8 Perbedaan Kartu Kredit dan ATM Debit, Bagus Mana ?

Perbedaan Kartu Kredit dan ATM – Di Dunia perbankan terdapat berbagai macam jenis kartu yang beredar di masyarakat. Dimana fungsi ke masing-masing kartu yang dikeluarkan oleh setiap bank di seluruh Dunia memiliki fungsi yang sama yaitu untuk bertransaksi. Yang membedakan hanya dari segi fitur dan layanan yang diberikan oleh kartu tersebut.

Kartu yang dikeluarkan oleh bank dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah kartu kredit dan kartu ATM. Kartu ATM ini sebenarnya memiliki nama lain yaitu kartu debit. Buat anda yang masih minim soal pengetahuan kartu debit dan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank di Indonesia. Maka informasi yang kami beritahukan disini sangat cocok untuk anda baca.

Perbedaan kartu kredit dan ATM ini memang wajib untuk anda ketahui sebelum anda memilih antara kartu kredit ataupun ATM. Dengan mengetahui perbedaannya maka anda bisa menentukan kartu mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai anda salah memilih kartu atm ataupun kartu kredit karena nantinya akan berakibat fatal.

Ditambah lagi kartu ATM dan kartu kredit ini memiliki data-data yang sensitif serta jangan sampai diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu anda harus tahu perbedaan kartu kredit dan kartu ATM debit yang dikeluarkan oleh setiap bank di Indonesia. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan kartu kredit dengan kartu ATM ini silahkan anda simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Kartu Kredit dan ATM Debit Semua Bank

Perbedaan Kartu Kredit dan ATM Debit Semua Bank

Perbedaan Kartu Kredit dan ATM Debit Semua Bank

Disini kami akan memberitahukan semua perihal perbedaan antara kedua kartu ini. Yang tujuannya anda sudah paham mengenai kartu kredit dengan kartu ATM. Sehingga anda harus simak baik-baik informasi yang kami sampaikan di artikel ini.

Pengertian Kartu ATM dan Kredit

Pengertian Kartu ATM dan Kredit

Kartu ATM atau kartu debit ini merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank yang digunakan untuk transaksi tarik tunai, setor tunai, pembayaran, dan transfer. Kartu ATM bisa digunakan dengan mesin ATM yang terbesar di semua wilayah di Indonesia. Selain itu anda juga bisa menggunakan kartu ATM untuk berbelanja di merchant yang bekerjasama dengan bank lewat mesin EDC.

Kartu Kredit sendiri adalah kartu yang bentuknya mirip dengan kartu ATM atau debit dan fungsinya sama bisa untuk tarik tunai dan berbelanja. Namun untuk kartu kredit disarankan tidak digunakan untuk tarik tunai karena anda akan dikenai bunga tinggi. Sedangkan kartu ATM atau debit tidak mengenai bunga.

Cara Mendapatkan Kartu ATM dan Kredit

Cara Mendapatkan Kartu ATM dan Kredit

Untuk kartu ATM anda bisa mendapatkan dengan mudah yang penting anda sudah menjadi nasabah di bank. Apalagi sekarang setiap bank di Indonesia pasti mengeluarkan ATM kepada nasabahnya. Sedangkan untuk mendapatkan kartu kredit, anda harus memenuhi syarat yang dikeluarkan oleh pihak bank. Syarat setiap bank di Indonesia dalam mengeluarkan kartu kredit berbeda-beda. Proses mendapatkan kartu kredit juga lebih lama ketimbang kartu ATM.

Sistem Transaksi Kartu ATM dan Kredit

Sistem Transaksi Kartu ATM dan Kredit

Sistem kartu ATM sendiri menggunakan sistem saldo, jika saldo di ATM anda masih ada dan diatas limit maka anda masih bisa bertransaksi dengan kartu ATM tersebut. Sedangkan jika kartu kredit sistemnya menggunakan sistem hutang. Jadi anda tidak perlu mengisi saldo kartu kredit namun nantinya anda harus membayar hutang kartu kredit pada awal bulan.

Biasanya kartu kredit ini digunakan oleh para penggunanya untuk berbelanja online dengan menggunakan sistem cicilan bunga 0 persen. Yang kami tahu saat ini sudah semua marketplace menawarkan sistem cicilan bunga 0 persen menggunakan kartu kredit seperti Shopee, Tokopedia ataupun Bukalapak.

Biaya Kartu ATM dan Kredit

Biaya Kartu ATM dan Kredit

Jika kartu ATM memiliki biaya administrasi yang tidak terlalu tinggi dan banyak. Karena anda hanya akan dibebankan biaya bulanan saja yang sekitar Rp 10 ribu saja. Sedangkan untuk biaya kartu kredit terbilang banyak dan tinggi dari biaya bunga jika sistem cicilan yang diambil memiliki bunga, biaya bulanan, biaya tahunan dan biaya cicilan minimum.

Kelebihan Kartu ATM dan Kredit

Kelebihan Kartu ATM dan Kredit

Kelebihan kartu ATM adalah biaya yang anda keluarkan tidak terlalu besar. Selain itu anda tidak akan dibebani hutang yang jika anda tidak bisa mengendalikan nafsu anda untuk membeli barang maka akan sangat bahaya. Jadi kartu ATM ini kelebihannya lebih hemat dan tidak membebani anda setiap bulan atau tahun.

Sedangkan untuk kelebihan kartu kredit, anda bisa berbelanja di Tokopedia ataupun Online Shopping lainnya dengan bunga 0 persen. Anda bisa memiliki barang impian dengan cepat tanpa proses yang lama.

Kekurangan Kartu ATM dan Kredit

Kekurangan Kartu ATM dan Kredit

Kartu ATM atau kartu debit ini memiliki kekurangan yaitu anda tidak bisa menggunakan kartu ATM untuk sistem cicilan 0 persen. Sedangkan kekurangan kartu kredit adalah anda akan beresiko terjebak dengan bunga dan hutang tinggi setiap bulannya jika anda tidak bisa mengkontrol nafsu anda untuk membeli barang.

Gambar Kartu ATM Debit

Gambar Kartu ATM Debit

Gambar Kartu Kredit

Gambar Kartu Kredit

Itulah perbedaan kartu kredit dan ATM yang wajib anda tahu. Jika anda berkeinginan untuk kredit barang di tanpa kartu kredit di Online Shopping, maka anda bisa melakukan cara kredit di Shopintar. Semoga informasi yang kami beritahukan ini bermanfaat dan anda sudah bisa menentukan mau pilih kartu kredit ataupun kartu ATM.