Apa Itu Skor Kredit ? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Skor Kredit – Pengajuan pinjaman saat ini memang bisa dikatakan sangat banyak dilakukan oleh kalangan masyarakat. Seperti kita ketahui bahwa di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak diantara masyarakat yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya yang sebelumnya terdampak. Maka dari itu, pinjaman menjadi salah satu solusi yang cukup tepat untuk saat ini. Saat ini pinjaman online banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat, walaupun pinjaman offline juga demikian. Akan tetapi pinjaman online memang cenderung banyak diminati karena memiliki persyaratan pengajuan yang sangat mudah.

Membahas mengenai pinjaman, kalian tentu sudah pernah mendengar istilah skor kredit atau Credit Scoring. Mengenai hal tersebut, di pertemuan kali ini idekredit.com akan memberikan informasi lengkap mengenai apa itu Skor Kredit pinjaman. Walaupun istilah Credit Scoring cukup familier, namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apa artinya. Padahal Credit Scoring ini sangat penting dalam hal pinjaman, dimana hal ini menjadi pertimbangan utama sebelum pihak pemberi pinjaman menyetujui pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh orang tersebut. Maka dari itu kalian harus benar-benar mengerti dan memahami apa itu Skor Kredit.

Selain memberikan penjelasan lengkap mengenai apa itu Skor Kredit. Kami juga akan memberikan informasi penting lainnya seperti kategori sistem Credit Scoring dan juga bagaimana cara agar Credit Scoring bisa naik serta tips mempertahankan skor kredit agar tidak buruk. Credit Scoring sangat erat kaitannya dengan pinjaman online. Seperti kita ketahui ada banyak aplikasi pinjaman online seperti Kredivo, Akulaku, Indodana dan lain sebagainya yang mengharuskan pengguna memiliki Credit Scoring baik agar bisa menggunakan limit kredit yang mereka miliki. Jadi bisa kita simpulkan bahwa Credit Scoring merupakan syarat terpenting ketika mengajukan pencairan limit kredit di aplikasi pinjaman online tersebut.

Jika pengguna memiliki skor kredit yang buruk, dapat dipastikan pengajuan tidak akan disetujui oleh pihak pemberi pinjaman. Namun sebaliknya jika skor kredit dimiliki baik, pengajuan pinjaman akan langsung di ACC. Lalu bagaimana cara untuk menaikkan skor kredit yang buruk agar menjadi baik? Dan bagaimana cara mempertahankan Credit Scoring di aplikasi pinjaman online? Nah informasi ini nanti akan kami sampaikan bersamaan dengan pembahasan utama kali ini. Baiklah daripada penasaran mengenai apa itu Skor Kredit. Langsung saja simak informasi terlengkap yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Apa Itu Skor Kredit

Apa Itu Skor Kredit?

Di awal pembahasan ini kami akan langsung menuju ke poin utama, yakni mengenai apa itu Skor Kredit. Pengetahuan akan informasi istilah ini tentu sangat wajib kalian ketahui, agar nantinya wawasan menjadi bertambah. Credit Scoring atau Credit Scoring adalah sistem yang telah diterapkan oleh suatu lembaga pembiayaan atau bank untuk menilai kelayakan calon debitur yang mengajukan pinjaman.

Pada proses ini, nantinya profil dari calon debitur akan dievaluasi atau di analisa, mulai dari profil dasar seperti data diri, umur, status pekerjaan, jabatan, masa kerja, penghasilan, status perkawinan, beban tanggungan keluarga, pekerjaan pasangan dan masih ada beberapa lagi yang lainnya. Informasi tersebut nantinya akan diverifikasi dengan sejumlah syarat dokumen yang telah dilampirkan pada saat calon debitur mengajukan pinjaman.

Nah setelah itu, pihak bank atau lembaga keuangan akan melakukan analisa riwayat transaksi calon debitur, mulai dari pembayaran cicilan, apakah calon debitur pernah menunggak cicilan, apakah masih memiliki beban kredit dan juga berapa banyak cicilan yang pernah dimiliki oleh calon debitur tersebut. Semua hal tersebut akan di analisa langsung oleh pihak bank maupun lembaga keuangan lainnya.

