√ KUR Super Mikro Bank Nagari 2021 : Syarat, Suku Bunga & Pengajuan

KUR Super Mikro Bank Nagari – Kredit Usaha Rakyat atau KUR memang menjadi salah satu fasilitas pinjaman yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Melalui pinjaman ini, mereka dapat menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan modal kerja hingga investasi.

Berbicara mengenai KUR, Bank Nagari juga menjadi salah satu perusahaan perbankan yang dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkan produk KUR ini. Nah, salah satu produk pinjaman populer belakangan ini adalah KUR Super Mikro.

KUR Super Mikro ini sebenarnya juga disalurkan oleh Bank BRI dan beberapa bank lainnya. Mengenai suku bunga, KUR Super Mikro Bank Nagari ini memiliki bunga sangat ringan, yakni hanya 6% efektif per tahun atau setara dengan 0,5% per bulan.

Disamping itu, persyaratan permohonan kredit juga sangatlah ringan. Baiklah, daripada penasaran mengenai informasi lengkapnya. Di bawah ini dapat langsung kalian simak syarat dan cara pengajuan KUR Bank Nagari berikut ini.

KUR Super Mikro Bank Nagari

Apa Itu KUR Super Mikro Nagari

KUR Super Mikro adalah kredit usaha rakyat yang lebih utama ditujukan untuk pekerja terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK maupun ibu rumah tangga yang menjalankan usaha produktif.

Apa Itu KUR Super Mikro Nagari

Keunggulan KUR Super Mikro Nagari

Berbicara mengenai keuntungan, pinjaman ini tentunya memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Plafond kredit maksimal sampai dengan Rp 10 juta
  • Tidak dibatasi total akumulasi plafond
  • Jangka waktu Kredit Modal Kerja 3 Tahun dapat diperpanjang menjadi 4 tahun
  • Jangka waktu Kredit Inverstasi 5 tahun dapat diperpanjang menjadi 7 tahun
  • Pinjaman Tanpa Agunan

Suku Bunga KUR Super Mikro

Untuk informasi suku bunga, sama saja dengan produk pinjaman KUR SUPER MIKRO BANK BRI, Mandiri, BNI maupun bank lainnya, KUR Super Mikro dari Bank Nagari juga memiliki suku bunga hanya 6% efektif per tahun atau setara dengan 0,5% per bulan.

Suku bunga ringan ini tentunya menjadi salah satu keuntungan lain yang dimiliki oleh jenis pinjaman ini. Maka dari itu tak heran jika KUR Super Mikro ini bisa menjadi solusi pinjaman bagi mereka yang telah di PHK atau ibu rumah tangga yang sedang merintis usaha.

Tenor & Plafond Pinjaman KUR Super Mikro Nagari

Sedangkan untuk tenor pinjaman, calon debitur nantinya dapat memilih tenor pinjaman KUR Super Mikro ini mulai dari 9 bulan sampai 33 bulan. Untuk besaran plafond kredit, KUR Super Mikro Bank Nagari ini menyediakan pinjaman lebih kecil jika dibandingkan produk KUR Reguler, yakni maksimal hanya Rp 10 juta.

Syarat KUR Super Mikro Nagari

Syarat KUR Super Mikro

Adapun untuk perihal persyaratan, pengajuan KUR ini dapat diterima jika calon debitur memiliki persyaratan-persyaratan berikut:

  • Belum pernah menerima KUR.
  • Waktu pendirian usaha kurang dari 6 bulan.
  • Telah mengikuti program pendampingan (formal atau informal).
  • Telah mengikuti pelatihan kewirausahaan atau pelatihan lainnya.
  • Telah tergabung dalam kelompok usaha.
  • Memiliki anggota keluarga yang telah mempunyai usaha produktif dan layak.
  • Melengkapi Izin Usaha seperti NIB/ Surat Keterangan Usaha Mikro yang diterbitkan RT/RW/Lurah/Kepala Desa/Pejabat Berwenang/Surat keterangan yang dipersamakan.

