4 Cara Membuat PIN Kartu Kredit BCA via Online 2020

Cara Membuat PIN Kartu Kredit BCA – Para pemegang kartu kredit tentu sangat dimudahkan dalam berbagai macam transaksi, diantaranya adalah pembayaran, tarik tunai dan masih banyak lagi beberapa lainnya. Apabila kalian salah satu pemegang kartu kredit lama, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanda tangan ketika bertransaksi.

Tanda tangan tersebut memang diperlukan atau bisa dikatakan menjadi hal penting yang wajib dilakukan ketika kita melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Namun perlu kalian ketahui bahwa saat ini para pengguna kartu kredit harus membiasakan transaksi dengan menggunakan PIN (Personal Identification Number).

Untuk aturan penggunaan PIN kartu kredit ini dibuat sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/25/DKSP, seluruh kartu kredit yang diterbitkan oleh bank penerbit atau lembaga keuangan lainnya di Indonesia wajib mengimplementasikan teknologi PIN online 6 digit paling lambat tanggal 30 Juni 2020.

Jadi bisa dikatakan bahwa per 1 Juli 2020 pengguna kartu kredit sudah wajib menggunakan PIN untuk bertransaksi dan tanda tangan sudah tidak akan berlaku lagi. Berbicara mengenai hal ini kami akan membahas mengenai cara membuat PIN kartu kredit BCA via online yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Cara Membuat PIN Kartu Kredit BCA via Online

Cara Membuat PIN Kartu Kredit BCA

Informasi Penting Mengenai PIN Kartu Kredit BCA

Untuk informasi penting mengenai PIN kartu kredit ini, sudah kami sampaikan sedikit diatas bahwa penggunaan PIN kartu kredit ini sangatlah penting. Karena dinilai lebih aman serta lebih mudah dalam proses transaksi yang nantinya akan dilakukan oleh pemegang kartu kredit, baik kartu kredit BCA atau kartu kredit bank lainnya.

Perlu kalian ketahui juga bahwa sistem nantinya akan menolak transaksi kartu kredit tanpa PIN dan menolak kartu kredit yang masih menggunakan tanda tangan. Ada beberapa alasan juga mengapa BI mewajibkan penggunaan PIN dalam setiap transaksi kartu kredit, dan berikut ini alasannya:

  • Di Indonesia, biasanya petugas/kasir merchant terkadang tidak melakukan verifikasi tanda tangan cardholder dengan baik.
  • Ketika diberlakukan PIN mandatory, apabila kartu kredit kalian hilang, nantinya akan mengurangi risiko disalahgunakan oleh orang lain karena kode PIN rahasia hanya diketahui cardholder. Hal ini tentu akan menjadi salah satu keamanan yang sangat baik.

Keuntungan Penggunaan PIN Kartu Kredit

Beberapa negara telah mewajibkan penggunaan PIN kartu kredit. Hal ini karena penggunaan PIN dinilai lebih aman dan nyaman ketika pemegang kartu kredit melakukan transaksi. Disamping itu apabila kalian kehilangan kartu kredit kalian, maka akan aman karena hanya kalian yang mengetahuhi kombinasi angkanya, maka dari itu selalu rahasiakan nomor PIN kartu kredit kalian.

Cara Aktivasi/Buat PIN Kartu Kredit BCA

Nah untuk cara membuat PIN kartu kredit BCA, ada 4 cara yang dapat kalian lakukan dalam hal ini, diantaranya adalah melalui aplikasi BCA Mobile, ATM BCA, Website BCA dan juga kantor bank BCA . Untuk lebih jelasnya langsung saja kita menuju ke pembahasan utama kali ini.

1. Melalui Alikasi BCA Mobile

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan melalui aplikasi BCA Mobil, di bawah ini langkah-langkah yang dapat kalian simak.

  • Pertama buka aplikasi BCA Mobile
  • Pilih fitur m-Admin lalu pilih aktivasi kartu kredit
  • Pilih buat/ubah PIN, pilih Buat PIN
  • Pilih kartu kredit dan masukkan PIN yang sudah kalian siapkan
  • Selesai, PIN kartu kredit BCA kalian telah aktif

2. Melalui Website BCA

Untuk via website, kalian harus mengisi form verifikasi data terlebih dahulu. Kemudian ikuti petunjuk dibawah ini.

  • Tekan proses dan pilih aktivasi PIN
  • Pilih kartu kredit yang akan diaktivasi
  • Masukkan 6 digit Kode Otentikasi yang diterima melalui SMS dan kemudian tekan Proses
  • Untuk mendapatkan Kode Otentikasi, kalian dapat mengetik REQ<SPASI>KODE<SPASI>OTENTIKASI#Nomor Kartu kredit BCA. Lalu kirim ke 69888
  • Masukkan kembali 6 digit PIN baru lalu tekan Proses
  • Kalian akan mendapatkan SMS notikasi

3. Melalui ATM BCA

Sedangkan cara yang ketiga adalah dengan melalui ATM BCA. Disini kalian juga perlu memasukan kode otentikasi yang dikirim melalui sms BCA setelah kartu kredit di aktifka. Untuk langkahnya mari kita simak berikut ini.

  • Masukkan Kartu Kredit, pilih Aktivasi PIN
  • Masukkan 6 digit Kode Otentikasi yang diterima melalui SMS, kemudian tekan Benar
  • Untuk mendapatkan Kode Otentikasi, kalian dapat mengetik REQ<SPASI>KODE<SPASI>OTENTIKASI#Nomor Kartu kredit BCA. Lalu kirim ke 69888
  • Apabila valid, kalian dapat tekan Lanjutkan dan kemudian masukkan 6 digit PIN baru sebanyak 2 kali
  • PIN sudah aktif, kalian akan menerima SMS notifikasi

4. Kantor Bank BCA

Apabila kalian mungkin masih bingung dengan cara-cara diatas, kalian dapat langsung mendatangi kantor bank BCA terdekat di daerah kalian. Disana kalian dapat meminta bantuan petugas bank untuk proses pembuatan/aktivasi PIN kartu kredit BCA kalian.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara membuat PIN kartu kredit BCA yang dapat kalian simak diatas. Cara pembuatan PIN kartu kredit BCA sebenarnya cukup mudah, dan ingat bahwa dengan adanya penggunaan PIN ini akan membuat transaksi kalian lebih aman dan nyaman.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara cek tagihan kartu kredit BCA yang telah idekredit.com sampaikan di postingan sebelumnya.