DANA Tidak Bisa Login ? Ini 12 Penyebab & Cara Mengatasi

DANA Tidak Bisa Login – Transaksi secara online menggunakan smartphone saat ini menjadi salah satu hal yang lebih banyak dipilih oleh masyarakat. Seperti kita tahu bahwa hadirnya aplikasi dompet digital memang membawa dampak yang besar pada kemudahan transaksi secara online. Banyak sekali jenis layanan dompet digital yang bisa digunakan seperti halnya LinkAja, OVO, DANA, SPay dan lain sebagainya.

Biasanya pengguna melakukan transaksi seperti transfer dana, pembayaran, pembelian dan lain sebagainya. Untuk bisa menggunakan layanan dompet digital, tentunya pengguna harus login terlebih dahulu ke aplikasi tersebut. Nah namun belakangan ini banyak pengguna DANA yang mengeluh karena mereka tidak bisa login ke aplikasi DANA ketika ingin melakukan transaksi. Mereka tentu bertanya-tanya mengenai apa yang menjadi penyebabnya.

Membahas mengenai DANA tidak bisa login, di pertemuan kali ini kami akan mengupas secara detail mengenai apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi agar layanan DANA bisa dibuka kembali. Pertama disini kami akan menyinggung sedikit mengenai penyebab mengapa DANA tidak bisa dibuka, salah satunya adalah perbaikan sistem pada aplikasi DANA. Ketika perbaikan sistem dilakukan, aplikasi biasanya tidak akan bisa digunakan untuk sementara waktu.

Bukan hanya itu saja, walaupun aplikasi bisa dibuka biasanya layanan atau menu yang ada di dalamnya tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Solusi terkait masalah ini juga bisa dikatakan tidak ada, karena kalian hanya perlu menunggu sampai perbaikan sistem telah selesai. Namun untuk penyebab lainnya nanti akan kami informasikan seperti apa saja solusinya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkapnya yang telah kami siapkan mengenai penyebab dan cara mengatasi DANA tidak bisa login berikut ini.

DANA Tidak Bisa Login

Penyebab DANA Tidak Bisa Login

Pertama kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai penyebab mengapa aplikasi DANA tidak bisa login. Selain dikarenakan adanya perbaikan, di bawah ini bisa kalian lihat beberapa penyebab lain yang memungkinkan terjadi ketika tidak bisa login ke aplikasi DANA.

1. Perbaikan Sistem

Penyebab pertama seperti sudah kami singgung diatas adalah karena adanya perbaikan sistem pada aplikasi DANA. Perbaikan sistem terkadang dilakukan agar bug atau masalah yang kerap terjadi di layanan DANA bisa teratasi. Namun perlu diketahui ketika perbaikan sistem berlangsung, biasanya aplikasi tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

2. Koneksi Internet Buruk

Penyebab berikutnya adalah karena koneksi yang digunakan buruk. Koneksi internet menjadi hal paling penting untuk saat ini, mengingat hampir semua aplikasi keuangan seperti dompet digital hanya bisa digunakan ketika terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Jika internet buruk kemungkinan kalian akan kesulitan untuk masuk ke aplikasi DANA.

3. Cache Aplikasi Menumpuk

Berikutnya adalah karena banyaknya cache yang menumpuk di aplikasi DANA. Cache menumpuk memang terkadang menjadi masalah di aplikasi DANA, bukan hanya login yang sulit, terkadang juga bisa menjadikan transfer DANA gagal. Maka dari itu kalian harus jeli melihat penyebab, khususnya poin yang satu ini.

4. Akun DANA Diblokir

Lalu untuk penyebabnya selanjutnya bisa dikarenakan akun DANA kalian telah diblokir oleh pihak DANA. Ketika akun DANA dibekukan, maka pengguna tidak bisa menggunakan DANA untuk bertransaksi, bahkan untuk login pun tidak bisa dilakukan.

5. Lupa Password

Dan penyebab terakhir yang mungkin terjadi adalah karena pengguna lupa password login aplikasi DANA mereka. Ini merupakan masalah yang umum terjadi, jadi solusi permasalahan ini hanya satu, yaitu dengan meminta pengajuan ganti kata sandi baru.

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login

Jika semua pembahasan penyebab diatas sudah kalian pahami, maka selanjutnya kita akan menuju ke pembahasan mengenai cara mengatasi aplikasi DANA tidak bisa login. Ada beberapa solusi yang bisa kalian simak berikut ini yang tentunya tergantung dari penyebab yang ada.

1. Tunggu Perbaikan Sistem Selesai

Solusi pertama adalah ketika perbaikan sistem terjadi, maka kalian hanya perlu menunggu sampai perbaikan sistem selesai. Biasanya perbaikan sistem akan berlangsung hanya kurang dari 2-3 jam saja. Kalian bisa mencoba login secara berkala sampai kalian bisa masuk kembali ke aplikasi DANA.

2. Gunakan Koneksi Internet Stabil

Solusi selanjutnya coba kalian menggunakan koneksi internet yang lebih stabil. Apabila kalian menggunakan koneksi internet dari paket data, coba ubah ke koneksi internet Wifi atau sebaliknya.

3. Hapus Cache Aplikasi

Berikutnya coba hapus cache aplikasi DANA yang ada di smartphone kalian. Untuk menghapus cache ini bisa dilakukan dengan mudah. Lebih jelasnya simak tutorial di bawah ini.

Android

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Apl / Aplikasi.
  • Lalu pilih Kelola Aplikasi.
  • Jika sudah cari aplikasi DANA.
  • Langkah akhir silakan klik Hapus Data – Bersihkan Cache.

iPhone

  • Langkah awal buka menu Settings – General – iPhone Storage.
  • Setelah itu pilih aplikasi DANA dan aplikasi lain kiranya banyak memakan ruang penyimpanan.
  • Kemudian di layar akan muncul pop-up, silakan klik Offload App untuk mulai hapus aplikasi.
  • Silakan Anda unduh aplikasi DANA kembali.
  • Meskipun aplikasi dihapus semua data dan dokumen di aplikasi DANA tetap tersimpan aman dan bisa digunakan kembali.

4. Hubungi Call Center DANA

Kemudian untuk solusi terakhir kalian bisa meminta bantuan ke pihak DANA dengan cara menghubungi CS DANA melalui beberapa layanan berikut ini.

  • Customer Care : 1500 445
  • Email : help@dana.id
  • WhatsApp : 08191 1500 445

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa disimpulkan bahwa ada beberapa penyebab mengapa layanan DANA tidak bisa login. Salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah karena pengguna lupa password dan juga adanya perbaikan sistem. Penyebab lain yang kami sampaikan diatas bisa dikatakan cukup jarang terjadi.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi DANA tidak bisa login. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tags: , ,