25 Cara Top Up KUR Bank Mandiri 2021 : Jenis, Syarat & Suku Bunga

Cara Top Up KUR Bank Mandiri – Memiliki tanggungan pinjaman bank (KUR) yang sebentar lagi akan lunas tentunya menjadi hal yang cukup melegakan bagi para debitur. Ada beberapa yang mungkin lebih memilih untuk melunasi nya dan tidak mengajukan pinjaman lagi, namun ada beberapa juga yang lebih memilih untuk melakukan top up karena masih membutuhkan dana lagi untuk usaha dijalani. Nah mengenai hal ini, ada beberapa informasi yang akan kami sampaikan mengenai cara top up KUR Mandiri.

Setelah di pertemuan sebelumnya idekredit.com sudah sempat membahas mengenai TOP UP KUR BRI, kali ini kami akan sampaikan juga bagaimana prosedur serta persyaratan untuk melakukan Top Up KUR Bank Mandiri. Cara top up KUR Mandiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan top up KUR bank lain. Penting diketahui juga bahwa ada 2 jenis top up KUR, yakni penggabungan dan terpisah.

Mengenai kedua jenis top up KUR tersebut nanti akan kami bahas. Berbicara mengenai top up, untuk soal persyaratan biasanya tidak berbeda jauh dengan ketika pertama kali mengajukan KUR Mandiri. Baik persyaratan dokumen maupun agunan yang diperlukan sama. Akan tetapi untuk prosedur nya, bank Mandiri hanya menerima top up jika angsuran debitur menyisakan 6 angsuran.

Jadi jika angsuran baru berjalan 6 bulan, atau bahkan 3 bulan dan debitur ingin melakukan top up, maka pihak Mandiri tidak bisa menyetujuinya. Lalu bagaimana cara top up KUR Mandiri dan apakah suku bunganya sama? Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat, cara pengajuan top up KUR Bank Mandiri yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Cara Top Up KUR Bank Mandiri

Apa Itu Top Up KUR?

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan utama mengenai cara top up KUR Mandiri, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa itu top (penambahan). Top Up adalah penambahan dana pinjaman bagi para debitur dengan riwayat kredit baik. Penting juga untuk diketahui bahwa ada 2 jenis istilah Top Up pinjaman, yakni Fresh Money dan New Plafond.

  • Fresh Money merupakan Dana bersih yang diterima setelah pengurangan sisa pinjaman yang berjalan.
  • New Plafond merupakan total Dana pinjaman yang diajukan (sebelum dipotong sisa pinjaman berjalan).
Baca  √ KTA CIMB Niaga 2021: Keuntungan, Syarat & Biaya

Mekanisme Top Up KUR Bank Mandiri

Mekanisme Top Up KUR Bank Mandiri

Ada 2 mekanisme dalam hal ini, dimana mekanisme yang digunakan dalam Top Up adalah Penggabungan dan Pemisahan. Lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan keduanya berikut ini;

1. Top Up Pemisahan

Top Up Pemisahan merupakan penambahan saldo pinjaman dengan proses penutupan angsuran sebelumnya terlebih dahulu. Barulah setelah itu, kalian bisa mendapatkan plafon baru atau dikenal dengan istilah New Plafond seperti sudah dijelaskan diatas. Penutupan angsuran pinjaman lama sendiri tidak perlu menggunakan uang dari nasabah, melainkan memotong jumlah pencairan pinjaman baru.

2. Top Up Penggabungan

Top Up Penggabungan merupakan pemberian pinjaman bisnis tambahan tanpa harus menutup sisa angsuran pinjaman sebelumnya. Atau dengan kata lain, nasabah akan memiliki 2 jenis fasilitas KUR Mandiri berbeda. Apabila menggunakan mekanisme ini, alangkah baiknya jika mengajukan tanggal jatuh tempo sama dengan KUR Mandiri pertama agar tidak kesulitan dalam pembayaran angsuran.

