jika pengguna lupa PIN DANA mereka? Apakah ada solusi untuk bisa mengatasi masalah ini? Tentu saja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika pengguna lupa PIN DANA. Nah di pertemuan kali ini kami akan membahas secara detail mengenai syarat dan cara ganti PIN DANA.

Mungkin diantara kalian semua para pengguna DANA ada yang pernah mengalami masalah ini. Kebanyakan orang terkadang kerap lupa berapa PIN DANA yang mereka buat pada saat mendaftarkan akun DANA. Kesalahan ini memang murni human error, sehingga pihak DANA memberikan fitur lupa PIN di aplikasinya. Nah, untuk mengganti atau reset PIN DANA juga bisa dilakukan dengan cukup mudah. Namun ada beberapa syarat yang perlu diketahui disini agar nantinya proses ganti PIN bisa berjalan lancar.

Syarat terpenting agar bisa melakukan ganti PIN DANA adalah nomor HP terdaftar di aplikasi DANA harus masih aktif. Nantinya, nomor tersebut akan digunakan untuk mendapatkan kode OTP. Kode OTP juga merupakan akses penting untuk bisa mengatasi permasalahan lupa PIN DANA ini. Selain syarat tersebut, pastikan juga koneksi internet yang digunakan stabil agar nantinya proses ganti PIN tidak terhambat. Kami rasa tidak ada syarat lain yang diperlukan disini, jadi nantinya kalian bisa langsung segera melakukan reset PIN DANA melalui aplikasi DANA tersebut.

Cara ganti PIN DANA ini bisa dilakukan tergantung 2 hal, pertama adalah karena lupa PIN dan kedua karena PIN sudah diketahui oleh orang lain. Nah untuk yang kedua, ini bisa dilakukan dengan mudah setelah kalian sudah masuk ke dalam aplikasi DANA. Seperti apa tutorialnya, nanti akan kami sampaikan secara lengkap, baik karena lupa PIN ataupun karena PIN sudah diketahui oleh orang lain. Baiklah, daripada berlama-lama lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara ganti PIN DANA berikut ini.

Cara Ganti PIN DANA

Syarat Mengganti PIN DANA

Pada pembahasan awal, kita akan menjelaskan lebih dulu mengenai persyaratan yang diperlukan agar proses ganti PIN DANA bisa dilakukan. Sebenarnya sudah kami singgung sedikit diatas bahwasanya syarat utama agar bisa mengganti PIN DANA adalah dengan memastikan bahwa nomor HP terdaftar masih aktif. Ya, nomor ini akan berfungsi sebagai penerima kode OTP yang akan dikirimkan oleh pihak DANA. Kode ini nantinya digunakan untuk membuka akses pergantian PIN. Jika kode ini tidak didapatkan, maka proses ganti PIN akan terhambat. Selain itu pastikan kembali bahwa koneksi internet yang digunakan stabil.

Cara Ganti PIN DANA

Seperti sudah kami sampaikan diatas bahwa cara ganti PIN DANA ini bisa dilakukan tergantung dari masalah apa yang dihadapi, masalah lupa PIN atau masalah karena PIN sudah diketahui oleh orang lain. Adapun tutorial lengkapnya bisa kalian simak berikut ini.

1. Lupa PIN

Cara pertama adalah ketika kalian benar-benar lupa PIN DANA ketika akan login ke aplikasi. Disini mau tidak mau pengguna harus mengganti password tersebut. Langkah ganti PIN karena lupa bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Kalian bisa masuk ke aplikasi DANA terlebih dahulu. Nah di halaman awal, kalian tentu akan diminta untuk memasukkan PIN, disini kalian pilih Lupa PIN
  • Untuk melakukan verifikasi akun, kalian bisa mendapatkan 4 digit kode yang dikirimkan ke nomor HP terdaftar di aplikasi DANA.
  • Setelah itu, jika kalian sudah mengaktifkan pertanyaan keamanan, silahkan masukkan NIK atau bisa juga dengan menjawab 3 pertanyaan keamanan yang ada di aplikasi DANA.
  • Jika jawaban benar, kalian bisa memasukkan PIN baru kalian. Akan tetapi jika kalian salah menjawab pertanyaan 3 kali berturut-turut, kalian akan diarahkan untuk menghubungi CS DANA. Jika tidak mengaktifkan pertanyaan keamanan, langsung saja masukkan PIN Baru dan masukkan kembali PIN untuk konfirmasi ganti PIN. Selesai.
  • PIN DANA sudah berhasil di ganti dan kalian bisa login dengan menggunakan PIN tersebut.

2. Ganti PIN

Setelah mengetahui cara ganti PIN DANA karena lupa PIN, berikutnya kita akan memberikan tutorial lengkap cara ganti PIN DANA karena sudah diketahui oleh orang lain. Cara ini cukuplah mudah, lebih jelasnya simak di bawah ini.

  • Langkah pertama kalian bisa login ke aplikasi DANA terlebih dahulu.
  • Di halaman utama kalian bisa pilih menu Saya di bagian pojok kanan bawah.
  • Setelah itu pilih menu Pengaturan dan pilih Ganti PIN.
  • Kalian akan mendapatkan kode OTP yang diterima lewat SMS. Masukkan kode OTP ke kolom yang tersedia dengan benar dan lengkap.
  • Setelah itu kalian bisa memasukkan 6 digit PIN baru dan masukkan kembali 6 digit PIN baru untuk konfirmasi.
  • Selesai, ganti PIN DANA sudah berhasil.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait syarat dan cara ganti PIN DANA, disini bisa disimpulkan bahwasanya PIN DANA bisa diganti tergantung dari masalah apa yang dialami, apakah karena lupa PIN atau karena PIN DANA kalian sudah diketahui oleh orang lain. Prosesnya juga cukup berbeda disini, namun tetap sama-sama mudah. Kalian yang mungkin belum mengetahuinya, kalian bisa melihat tutorial diatas. Jika kalian pengguna LinkAja yang mengalami kasus serupa, kami juga sudah memberikan informasi terkait cara reset PIN LinkAja yang bisa kalian simak di postingan sebelumnya.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai syarat dan cara ganti PIN DANA. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tags: , , ,