√ Kredit Modal Kerja BPD Bali 2021 : Syarat, Bunga, Biaya & Pengajuan

Kredit Modal Kerja BPD Bali – Bank Pembangunan Daerah Bali memiliki beragam jenis produk perbankan yang bisa dimiliki atau dimanfaatkan oleh warga masyarakat di daerah Bali dan sekitar. Bukan hanya produk tabungan saja yang bisa dimiliki, nasabah juga bisa mengajukan beberapa fasilitas kredit atau pinjaman. Sama halnya dengan beberapa bank lainnya, BPD Bali juga menyediakan fasilitas kredit KUR, Kredit Modal Kerja, Kredit Kendaraan Bermotor, KPR dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah pada pertemuan kali ini idekredit.com akan memberikan informasi lengkap mengenai seputar Kredit Modal Kerja BPD Bali. Berbicara mengenai Kredit Modal Kerja, seperti dengan namanya, fasilitas kredit ini sudah pasti diperuntukkan untuk penambahan modal kerja yang bisa diajukan oleh perusahaan guna mencukupi setiap kebutuhan. Kebutuhan tersebut diantaranya pembelian bahan baku, biaya produksi, pemasaran dan lain sebagainya.

Untuk soal suku bunga, besaran suku bunga yang diberikan kepada calon debitur juga cukup bersaing. Walaupun suku bunga yang dibebankan ini bisa dikatakan lebih besar dibandingkan dengan KUR BPD BALI yang sebelumnya sudah kami bahas di pertemuan sebelumnya. Kemudian selain informasi tersebut, masih ada banyak informasi lain seperti persyaratan pengajuan. Apa saja agunan yang wajib dilampirkan dan lain sebagainya. Maka dari itu, kalian dapat terus simak pembahasan kali ini hingga akhir nanti.

Penting juga diketahui bahwasanya Kredit Modal Kerja BPD Bali ini ditujukan kepada perusahaan yang memiliki usaha produktif di semua sektor. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat, pengajuan, suku bunga, biaya dan plafon kredit modal kerja BPD Bali yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Kredit Modal Kerja BPD Bali

Apa Itu Kredit Modal Kerja BPD Bali?

Sebelum kita ke pembahasan lainnya, alangkah baiknya jika kalian lebih dulu mengetahui apa itu Kredit Modal Kerja. Kredit Modal Kerja dari BPD Bali ini merupakan fasilitas kredit yang dipergunakan untuk menambah modal kerja sebuah perusahaan seperti pembelian bahan baku, biaya produksi, pemasaran barang/jasa dan lain sebagainya. Produk pinjaman ini memiliki suku bunga bersaing serta tenor angsuran maksimal hingga 3 tahun.

Keunggulan KMK BPD Bali

Setiap calon debitur yang mengajukan kredit ini, mereka nantinya akan mendapatkan beragam keunggulan/benefit. Dimana keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Suku bunga bersaing.
  • Bentuk kredit fleksibel sesuai dengan sifat modal kerja usaha yang dibiayai, dapat berbentuk aflopend, revolving/rekening koran atau stand by loan.
  • Dapat digunakan untuk pembiayaan modal kerja segala jenis sektor usaha.
  • Maksimal plafon dan pengembalian/angsuran kredit disesuaikan dengan siklus usaha dan kemampuan pembayaran pemohon kredit.

Plafon Kredit & Tenor Angsuran

Lalu untuk soal besaran plafon kredit dan tenor angsuran, pihak BPD Bali sendiri memberikan ketentuan bahwa maksimal plafon kredit dan pengembalian angsuran kredit akan disesuaikan dengan siklus usaha serta kemampuan pembayaran pemohon nantinya. Jadi, untuk lebih jelas mengenai hal ini, kalian bisa bertanya langsung kepada pihak terkait untuk mendapatkan kejelasan mengenai informasi plafon kredit pastinya. Sedangkan untuk tenor angsuran pasti, calon debitur bisa memilih lama tenor mulai dari 1 tahun hingga maksimal 3 tahun.