Kategori Sistem Skor Kredit

Setelah mengetahui informasi mengenai apa itu Skor Kredit. Berikutnya kita akan membahas mengenai kategori sistem riwayat kredit. Setiap Credit Scoring ini dibagi menjadi beberapa tingkat, dimana hal tersebut tentunya menjadi penilaian tersendiri yang bisa diketahui oleh calon debitur. Nah kategori sistem Credit Scoring bisa kalian lihat di bawah ini.

Credit ScoringKeterangan
Skor 1 Kredit LancarMelaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
Skor 2 Kredit Dalam Perhatian KhususCicilan peminjam mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
Skor 3 Kredit Tidak LancarCicilan peminjam mengalami tunggakan antara 91-120 hari
Skor 4 Kredit DiragukanCicilan peminjam mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
Skor 5 Kredit MacetCicilan peminjam macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Cara Menaikkan Credit Scoring

Ketika kalian memiliki Credit Scoring yang rendah, tentu saja proses pengajuan akan mengalami kendala. Bahkan bisa saja pengajuan tidak akan disetujui oleh pihak bank maupun lembaga keuangan yang dituju. Maka dari itu kalian pastikan apakah riwayat kredit kalian baik atau buruk. Jika buruk, usahakan untuk memperbaiki riwayat kredit terlebih dahulu. Memperbaiki Credit Scoring ini mungkin akan lebih mudah jika kalian mengajukan pinjaman online. Seperti halnya menaikkan skor kredit Kredivo yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Kalian hanya perlu membayar tagihan tepat waktu, usahakan jangan sampai melebih jatuh tempo.

Selain itu menggunakan aplikasi pinjaman online secara intens juga menjadi salah satu poin untuk menaikkan skor kredit dan juga mempertahankannya. Namun untuk pinjaman di bank atau lembaga keuangan, kami rasa cara menaikkan Credit Scoring yang buruk cukup sulit. Hal ini dikarenakan ketika calon debitur sudah masuk dalam daftar hitam BI Checking, pihak bank maupun lembaga keuangan lainnya akan mempertimbangkan dengan sangat untuk menyetujui pinjaman yang diajukan.

Tips Pengajuan Pinjaman Lolos Credit Scoring

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kalian bisa lolos Credit Scoring kalian ketika melakukan pengajuan. Adapun tips-tips yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Penuhi Semua Persyaratan

Tips pertama adalah dengan memenuhi semua persyaratan yang diberlakukan. Adapun syarat tersebut diantaranya meliputi:

  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun di akhir cicilan.
  • Merupakan WNI dan berdomisili di Indonesia serta wajib memiliki KTP.
  • Memiliki pekerjaan dan berpenghasilan tetap minimal Rp 3 juta.
  • Memenuhi semua persyaratan dokumen lengkap, seperti KTP, NPWP, KK, SK, SIUP dan lain sebagainya.

2. Memenuhi Syarat Penghasilan

Mengenai syarat penghasilan, kalian tidak akan bermasalah jika telah memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta. Akan tetapi jika penghasilan kalian terlalu pas-pasan, limit kredit diberikan biasanya cukup kecil. Ada beberapa cara agar profil kelayakan kalian bisa naik, adalah sebagai berikut.

  • Dapat menggunakan sistem joint income, yaitu pengajuan jumlah penghasilan pribadi dan pasangan.
  • Jika belum menikah, penghasilan tambahan bisa berasal dari bisnis sampingan yang bisa diajukan sebagai penunjang penghasilan pokok.
  • Gunakan penjamin yang masih dalam 1 KK jika penghasilan di bawah ketentuan ditetapkan.

Selain beberapa tips diatas, ada juga tips lain seperti memiliki riwayat kredit baik dan mampu membayar 20% dari tagihan biaya.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai apa itu Skor Kredit. Credit Scoring sangatlah penting dalam hal pinjam meminjam. Maka dari itu ketika kalian ingin melakukan pengajuan pinjaman, baik di bank, lembaga keuangan maupun online, pastikan kembali bahwa Credit Scoring kalian baik agar nantinya pengajuan dapat disetujui dengan mudah.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai apa itu Skor Kredit. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tags: , ,