Cara Pengajuan KUR Bank Nagari Super Mikro

Cara Pengajuan KUR Bank Nagari Super Mikro

Perlu kalian ketahui bahwa saat ini pengajuan dapat dilakukan langsung melalui kantor cabang setempat. Untuk pengajuan via online masih belum bisa dilakukan. Adapun cara pengajuan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Datang ke kantor cabang Bank Nagari setempat dengan membawa persyaratan.
  • Ambil nomor antrian CS dan tunggu sampai dipanggil.
  • Setelah dipanggil, temui CS dan sampaikan bahwa kalian hendak mengajukan KUR Super Mikro.
  • Petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir pengajuan kredit dan meminta berkas persyaratan.
  • Isi formulir pengajuan dengan lengkap dan benar lalu serahkan kepada petugas.
  • Petugas akan melakukan pengecekan serta evaluasi berkas-berkas tersebut.
  • Sampai disini kalian dapat kembali kerumah dan tunggu pihak bank datang untuk melakukan survei.

Setelah pengajuan diterima, kalian akan dihubungi melalui telepon untuk menentukan penandatanganan kontrak serta pencairan dana pinjaman.

Tips Pengajuan KUR Agar Diterima

Tips Pengajuan KUR Agar Diterima

Tidak semua calon debitur yang mengajukan KUR Super Mikro ini diterima oleh pihak Bank Nagari. Ada beberapa alasan yang mungkin dapat menyebabkan permohonan kredit tidak di acc. Nah, maka dari itu agar permohonan kredit dapat diterima, kalian dapat simak tips berikut.

1. Tidak Ada Tunggakan Kredit

Pihak bank tentunya menginginkan calon debitur yang tidak pernah memiliki rapor buruk dalam hal perkreditan. Nah, disini usahakan sebelum melakukan permohonan kredit, pastikan bahwa nama kalian tidak terdaftar dalam buku hitam atau lolos BI Checking.

2. Pinjam Sesuai dengan Kebutuhan

Selain itu, lakukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Jangan mengajukan pinjaman yang diluar kemampuan. Apalagi jika kalian tidak memiliki agunan ataupun bukti pemilikan usaha. Maka dari itu pinjamkanlah dana sesuai dengan kebutuhan.

3. Jujur Saat Proses Survey

Biasanya pada tahap ini bisa dikatakan tahap yang sangat penting. Dimana nantinya petugas bank atau mantri akan melakukan survey ke lokasi usaha kalian untuk menanyakan beberapa pertanyaan terkait usaha yang sedang dijalani. Sampaikan apa adanya kepada petugas, jangan berbohong mengenai jawaban yang disampaikan.

4. Pastikan Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dokumen adalah persyaratan yang sangat wajib. Jika ada salah satu persyaratan yang kurang, maka dapat dipastikan jika permohonan kredit kalian akan ditolak oleh pihak bank.

5. Tambahkan Agunan

Dan terakhir adalah dengan melampirkan agunan atau jaminan. KUR Super Mikro memang tidak memerlukan jaminan, namun alangkah baiknya jika kalian melampirkan jaminan untuk meyakinkan pihak bank bahwa kalian konsekuen dalam permohonan kredit.

Tabel Angsuran Super Mikro Nagari

Tabel Angsuran KUR Super Mikro Bank Nagari

FAQ

Apakah KUR Super Mikro Bank Nagari membutuhkan jaminan?

Tidak. Debitur hanya perlu melampirkan foto bukti pemilikan usaha.

Apakah NPWP diperlukan sebagai persyaratan?

Tidak.

Berapa lama proses pengajuan KUR Super Mikro?

Pengajuan cepat, kurang lebih 3-7 hari kerja setelah berkas masuk ke pihak bank.

Berapa maksimal plafond kredit KUR Super Mikro?

Maksimal Rp 10 juta.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Super Mikro Nagari yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.