√ Kartu Kredit Over Limit Terbaru 2020 : Biaya & Mengatasi

Kartu Kredit Over Limit Terbaru – Buat pemiliki kartu kredit pastinya mengenal istilah limit kartu kredit atau pagu kartu kredit. Dimana limit kartu kredit untuk masing-masing jenis kartu kredit berbeda-beda.

Mengetahui soal kartu kredit over limit wajib untuk diketahui oleh setiap pengguna. Karena jika kartu kredit yang kamu gunakan sudah melebihi batas limit, maka kamu akan dikenai biaya tambahan yang disebut biaya over limit.

Kartu kredit over limit bisa diketahui dan diatasi dengan mudah. Sebisa mungkin hindari atau jangan sampai kartu kredit kamu over limit, karena biaya tambahan untuk kartu kredit yang sudah melebihi batas limit terbilang besar.

Untuk lebih jelasnya mengenai kartu kredit over limit. Silahkan kamu simak informasi lengkapnya yang sudah idekredit.com rangkum dibawah ini.

Kartu Kredit Over Limit Terbaru dari Biaya dan Cara Mengatasi

Kartu Kredit Over Limit

Artikel ini ditujukan untuk pengguna yang baru memakai kartu kredit atau sudah pakai dan terkena over limit. Tujuannya supaya pengguna benar-benar paham betul soal kartu kredit over limit.

Apa Itu Over Limit?

Apa Itu Over Limit

Over limit adalah sebuah istilah yang dipakai dalam pemakaian kartu kredit oleh para pemilik yang sudah melebihi batas limit atau pagu kredit yang diberikan atau disetujui oleh penerbit atau bank. Untuk contohnya jika kamu memiliki kartu kredit dengan limit Rp 5 juta, lalu kamu menggunakan kartu kredit tersebut untuk belanja atau untuk hal lainnya dengan jumlah 6 juta. Maka kartu kredit yang kamu gunakan itu over limit.

Setiap kartu kredit yang melebihi batas pagu pasti akan dikenai biaya tambahan. Dimana biaya tersebut akan dibebankan para pemilik sampai kartu kredit mereka tidak over limit. Saran idekredit bagi pemilik kartu kredit jangan sampai over limit, lebih baik untuk menaikkan limit kartu kredit baik BANK BCA, BANK MANDIRI ataupun Bank penerbit kartu kredit lainnya memberikan fasilitas berupa kenaikan limit kartu kredit.

Maksimal Over Limit Kartu Kredit Terbaru

Maksimal Over Limit Kartu Kredit

Dari informasi yang idekredit dapatkan, tidak ada batas maksimal kelebihan pemakaian kartu kredit. Karena semakin besar nilai over limitnya, maka semakin besar pula biaya over limit.

Meskipun tidak ada batasnya, namun jangan anggap ini remeh. Karena jika dianggap remeh, maka tagihan kartu kredit kamu akan membengkak sehingga kamu tidak bisa melunasi tagihan kartu kreditnya. Hal ini berdampak buruk bagi keuangan kamu.

Biaya Over Limit Kartu Kredit Terbaru

Biaya Over Limit Kartu Kredit

Memang untuk biaya over limit masing-masing jenis kartu kredit ada yang berbeda. Namun kebanyakan biayanya sekitar Rp 50.000 atau 5% dari nilai kelebihan limit dan tergantung mana yang lebih tinggi. Untuk memahami cara menghitung biaya over limit kartu kredit, silahkan kamu simak baik-baik informasinya dibawah ini.

Contoh Pertama

Kalau jumlah limit kartu kredit Rp 5.000.000 dan total tagihan kamu adalah Rp 5.100.000, dengan nilai over limit Rp 100.000. Maka kamu bisa hitung 5% x Rp 100.000 = Rp 5.000. Sehingga hasil perhitungan 5% ini lebih kecil dari Rp 50.000 maka kamu akan dikenakan biaya over limit Rp 50.000. Karena untuk minimal biaya over limit kredit adalah Rp 50.000.

Contoh Kedua

Semisal jumlah pagu kredit kamu Rp 5.000.000 lalu total tagihan kartu kredit kamu Rp 8.500.000. Maka ada kelebihan atau over limit sebesar Rp 3.500.000. Maka jika dihitung 5% x 3.500.000 = Rp 175.000. Sehingga biaya over limit kartu kredit kamu adalah Rp 175.000, karena biayanya lebih besar dari Rp 50.000.

Cara Mengetahui Kartu Kredit Sudah Over Limit

Cara Mengetahui Kartu Kredit Sudah Over Limit

Sama seperti CARA CEK LIMIT KARTU KREDIT BRI, untuk tahu kartu kredit over limit adalah dengan mengecek sisa pagu kartu kredit. Dimana masing-masing penerbit kartu kredit memiliki cara yang sama untuk pemiliki kartu kredit yang ingin mengecek sisa limit kartu kredit.

Kamu bisa hubungi call center penerbit kartu kredit atau bisa juga menggunakan Mobile Banking. Dengan tahu sisa limit kartu kredit, maka kamu akan tahu apakah kartu kredit yang kamu gunakan itu sudah over limit atau belum.

Cara Mengatasi Kartu Kredit Over Limit

Cara Mengatasi Kartu Kredit Over Limit

Ada beberapa cara mengatasi atau mengurus kartu kredit supaya lepas dari over limit. Dimana tips ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis idekredit.com.

1. Bayar Tagihan Lebih Awal

Setelah muncul tagihan di awal bulan, segera bayar tagihan kartu kredit dengan jumlah yang sesuai dengan tagihan yang muncul. Jangan bayar tagihan dengan tagihan minimum, supaya kamu bisa terlepas dari over limit.

2. Hubungi Call Center

Silahkan hubungi call center kartu kredit yang kamu pakai, dan mintalah untuk kenaikan limit karena kamu sudah memakai kartu kredit lebih dari limit. Biasanya kenaikan limit akan disetujui jika kamu lancar membayar tagihan dan selalu membayar tagihan tepat waktu serta jumlah maksimal bukan minimum.

3. Jangan Pakai Kartu Kredit Dulu

Ketika kartu kredit kamu sudah melebihi batas limit, maka jangan gunakan kartu kredit tersebut dulu. Sampai kamu sudah bayar tagihan kartu kredit sehingga kamu bisa terlepas dari over limit.

FAQ

Kapan limit kartu kredit kembali normal?

Ketika kamu sudah membayarkan tagihan dengan jumlah maksimal. Maka limit kartu kredit kamu akan bertambah.

Apakah limit kartu kredit bisa dihabiskan?

Bisa, namun jika kamu habiskan sampai melebihi batas limit maka kartu kredit yang kamu gunakan akan over limit.

Apa yang terjadi jika kartu kredit over limit?

Kamu akan dikenakan biaya over limit. Sehingga tagihan kartu kredit kamu naik.

Itu tadi informasi mengenai kartu kredit yang terkena over limit. Semoga informasi yang idekredit sampaikan diatas bermanfaat dan pelajari juga soal KARTU KREDIT EXPIRED.