Apa Itu GoPaylater ? Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu GoPaylater – Gojek menjadi salah satu layanan transportasi online yang sampai saat ini masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat perusahaan satu ini memang dikenal selalu melakukan inovasi dengan menghadirkan beberapa layanan serta fitur menarik di dalam aplikasi Gojek. Salah satu layanan yang cukup populer saat ini adalah Gojek Paylater atau juga dikenal dengan GoPaylater. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali aplikasi paylater yang hadir untuk memudahkan penggunanya melalukan pembelian dengan cara cicilan tanpa kartu kredit, seperti halnya GoPaylater.

Membahas mengenai GoPaylater, di pertemuan kali ini idekredit.com akan memberikan informasi lengkap terkait apa itu GoPaylater, fitur, kelebihan dan juga kekurangannya. Layanan paylater sendiri memang banyak dihadirkan, bukan hanya di aplikasi Gojek saja, berbagai marketplace juga menghadirkan layanan tersebut, sebut saja seperti Shopee Paylater, Bukalapak Paylater, Blibli Paylater, dan masih ada beberapa lagi yang lainnya. Nah biasanya marketplace yang menyediakan layanan paylater tersebut juga menjalin kerja sama dengan aplikasi paylater seperti Akulaku, Indodana Paylater, Kredivo dan lainnya. Untuk GoPaylater sendiri juga menjalin kerja sama dengan Findaya.

Lalu apa itu Findaya? Findaya adalah layanan finansial berbasis teknologi dengan misi sosial yang bertujuan untuk mendorong inklusi keuangan dan ekonomi digital di Indonesia, mulai dari berbagai fitur finansial untuk pengguna Gojek, hingga pinjaman pendidikan untuk Ketua Arisan Mapan. Kembali lagi ke pembahasan utama mengenai apa itu GoPaylater. Penting diketahui bahwa GoPaylater juga bisa menjadi opsi metode pembayaran ketika melakukan transaksi di semua layanan Gojek dan juga merchant rekanan Gojek seperti Tokopedia dan lainnya. Kalian bisa menggunakannya agar bisa membayar layanan dengan cara bayar nanti atau tempo 30 hari.

Sayangnya GoPaylater ini belum memiliki metode cicilan tidak seperti halnya Shopee Paylater, Kredivo maupun Akulaku. Ini mungkin menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh layanan Paylater dari Gojek satu ini. Namun, hal ini juga membuktikan bahwa embel-embel paylater Gojek ini memang mengharuskan pengguna melakukan pembayaran dengan cara bayar nanti atau tempo 30 hari. Baiklah daripada penasaran mengenai pembahasan apa itu GoPaylater, di bawah ini telah kami siapkan informasi lengkap yang bisa kalian simak mengenai Apa Itu GoPaylater ? Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan berikut.

Apa Itu GoPaylater

Apa Itu GoPaylater?

Disini kami akan langsung menuju ke topik pembahasan utama, yakni terkait apa itu GoPaylater. GoPaylater adalah alternatif metode pembayaran pascabayar (postpaid) yang bisa dinikmati oleh para pelanggan terpilih. Nantinya pengguna dapat menggunakan GoPaylater untuk melakukan pembayaran ketika memesan layanan tertentu di aplikasi Gojek atau melakukan transaksi di Merchant GoPay dan membayar tagihannya paling lambat di akhir bulan.

Baca  √ Home Credit Bayar Nanti : Limit, Bunga & Keunggulan

Seperti sudah kami jelaskan diatas bahwa layanan ini juga hasil dari wujud kerja sama antara pihak Gojek dengan Findaya atau PT. Mapan Global Reksa (MGR). Nah dengan adanya layanan ini, nantinya para pengguna akan mendapatkan kemudahan pembayaran secara tempo 30 hari. Layanan ini juga telah sepenuhnya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka pengguna tidak perlu khawatir karena data pribadi tidak akan disebarluaskan tanpa seizin pengguna.

Fitur Utama GoPaylater

Penting diketahui bahwa di pembahasan terkait apa itu GoPaylater, disini kami akan menjelaskan beberapa fitur utama yang ada di dalam layanan ini. Fitur tersebut diantaranya adalah limit GoPaylater dan juga metode pembayaran secara tempo atau bayar nanti. Adapun penjelasan lengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

1. Limit GoPaylater

Fitur pertama adalah limit kredit. Limit GoPaylater adalah besaran pinjaman yang diberikan kepada setiap pengguna di awal bulan. Besaran limit tersebut juga akan dilihat dengan mengacu pada penggunaan layanan Gopay, GoPaylater maupun riwayat keuangan dalam aplikasi. Dapat dipastikan juga setiap pengguna akan mendapatkan limit kredit yang berbeda-beda. Akan tetapi GoPaylater tidak menyediakan fitur untuk menaikkan limit Paylater tersebut, tidak seperti Akulaku yang menyediakan fitur cara menaikkan limit kredit Akulaku. Jadi disini bisa disimpulkan bahwa kenaikan limit kredit ini akan diberikan langsung oleh pihak Gojek dengan melihat riwayat transaksi pengguna.