Suku Bunga & Biaya

Suku Bunga Biaya

Mengenai informasi suku bunga, pihak BPD Bali hanya memberikan informasi bahwa suku bunga yang dipatok ini cukup bersaing. Tidak ada penjelasan detail berapa besaran suku bunga pastinya. Sedangkan untuk biaya-biaya yang terdapat di dalam Kredit Modal Kerja BPD Bali ini, ada biaya provisi, biaya tata usaha serta asuransi penjamin dan pengikatan agunan sesuai risiko kredit ditanggung oleh pihak debitur.

Syarat Pengajuan Kredit Modal Kerja BPD Bali

Syarat Pengajuan Kredit Modal Kerja BPD Bali

Informasi berikutnya yang akan kami sampaikan adalah persyaratan. Seperti diketahui bahwa syarat adalah salah satu hal penting untuk proses pengajuan kredit. Beberapa persyaratan di bawah ini bisa kalian persiapkan lebih dulu sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan kredit di Bank BPD Bali.

Syarat Umum

  • Formulir permohonan kredit yang sudah diisi dan ditandatangani sesuai dengan legalitas pemohon kredit.
  • Legalitas pemohon kredit.
  • Legalitas usaha pemohon kredit.
  • Laporan keuangan usaha.
  • Rekapitulasi barang persediaan yang akan dibiayai dengan modal kerja.
  • Dokumen agunan tambahan.

Syarat Agunan

  • Agunan Pokok : Obyek yang dibiayai dengan modal kerja.
  • Agunan tambahan : Fixed Asset (bergerak/tidak bergerak) diutamakan milik debitur yang bersangkutan

Cara Pengajuan Kredit Modal Kerja BPD Bali

Cara Pengajuan Kredit Modal Kerja BPD Bali

Setelah mengetahui semua informasi penting yang kami bahas diatas, berikutnya kami akan memberikan informasi langkah-langkah pengajuan kredit modal kerja satu ini. Pengajuan KMK BPD Bali ini bisa dilakukan melalui kantor cabang setempat. Untuk pengajuan secara online, pihak BPD Bali belum memberikan layanan ini. Nah seperti apa langkah-langkah pengajuannya, langsung saja simak di bawah ini.

  1. Pertama kunjungi kantor cabang BPD Bali setempat dengan membawa berkas dokumen persyaratan lengkap.
  2. Kemudian sesampainya di lokasi, temui CS BPD Bali lalu sampaikan bahwa kalian hendak mengajukan kredit modal kerja.
  3. Nantinya petugas akan meminta berkas persyaratan dan meminta kalian mengisi formulir pengajuan kredit modal kerja tersebut.
  4. Isi formulir dengan benar dan lengkap, lalu serahkan ke petugas.
  5. Petugas akan mengevaluasi berkas persyaratan serta formulir yang telah diisi tersebut.
  6. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu kabar baik dari pihak bank terkait pengajuan yang kalian ajukan.

Sama halnya dengan proses pengajuan KUR, nantinya pihak bank juga akan melakukan survey ke lokasi usaha atau ke rumah calon debitur untuk menanyakan beberapa hal penting. Penting diketahui juga bahwa tahap survey ini menjadi pertimbangan penting bagi pihak bank untuk memberikan pinjaman. Jika dirasa calon debitur layak, maka pengajuan akan disetujui. Namun jika calon debitur dinilai tidak layak, pihak bank juga berhak untuk menolak tanpa harus memberikan alasan mengapa pinjaman tersebut ditolak.

Setelah pengajuan diterima, pihak bank akan menghubungi melalui telepon guna menyampaikan hal ini. Bukan hanya itu saja, calon debitur akan diminta untuk datang ke kantor guna menyelesaikan proses administrasi, tanda tangan kontrak kredit serta pencairan dana pinjaman.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan Kredit Modal Kerja dari Bank Pembangunan Daerah Bali, kami cukup merekomendasikan fasilitas kredit satu ini. Disamping memiliki persyaratan mudah, suku bunga ringan, proses pengajuan juga bisa dilakukan dengan cepat, kurang lebih hanya 7 hari kerja setelah berkas dokumen masuk ke pihak bank.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Modal Kerja BPD Bali. Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.