Apa Itu Refund Gopay Paylater : Penjelasan & Cara Pengajuan Klaim

Apa Itu Refund Gopay Paylater – Gopay dan Gopay Paylater saat ini menjadi layanan unggulan milik Gojek yang tentunya akan sangat memudahkan pengguna ketika melakukan transaksi, baik di aplikasi maupun secara offline di semua merchant rekanan Gojek. Membahas mengenai keduanya, disini mungkin kami akan memberikan informasi lebih jelas terkait Gopay Paylater. Seperti kita ketahui bahwasanya GoPaylater merupakan layanan beli sekarang bayar nanti yang disediakan oleh Gojek. Layanan GoPayLater juga bisa digunakan baik di ekosistem aplikasi Gojek maupun Tokopedia. Ketika pengguna memilih menggunakan Gopay Paylater sebagai metode pembayaran transaksi bayar nanti, tentu akan lebih ringan, terlebih ketika tanggal gajian masih lama.

Gojek dengan adanya fitur-fitur pembayaran tersebut tentunya telah melengkapinya dengan sistem keamanan terbaik. Agar nantinya pengguna bisa menggunakan GoPaylater dengan aman tanpa perasaan khawatir atau apapun. Namun, perlu diketahui bahwa ada juga beberapa masalah-masalah yang dialami oleh para penggunanya. Seperti halnya saldo Gopay atau Gopay Paylater yang hilang. Biasanya hal ini terjadi karena HP pengguna hilang dan juga adanya aktivitas mencurigakan di akun pengguna yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kehilangan saldo Gopay Paylater tentunya akan sangat merugikan pengguna, terlebih jika ia benar-benar tidak menggunakannya.

Maka dari itu pihak Gojek sendiri akhirnya menyediakan program refund Gopay Paylater atau jaminan saldo kembali jika pengguna merasa kehilangan saldo maupun limit GoPaylater tersebut. Membahas mengenai hal ini, idekredit.com akan memberikan informasi secara detail terkait apa itu Refund Gopay Paylater. Nah selain membahas mengenai apa itu Refund Gopay Paylater, kami juga akan memberikan informasi penting lainnya seperti syarat dan juga bagaimana prosedur pengajuan klaim pengembalian saldo Gopay Paylater tersebut. Pada umumnya limit atau saldo Paylater hilang memang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Untuk melindungi pengguna, maka Gojek akhirnya menghadirkan program refund saldo tersebut.

Baca  √ Kredit Mikro Dini Bank Jateng 2022 : Persyaratan, Fitur & Pengajuan

Maka dari itu perlu kalian pahami baik-baik bahwa ketika ada kode OTP masuk ke nomor HP terdaftar di aplikasi Gojek, jangan sekali-kali memberikan kode tersebut kepada siapa pun. Karena jika iya, maka besar kemungkinan akun kalian akan dibobol dan bisa saja saldo paylater atau Gopay akan hilang. Untuk mengatasi hal seperti itu, kalian tentu bisa melakukan klaim pengembalian saldo kepada pihak Gojek dengan memberikan informasi detail terkait masalah tersebut. Baiklah daripada penasaran mengenai pembahasan utama kali ini, langsung saja kita simak penjelasan lengkap mengenai apa itu Refund Gopay Paylater yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Apa Itu Refund Gopay Paylater

Apa Itu Refund Gopay Paylater?

Langsung masuk ke poin pembahasan utama, Refund Gopay Paylater adalah salah satu program dari pihak Gojek yang merupakan langkah aman untuk memberikan keamanan kepada pengguna Gopay maupun Gopay Paylater yang kehilangan saldo mereka dikarenakan adanya aktivitas tidak wajar di luar kendali pengguna. Dengan adanya program ini, pihak Gojek akan memberikan pengembalian atau refund saldo 100% penuh atau sesuai saldo yang telah hilang sebelumnya. Mereka yang bisa mengajukan refund Gopay Paylater juga harus sudah memiliki akun Gopay Plus.

Jenis Masalah Kehilangan Limit yang Bisa di Klaim

Setelah mengetahui informasi apa itu Refund Gopay Paylater diatas. Berikutnya kami akan memberikan informasi terkait jenis masalah kehilangan saldo Gopay Paylater yang bisa diklaim. Perlu diketahui untuk bisa mendapatkan perlindungan ekstra, kalian bisa mengajukan klaim refund apabila adanya kehilangan saldo di luar kendali, seperti sebagai berikut.

1. Brute Force

Pengambilalihan akun GoPay secara paksa dan kalian mendapati saldo GoPay/limit GoPayLater tidak sesuai di saat tidak melakukan transaksi.