2. Beli Sekarang Bayar Nanti

Kemudian untuk fitur kedua adalah bayar nanti. Sesuai dengan namanya GoPaylater, disini kalian memungkinkan untuk melakukan pembayaran setiap layanan di aplikasi Gojek maupun merchant rekanan Gojek dengan metode bayar nanti. Sayangnya GoPaylater belum memiliki metode pembayaran secara cicilan layaknya Shopee Paylater maupun Kredivo. Mungkin kedepannya Gojek akan menghadirkan metode tersebut agar pengguna semakin nyaman menggunakan layanan ini.

Syarat Ketentuan Penggunaan GoPaylater

Penting diketahui bahwa tidak semua pengguna aplikasi Gojek dapat menggunakan layanan ini. Karena GoPaylater hanya diberikan kepada pengguna terpilih saja. Meskipun demikian, ada beberapa syarat untuk bisa menikmati layanan paylater dari Gojek ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia,
  • Berusia minimal 21 tahun, dan
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah

Informasi Biaya, Bunga & Denda

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai apa itu GoPaylater, fitur dan juga syarat ketentuannya. Disini kalian bisa mengetahui informasi biaya, bunga, denda dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak informasinya berikut ini.

Baca  √ KPR Take Over Mandiri 2021 : Syarat, Bunga & Keuntungan

1. Bunga

Informasi pertama adalah mengenai bunga. GoPaylater membebankan bunga mulai dari 2,5% sampai maksimal 5%.

2. Limit Kredit

Kemudian untuk soal limit kredit, pengguna nantinya bisa mendapatkan limit transaksi dalam satu bulan mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 1.000.000.

3. Besaran Denda

Nah untuk besaran denda, pengguna yang melakukan telat bayar tagihan akan dikenai denda sebesar Rp 2.000 per hari. Dimana untuk jatuh tempo pembayaran tagihan adalah akhir bulan dengan masa perpanjangan hingga tanggal 5 di setiap bulannya. Apabil sampai tanggal 6 tidak membayar, maka pengguna akan diwajibkan membayar biaya tagihan ditambah dengan denda.

4. Biaya Layanan

Lalu terakhir ada informasi biaya layanan. Biaya layanan yang dibebankan mulai dari Rp 7500 sampai Rp 49.000 per bulan sesuai besaran limit pinjaman. Sebagai contoh:

  • Pemakaian limit di bawah Rp 500.000, biaya layanannya sebesar Rp 12.500.
  • Pemakaian limit di atas Rp 500.000 hingga Rp 1 juta, biaya layanannya sebesar Rp 25.000.

Biaya tersebut akan dibebankan pada saat pengguna menggunakan limit GoPaylater atau ketika berlangganan fitur ini.

Kelebihan & Kekurangan GoPaylater

Nah di sesi pembahasan terakhir kami akan memberikan informasi terkait apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh layanan paylater milik Gojek satu ini. Lebih jelasnya langsung saja simak berikut ini.

Kelebihan

  • Pembelian dengan cara bayar nanti
  • Interface mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru sekalipun
  • Informasi jumlah tagihan yang transparan
  • Bisa digunakan sebagai alat pembayaran semua layanan di aplikasi Gojek dan merchant rekanan Gojek
  • Fitur sama persis dengan saldo

Kekurangan

  • Hanya untuk para pengguna terpilih saja
  • Proses pengajuan memiliki waktu yang cukup lama
  • Terdapat biaya layanan bulanan
  • Risiko suspend apabila pengguna telah melakukan pembayaran tagihan

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai apa itu GoPaylater. Disini bisa kami simpulkan bahwa layanan paylater milik Gojek ini memang sangat memudahkan pengguna ketika melakukan pembayaran, terlebih ketika tanggal gajian masih lama. Metode bayar nanti dengan tempo 30 hari bisa menjadi solusi bagi kalian para pegawai, mahasiswa dan ibu rumah tangga. Sayangnya, layanan ini memang hanya diberikan kepada pengguna terpilih saja, ini menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh GoPaylater.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai apa itu GoPaylater. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.