√ Kredit UMKM Bank Banten 2021 : Jenis, Syarat & Suku Bunga

Kredit UMKM Bank Banten – Di tengah pandemi seperti sekarang ini, para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pastinya sangat membutuhkan dana segar untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Maka dari itu, banyak yang lebih memilih untuk mengajukan pinjaman atau kredit UMKM.

Hampir setiap bank menghadirkan produk pinjaman yang satu ini, mulai dari bank Sinarmas, bank BRI dan juga Bank Banten. Nah pada pembahasan kali ini, idekredit.com akan memberikan informasi lengkap mengenai Kredit UMKM Bank Banten mulai dari syarat, jenis, suku bunga dan lain sebagainya.

Perlu diketahui juga bahwa kredit UMKM dari Bank Banten ini memiliki 3 jenis, yakni Kredit Bangun Tunas, Kredit Bangun Mandiri dan Kredit Bangun Sejahtera. Masing-masing jenis tersebut juga memiliki besaran plafond kredit yang berbeda-beda. Lalu untuk tujuan, kredit ini dapat digunakan untuk keperluan modal kerja dan ivestasi.

Bisa dikatakan juga bahwa Kredit UMKM ini hampir sama dengan KUR BRI, Mandiri, maupun produk KUR bank lainnya. Hanya saja, suku bunga pinjaman jenis ini berbeda dengan KUR. Baiklah, daripada penasaran mengenai informasi detail kredit UMKM bank Banten, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Kredit UMKM Bank Banten

Jenis Kredit UMKM Bank Banten

Seperti sudah kita singgung diatas bahwa produk pinjaman yang satu ini memiliki 3 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kredit Bangun Tunas

Kredit Bangun Tunas ini ditujukan bagi para nasabah perorangan dan badan usaha dengan plafond kredit mulai dari Rp 5 juta sampai maksimal Rp 100 juta.

Kredit Bangun Mandiri

Kredit Bangun Tunas ini ditujukan bagi para nasabah perorangan dan badan usaha dengan plafond kredit mulai dari Rp 100 juta sampai maksimal Rp 250 juta.

Kredit Bangun Sejahtera

Kredit Bangun Tunas ini ditujukan bagi para nasabah perorangan dan badan usaha dengan plafond kredit mulai dari Rp 250 juta sampai maksimal Rp 500 juta.

Tenor Angsuran Kredit UMKM

Tenor Angsuran Kredit UMKM

Lalu untuk mengenai tenor angsuran kredit, kredit UMKM dari bank Banten ini memiliki tenor angsuran yang berbeda, baik untuk kredit modal kerja dan kredit investasi. Lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Tenor Angsuran Kredit Modal KerjaTenor Angsuran Kredit Investasi
6 bulan sampai 36 bulan6 bulan sampai 60 bulan

Suku Bunga Kredit UMKM

Dan berbicara mengenai suku bunga, menurut informasi yang idekredit dapatkan melalui situs resmi Bank Banten. Khusus untuk kredit UMKM, Bank Banten mematok suku bunga sebesar 10,75%. Suku bunga tersebut pastinya lebih besar dibandingkan dengan KUR yang saat ini menjadi produk pinjaman paling banyak diminati oleh para pelaku UMKM.

Persyaratan Kredit UMKM Bank Banten

Persyaratan Kredit UMKM

Sampai di pembahasan berikutnya mengenai persyaratan. Ada beberapa persyaratan yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit UMKM ini. Di bawah kami telah menyiapkan informasi lengkap terkait syarat umum serta syarat dokumen yang dapat kalian simak berikut.

Syarat Umum

  • Perorangan dan Badan Usaha.
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 2 tahun.
  • Jaminan berupa SHM/SHMRS/SHGB/BPKB/Deposito
  • Mengisi formulir pengajuan.

Syarat Dokumen

PeroranganBadan Usaha PT/CV
Dokumen Identitas Debitur single/keluargaLegalitas Badan Usaha
KTP/KTP Suami Istri, KK, NPWP, Surat NikahIdentitas Seluruh Pengurus dan Pemegang saham
Surat Keterangan Perusahan Usaha yang Dikeluarkan oleh Instansi yang BerwenangFotokopi Mutasi Rekening dan Catatan Keuangan Lainnya
Fotokopi Mutasi Rekening/Catatan Keuangan LainnyaFotokopi Sertifikat, NJOP terakhir, IMB ,BPKB
Fotokopi Sertifikat, NJOP terakhir, IMB ,BPKB

Cara Pengajuan Pinjaman UMKM Bank Banten

Cara Pengajuan Pinjaman UMKM Bank Banten

Sebagai informasi, bahwa banyak perusahaan perbankan yang mengharuskan nasabah atau calon debitur untuk melakukan pengajuan secara online. Namun untuk Bank Banten, pengajuan pinjaman hanya dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank Banten setempat. Di bawah ini langkah-langkah pengajuan kredit UMKM yang dapat kalian simak.

  • Pertama kunjungi kantor cabang Bank Banten setempat dengan membawa berkas persyaratan yang diperlukan.
  • Temui petugas dan sampaikan bahwa kalian ingin mengajukan pinjaman UMKM Bank Banten.
  • Petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir pinjaman. Isi formulir tersebut dengan benar dan lengkap.
  • Serahkan kepada petugas beserta dengan berkas persyaratan yang diperlukan.
  • Petugas akan melakukan evaluasi berkas tersebut.

Sampai disini kalian dapat kembali ke rumah dan tunggu kabar baik dari pihak bank terkait pengajuan. Proses pengajuan biasanya membutuhkan waktu 7 hari sampai 14 hari kerja setelah berkas masuk ke bank. Selain itu proses survey juga dibutuhkan dalam hal ini.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai kredit UMKM yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.