15 Cara Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia 2021 : Keunggulan & Syarat

Cara Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia – Bank Syariah Indonesia merupakan hasil merger antara 3 bank syariah ternama, yakni BRI Syariah, BNI Syariah dan juga Bank Mandiri Syariah. Adapun produk layanan yang dihadirkan juga tentunya mengambil dari ketiga bank tersebut.

Nah salah satu produk yang akan idekredit.com bahas pada pertemuan kali ini adalah Cicil Emas. Cicil Emas tersebut sebelumnya merupakan fasilitas pembiayaan dari Bank Syariah Mandiri. Melalui BSI, nasabah dapat melakukan pembelian emas dengan cara cicilan.

Seperti kita ketahui bahwa emas merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia. Maka dari itu tak heran jika nasabah BANK SYARIAH INDONESIA banyak yang memanfaatkan fasilitas Cicil Emas ini.

Mereka dapat membeli emas minimal 10 gram dengan cicilan ringan serta tenor angsuran hingga 5 tahun. Lalu apa saja persyaratan untuk mengajukan Cicil Emas BSI ini? Langsung saja simak informasi cara cicil emas di Bank Syariah Indonesia berikut ini.

Cara Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia

Apa Itu Cicil Emas?

Pada poin pembahasan pertama kali ini adalah mengenai apa itu Cicil Emas. Cicil Emas merupakan fasilitas yang disediakan oleh Bank Syariah Indonesia untuk membantu para nasabah BSI yang ingin memiliki emas berupa lantakan (batangan) dengan cara cicilan.

Apa Itu Cicil Emas

Syarat Ketentuan Jaminan Pembiayaan Cicil Emas BSI

Perlu diketahui bahwa ada beberapa persyaratan ketentuan terkait jaminan pembiayaan ini, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Jaminan adalah barang objek pembiayaan (emas).
  • Jaminan tidak dapat ditukar agunan lain.
  • Pengikatan jaminan dilakukan selama masa pembiayaan.
  • Fisik jaminan disimpan di Bank

Keunggulan Cicil Emas Bank Syariah Indonesia

Berbicara mengenai keunggulan, setiap fasilitas pembiyaan milik Bank Syariah Indonesia pastinya memiliki beragam keunggulan. Seperti halnya dengan Cicil Emas BSI ini juga memiliki keunggulan sebagai berikut.

  • Cicilan ringan
  • Jangka waktu angsuran fleksibel
  • Angsuran dengan nominal tetap
  • Aman

Jenis Emas di Produk Cicil Emas

Dan mengenai apa saja jenis emas yang dapat di cicil di BSI, ada 2 jenis emas, yaitu emas lantakan atau batangan dengan minimal jumlah gram yang dapat dibeli adalah 10 gram serta maksimal 250 gram.

Tenor Angsuran Cicil Emas

Mengapa Cicil Emas cukup banyak diminati oleh nasabah Bank Syariah Indonesia, hal ini dikarenakan tenor angsurannya sangatlah fleksibel. Kalian dapat memilih tenor angsuran mulai dari 12 bulan sampai maksimal 60 bulan.

Akad & BiayaLain-Lain

Untuk soal biaya dan lain-lain, kalian bisa menyiapkan sejumlah biaya mulai dari biaya asuransi, biaya admin serta biaya materai. Untuk besaran biaya, pihak BSI belum memberikan informasi pasti besaran biaya tersebut.

Sedangkan untuk uang muka atau DP minimal adalah 20% dari harga emas yang akan dibiayai. Penentuan harga emas ini dilakukan pada saat akad. Produk fasilitas pembiayaan Cicil Emas Bank Syariah Indonesia menggunakan akad Murabahah (di bawah tangan) serta akad Rahn (gadai).

Persyaratan Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia

Syarat Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia

Setelah membahas mengenai informasi lain-lain diatas, selanjtunya kami akan memberikan informasi mengenai persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mengajukan pembiayaan Cicil Emas Bank Syariah Indonesia. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • WNI cakap umur
  • Pegawai dengan usia minimal 21 tahun s.d usia maksimal 55 tahun.
  • Pensiunan berusia maksimal 70 tahun pada saat pembiayaan jatuh tempo.
  • Profesional dan wiraswasta berusia maksimal 60 tahun.
  • Menyerahkan Kartu Identitas (KTP).

Cara Pengajuan Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia

Cara Pengajuan Cicil Emas Bank Syariah Indonesia

Untuk cara pengajuan Cicil Emas, nasabah bisa langsung mengunjungi kantor bank cabang BSI setempat. Jangan lupa juga untuk membawa persyaratan. Dan jika kalian sebelumnya merupakan nasabah Bank Syariah Mandiri, kalian juga bisa mendatangi kantor bank Mandiri setempat untuk mengajukan Cicil Emas. Cara Pengajuan Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia ini membutuhkan proses cukup cepat.

Simulasi Angsuran Cicil Emas Bank Syariah Indonesia

Simulasi Angsuran Cicil Emas Bank Syariah Indonesia

FAQ

Berapa plafond pembiayaan produk Cicil Emas?

Maksimal 80% dari harga perolehan untuk emas jenis lantakan (batangan).

Berapa lama jangka waktu pembiayaan Cicil Emas BSI?

Jangka waktu minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun. Pelunasan dipercepat diperbolehkan setelah pembiayaan minimal berjalan 1 tahun.

Bagaimana cara pembayaran cicilan Cicil Emas?

Pembayaran dapat dilakukan melalui kantor cabang BSI.

Apa saja emas yang dapat dibiayai?

Emas lantakan (batangan).

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara cicil emas di Bank Syariah Indonesia yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.