Syarat Top Up KUR Bank Mandiri

Syarat Top Up KUR Bank Mandiri

Setelah mengetahui beberapa informasi diatas, kita berlanjut ke pembahasan penting terkait cara top up KUR Mandiri yakni persyaratan pengajuan. Perlu diketahui bahwa top up ini merupakan salah satu fitur yang ada di dalam pinjaman KUR. Nah untuk cara top up KUR Mandiri, ketahui juga beberapa persyaratan diperlukan, diantaranya adalah:

Persyaratan Umum

  • Pinjaman pertama sudah berjalan sekian bulan atau sudah sekian kali membayar angsuran (berbeda di setiap Bank).
  • Riwayat pembayaran angsuran lancar, jika ada menunggak, tidak lebih dari sekian hari. Di Bank tempat mengajukan TOP UP atau di Lembaga Keuangan lainnya.
  • Kemampuan membayar (berdasarkan hitungan Bank) masih dapat menutupi untuk pengajuan Plafond pinjaman baru.
  • Agunan diberikan juga masih dapat mengcover jumlah pinjaman baru.
  • Lolos seleksi persyaratan (kunjungan ke tempat usaha, Rumah) dan lolos persyaratan Administratif.

Persyaratan Dokumen

  • FC Kartu kependudukan (KTP).
  • FC Kartu keluarga (KK).
  • FC Surat nikah atau Surat cerai.
  • FC NPWP.
  • FC surat jaminan tambahan seperti SHM/SHGB/BPKB+STNK (jika diperlukan).

Sebagai catatan, jika debitur hendak melakukan pengajuan top KUR penggabungan, maka sebaiknya proses penutupan KUR lama dikonsultasi lebih dulu dengan pihak bank.

Suku Bunga & Biaya

Suku Bunga Biaya 2

Untuk informasi besaran suku bunga dan biaya apa saja yang terdapat di dalam KUR Mandiri ini juga sesuai dengan ketentuan dari pihak bank Mandiri. Ada kemungkinan jika di tahun berikutnya ketika melakukan top up, Bank Mandiri mematok suku bunga lebih tinggi atau lebih rendah. Lalu untuk biaya-biaya juga demikian, namun untuk saat ini hanya ada beberapa biaya dibebankan, yakni biaya admin, biaya materai dan juga biaya provisi dengan besar menyesuaikan jumlah plafond.

Baca  √ Kredit Peduli Usaha Mikro Bank Nagari 2021 : Syarat & Cara Pengajuan
Bunga & BiayaKeterangan
Suku Bunga6%
Biaya AdministrasiRp 500.000
Biaya MateraiRp 10.000
Biaya ProvisiSesuai jumlah plafond

Prosedur Cara Top Up KUR Bank Mandiri

Prosedur Cara Top Up KUR Bank Mandiri

Prosedur terkait cara top up KUR Mandiri ini hanya bisa dilakukan dengan satu cara, yakni melalui kantor cabang setempat. Hingga saat ini pihak bank Mandiri belum menghadirkan layanan cara pengajuan online. Untuk cara pengajuan top up KUR bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

  1. Langkah pertama siapkan semua dokumen persyaratan diperlukan, kemudian datangi kantor cabang Mandiri setempat.
  2. Sesampainya di lokasi, kalian bisa menemui CS untuk berkonsultasi lebih dulu mengenai pengajuan top up KUR Mandiri.
  3. Nantinya CS akan memberikan penjelasan detail terkait prosedur top up serta apa saja persyaratan diperlukan.
  4. Jika semua sudah jelas, kalian bisa mengisi formulir pengajuan top up. Isi formulir dengan lengkap dan benar.
  5. Setelah itu serahkan formulir pengajuan beserta dengan persyaratan diminta oleh pihak bank.
  6. Nantinya CS akan melakukan evaluasi dan verifikasi syarat dan formulir tersebut.
  7. Tentukan juga jumlah plafon diinginkan agar pihak bank bisa mempertimbangkan.
  8. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu pihak bank melakukan survey seperti pada saat pertama kali mengajukan KUR Mandiri.

Cara top up KUR Mandiri tetap membutuhkan proses survey dari pihak bank untuk menimbang besaran plafon diinginkan. Jika pengajuan top up KUR diterima, kalian akan diminta untuk datang ke bank guna menyelesaikan proses administrasi, tanda tangan kontrak serta pencairan dana pinjaman.

Tabel Angsuran KUR Bank Mandiri Terbaru

Tabel Angsuran KUR Bank Mandiri Terbaru

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sampaikan bahwa top up ini bisa dilakukan dengan memenuhi persyaratan diwajibkan oleh pihak Bank Mandiri. Selain itu, besaran top up juga tetap ditentukan oleh pihak bank dengan mempertimbangkan riwayat kredit debitur.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai cara top up KUR Bank Mandiri. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua, khususnya para nasabah Bank Mandiri dimanapun berada.