10 Kredit Kendaraan Bermotor Terbaik 2020 di Indonesia

Kredit Kendaraan Bermotor Terbaik – KKB adalah kredit kendaraan bermotor yang dapat kalian jadikan solusi utama untuk mendapatkan kendaraan idaman, entah mobil ataupun motor dengan cara di cicil atau kredit. Kendaraan yang dapat dicicil juga dapat berupa kendaraan baru atau bekas.

Mekanisme ini memang menjadi pilihan dari banyak kalangan masyarakat, terlebih mereka yang menginginkan sebuah kendaraan namun tidak memiliki dana yang cukup atau mepet. Nah bagi kalian yang ingin melakukan kredit kendaraan bermotor, kalian dapat simak pembahasan ini.

Berbicara mengenai kredit kendaraan bermotor, disini kami akan membahas mengenai daftar kredit kendaraan bermotor terbaik di Indonesia. Ada banyak bank dan perusahaan pembiayaan yang dapat kalian pilih untuk mengajukan pembelian kendaraan bermotor dengan cara di angsur atau di cicil.

Salah satunya adalah Adira Multifinance atau bank-bank sekelas Mandiri, BNI dan juga BRI. Selain itu masih ada beberapa perusahaan pembiayaan dan bank lain yang dapat kalian ketahui. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai kredit kendaraan bermotor terbaik yang telah kami siapkan berikut ini.

Kredit Kendaraan Bermotor Terbaik di Indonesia

Kredit Kendaraan Bermotor Terbaik

Pengertian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Kredit kendaraan bermotor dapat diartikan sebagai fasilitas kredit yang diberikan oleh pihak bank atau perusahaan pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor baik baru maupun bekas. Khusus untuk kendaraan bekas, bank dan perusahaan pembiayaan biasanya akan menetapkan batasan usia kendaraan yang dapat di biayai.

KKB juga dapat diajukan oleh perorangan ataupun instansi. Jaminan dari pembiayaan ini adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB. Keuntungan dari KKB adalah seseorang dapat memiliki kendaraan yang mereka inginkan tanpa harus membayar penuh, akan tetapi mereka harus mencicilnya di setiap bulan.

Jenis Kendaraan Bermotor yang Dapat Dibeli Melalui KKB

Lalu untuk jenis kendaraan yang dapat dibeli melalui KKB, seperti sudah kami dibahas bahwa pembelian barang melalui KKB dapat berupa motor atau mobil baru dan bekas. Untuk mobil bekas juga memiliki batasan usia tertentu yang dapat di kredit.

Untuk mobil bekas denga usia tua biasanya pihak bank atau perusahaan pembiayaan tidak dapat memprosesnya karena mobil dengan usia tua akan sulit untu diasuransikan. Jikapun ada, usia maksimalnya adalah 8 tahun untuk All Risk, dan 15 tahun untuk Total Loss Only.

Syarat Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor

Sedangkan untuk persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor antara lain adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (saat kredit lunas)
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan (harus dan wajib menyertakan slip gaji atau print rekening koran 3 bulan terakhir)
  • Membayar uang muka alias down payment

Selain syarat diatas, biasanya ada beberapa dokumen lain yang perlu kalian persiapkan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Fotocopy KTP Suami dan Istri/Pemohon dan Orang Tua (Jika belum menikah)
  • Formulir Permohonan Pengajuan
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
  • Fotocopy Akta Nikah
  • Fotocopy NPWP
  • Fotocopy rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir
    Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang memiliki)

Ketentuan Kredit Kendaraan Bermotor

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa ketentuan dalam KKB, yang mana diantaranya sudah kami jelaskan diatas, yakni kendaraan yang dibiayai umumnya kendaraan baru dan bekas. Untuk bekas sendiri juga memiliki batas usia kendaraan tertentu.

Selain itu yang dimaksud kendaraan juga merupakan kendaraan roa dua, empat atau lebih. Beberapa ketentuan lain yang harus dipahami antara lain adalah :

  • Ada ketentuan soal maksimal plafon kredit yang diberikan perusahaan pembiayaan atau bank. Masing-masing institusi biasanya memiliki plafon yang beragam.
  • Tenor atau jangka waktu maksimal kredit umumnya 5 hingga 8 tahun.
  • Ada bunga yang harus dibayarkan oleh nasabah kredit.

Biaya, Denda dan Lain-lain saat Pengajuan KKB

Dari segi biaya juga perlu kalian perhatian disini, bahwa ada beberapa biaya yang akan muncul dan harus kita bayarkan ketika mengajukan kredit kendaraan bermotor, baik biaya DP (uang muka) dan biaya administrasi lainnya.

  • Biaya administrasi
  • Angsuran pertama
  • Uang muka berdasarkan persentase jenis produk yang dibiayai
  • Biaya asuransi kendaraan

Tidak dipungkiri bahwa pembayaran pertama untuk KKB ini bisa dikatakan cukup besar, karena kamu harus mempersiapkan DP, administrasi dan biaya angsuran pertama. Asuransi tentunya juga akan disertakan dengan biaya angsuran per bulannya.

Dan kami sarankan untuk selalu tepat dalam pembayaran angsuran di setiap bulannya agar nantinya kita tidak mendapat denda. Denda yang diberikan oleh pihan bank dan juga leasing juga berbeda-beda.

Daftar Kredit Kendaraan Bermotor Terbaik di Indonesia

Setelah kita mengetahui beberapa pembahasan lengkap diatas, dibawah ini kami telah menyiapkan beberapa daftar bank dan perusahaan pembiayaan kredit kendaraan bermotor terbaik yang dapat kalian simak dibawah ini:

Bank/Perusahaan Pembiayaan

Suku Bunga per TahunMaksimal Tenor

Minimal DP

Mandiri Tunas Finance (Mobil)Mulai dari 4,95%5 Tahun20%
BCA Finance (Mobil)Mulai dari 3%8 Tahun30%
Adira Multifinance (Mobil)Mulai dari 8%4 Tahun30%
KKB BRI (Mobil)Mulai dari 4,99%5 Tahun25%
BNI KPMMulai dari 6,50%5 Tahun25%
Bank BukopinMulai dari 4%5 Tahun30%
BRI AgroMulai dari 8,80%5 Tahun25%
KKB BRI (Harley Davidson)Mulai dari 5,11%2,7 Tahun25%
BFI Multifinance (Mobil)Mulai dari 10,80%3 Tahun30%

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai daftar kredit kendaraan bermotor terbaik di Indonesia yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai kartu kredit terbaik yang telah idekredit.com sampaikan di postingan sebelumnya.