2. Phone loss

Akun digunakan secara tidak bertanggungjawab akibat kehilangan perangkat seluler yang masih terhubung dengan akun Gojek dan menyebabkan adanya kerugian pada saldo GoPay/ limit GoPayLater.

3. Driver Tidak Menjalankan Pesanan

Status pesanan terselesaikan namun pesanan tidak diantar atau pelanggan tidak dijemput oleh Driver yang mengakibatkan adanya kerugian material berupa saldo yang terpotong.

Syarat Pengajuan Klaim Refund Limit Gopay Paylater

Berikutnya adalah mengenai syarat pengajuan klaim refund. Ada beberapa syarat diperlukan disini agar kalian bisa mengajukan refund limit Gopay Paylater yang hilang. Adapun syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca  5 Cara Bayar Home Credit di Bank Permata Terlengkap 2022

Syarat Umum

  • Pengguna telah melakukan upgrade akun GoPay ke GoPay Plus sebelum kasus terjadi
  • Pengguna sudah memasang PIN GoPay sebelum kasus terjadi
  • Pengajuan klaim bisa segera dilakukan paling lambat 60 hari setelah kasus terjadi

Syarat Data

Alasan KehilanganData DibutuhkanJangka Waktu Pengajuan RefundJangka Waktu Pengiriman Dokumen
Perangkat Seluler*Tipe saldo hilang (Gopay & GoPaylater)
*Nominal saldo hilang
*Tanggal dan waktu kehilangan ponsel
*Nomor yang digunakan di HP tersebut
*Nomor HP digunakan di aplikasi Gojek sekarang (bisa sama dengan nomor HP yang hilang)
*Nama sesuai KTP
*Tempat tanggal lahir sesuai KTP
60 Hari7 Hari
Brute Force*Tipe saldo hilang (Gopay & GoPaylater)
*Nominal saldo hilang
*Nama sesuai KTP
*Tempat tanggal lahir sesuai KTP
60 Hari7 Hari

Penting diketahui juga bahwa klaim refund tidak akan berlaku apabila ada beberapa poin-poin di bawah ini.

  • Dokumen tidak lengkap atau bukti yang dilampirkan tidak sesuai persyaratan.
  • Kehilangan saldo dikarenakan kelalaian konsumen atas keamanan akun Gojek/GoPay atau kasus penipuan (termasuk namun tidak terbatas pada penyalahgunaan akun yang disebabkan pemberian kode OTP kepada pihak ketiga manapun dan/atau melakukan pembayaran di luar aplikasi Gojek) dan/atau korban phishing.
  • Pengguna terindikasi dengan aktivitas mencurigakan termasuk fraudulent behaviour/abusive behaviour/scam/order fiktif.

Cara Pengajuan Klaim Pengembalian Limit Gopay Paylater

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai apa itu Refund Gopay Paylater, syarat pengajuan klaim dan lain sebagainya. Berikutnya langsung saja simak tutorial cara klaim pengembalian limit Gopay Paylater di bawah ini.

1. Buka Aplikasi Gojek

Langkah pertama masuk ke aplikasi Gojek. Kemudian pada halaman utama aplikasi Gojek, klik Eksplor atau Explore.

Buka Aplikasi Gojek

2. Tap Menu Plus

Setelah masuk ke halaman Eksplor, disini kalian bisa langsung klik menu Plus.

Tap Menu Plus

3. Pilih Jaminan Saldo Kembali

Nantinya akan muncul menu Jaminan Saldo Kembali. Nah, pilih menu Jaminan Saldo Kembali atau Money Back Guarantee.

Pilih Jaminan Saldo Kembali

4. Ajukan Klaim/Refund

Selanjutnya klik tombol Ajukan Klaim atau Claim Refund.

Ajukan Klaim Refund

5. Isi Formulir

Berikutnya isi formulir dengan lengkap untuk mempercepat proses investigasi.

Isi Formulir

6. Cek Perkembangan Proses Klaim

Cek perkembangan proses klaim melalui My Tickets di halaman utama aplikasi Gojek. Klik di sini untuk baca lebih lengkap soal My Tickets.

Cek Perkembangan Proses Klaim

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai apa itu Refund Gopay Paylater. Disini kami sampaikan bahwasanya untuk pengajuan refund saldo atau limit paylater Gojek yang hilang tentunya membutuhkan syarat-syarat. Syarat tersebut juga harus sesuai dengan ketentuan pihak Gojek. Kemudian proses klaim membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari kerja. Kalian bisa selalu mengecek perkembangan pengajuan melalui aplikasi Gojek seperti diatas.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai apa itu Refund Gopay Paylater. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.