6 Cara Penundaan Pembayaran Kartu Kredit Terlengkap 2020

Penundaan Pembayaran Kartu Kredit – Pelaku industri perbankan saat ini kabarnya telah menyiapkan program keringanan pembayaran kartu kredit yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Ada beberapa bank yang memberikan keringanan, salah satunya adalah Bank Mandiri.

Bank Mandiri menyiapkan program keringanan dalam bentuk mengubah outstanding tagihan kartu kredit menjadi cicilan tetap dengan beberapa pilihan tenor sampai dengan 18 bulan dengan bunga yang cukup ringan, sehingga tidak terlalu memberatkan pemegang kartu kredit.

Kita ketahui bahwa banyak sekali pengguna kartu kredit di Indonesia, jadi dengan adanya pandemi virus yang mewabah saat ini tentu akan sangat berdampak besar pada bisnis atau pekerjaan yang mereka jalankan saat ini. Maka tak heran jika banyak dari mereka yang mengajukan penundaan pembayaran kartu kredit.

Ada beberapa cara penundaan pembayaran kartu kredit yang dapat kalian lakukan saat ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak cara penundaan pembayaran kartu kredit yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Penundaan Pembayaran Kartu Kredit Terlengkap

Penundaan Pembayaran Kartu Kredit

Hitung Ulang Berapa Nominal Hutang yang Tertunggak

Dalam hal ini alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih persis mengenai total hutang yang harus kalian selesaikan. Walaupun dalam proses perhitungan nantinya bakal membuat kalian stress dengan nominal hutang yang harus dilunasi, namun proses ini sangatlah penting dan wajib untuk kalian ketahui. Kalian dapat mencatatnya satu per satu tunggakan yang masih kalian miliki.

Kumpulkan tagihan-tagihan yang memang sudah dikirimkan ke alamat kalian. Selain itu catat juga besar bunga yang harus dibayarkan. Suku bunga ini sangat penting agar nantinya kalian tahu berapa besar jenis hutang tertentu jika terus menerus tidak dibayarkan. Hal ini juga berguna untuk membuat kalian lebih memprioritaskan jenis-jenis hutang tertentu agar lebih cepat terselesaikan.

Dengan Menggunakan Jasa Konsultan Hutang yang Profesional

Cara mengajukan penundaan pembayaran kartu kredit yang dinilai cukup efektif adalah dengan menggunakan jasa konsultan yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Lalu mengapa harus menggunakan jasa konsultan?

1. Pertama kalian akan mendapatkan saran yang lebih baik dari pihak tersebut. Biasanya konsultan akan tahu persis apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan agar penyelesaian hutang dapat lebih cepat dilakukan. Informasikan juga total hutang yang kalian hitung sebelumnya serta lengkap dengan besaran suku bunga yang harus dibayarkan nantinya.

Nah dengan memperoleh informasi tersebut, konsultan dapat langsung memperhitungkan berapa kira-kira dana yang harus mulai ditabung per bulan agar terbebas dari masalah hutang.

2. Kedua, konsultan ini biasanya sudah memiliki hubungan baik dengan pihak bank. Jadi hal ini dapat kalian jadikan jalan pintas dalam mengajukan keringanan pembayaran kartu kredit ke pihak bank. Konsultan akan bertindak sebagai pihak ketiga untuk membantu kelancaran negosiasi dengan pihak bank.

Disini kalian juga harus benar-benar memberikan informasi yang jujur apa adanya, seperti menceritakan latar belakang keluarga, lalu jumlah tagihan yang wajib dibayarkan secara teratur dan hal-hal yang memberatkan kalian dalam melunasi hutang. Jika kalian memiliki keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit, kalian dapat berbicara kepada konsulta.

Hal ini dapat dijadikan sebagai syarat yang ampuh unutk mengajukan keringanan pembayaran kartu kredit terlebih jika dilengkapi dengan lampiran pembayaran.

3. Ketiga, konsultan dapat mewakili kalian untuk datang ke pihak bank agar kalian dapat lebih fokus untuk mengumpulkan dana dalam melunasi sisa hutang. Hal ini sudah jelas sangat bermanfaat bagi kalian yang memiliki hutang sekaligus yang harus diselesaikan.

Jenis Program Keringan yang Bisa Didapatkan

Setelah mengetahui bahwa salah satu cara mengajukan keringan pembayaran kartu kredit adalah melalui jasa konsultasi, kalian juga perlu mengetahui beberapa jenis program keringan yang dapat kalian manfaatka, diantaranya adalah sebagai berikut:

Potongan/Diskon dalam Satu Kali Bayar

Jenis yang satu ini memungkinkan nasabah agar total hutang berkurang menjadi lebih kecil. Walaupun nasabah mendapat diskon dalam hutangnya (umumnya 20%-50%), mereka harus langsung membayar dalam satu kali bayar. Dalam beberapa kasus, program keringan ini dapat memberikan pemilik kartu potongan diskon hingga 70%.

Cicilan yang Diperjpanjang dengan Bunga Rendah

Berbeda dengan diskon satu kali bayar, program ini cocok bagi kalian yang secara finansial lebih minim. Dengan kata lain nasabah yang memiliki tunggakan kartu kredit atau KTA dapat langsung memperpanjang tenor cicilan menjadi lebih ringan, bunga yang didapat juga lebih rendah daripada bunga yang berlaku pada umumnya. Apabila bunga normal yang berjalan saat ini berada di kisaran 2,25% maka ada kemungkinan untuk mendapatkan bunga sebesar 0-2% saja.

Diskon Cicilan

Jenis yang terakhir adalah diskon ciclan. Program in merupakan gabungan dari 2 jenis program diatas. Dimana nasabah akan mendapatkan potongan lalu sisa pembayaran dapat dilakukan dengan cara dicicil. Bank juga akan melihat kondisi yang dialami nasabah terlebih dahulu. Apabila nasabah memiliki kondisi pendukung yang membuatnya semakin sulit melunasi hutang, maka kemungkinan besar mereka dapat mendapatkan program yang satu ini.

Nah itulah beberapa cara penundaan pembayaran kartu kredit yang dapat kalian simak diatas. Kami juga memberikan informasi lain mengenai 3 jenis program yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah yang mengalami kesulitan membayar hutang kartu kredit karena terdampak virus COVID-19.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara penundaan cicilan kredit yang telah idekredit.com sampaikan di postingan sebelumnya.