Shopee Paylater VS Akulaku (Fitur, Bunga, Biaya Layanan dan Denda)

Shopee Paylater VS Akulaku – Layanan Shopee Paylater dan juga Akulaku mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan masyarakat di Indonesia ini. Dimana kedua layanan ini memang sama-sama bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman tunai maupun cicilan barang tanpa kartu kredit. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa poin yang bisa kalian jadikan acuan sebagai perbandingan, apakah Shopee Paylater lebih baik daripada Akulaku atau malah sebaliknya.

Membahas mengenai Shopee Paylater VS Akulaku, ini akan menjadi topik utama kami di pertemuan kali ini. Kami juga akan membahas secara detail mungkin apa saja yang menjadi pembeda dari kedua layanan ini. Pembahasan serupa juga sudah sempat kami bahas dengan judul PERBANDINGAN BUNGA KREDIVO VS AKULAKU. Disana kalian bisa menemukan jawaban mengenai besaran bunga diantara keduanya.

Bagi kalian para pengguna Shopee, tentunya ada beberapa yang sudah mendapatkan penawaran untuk melakukan aktivasi Shopee Paylater untuk mendapatkan limit kredit. Jadi bisa dikatakan bahwa Shopee Paylater ini hanya diberikan kepada pengguna yang sudah memenuhi syarat aktivasi. Syarat tersebut adalah dengan melakukan pembelanjaan di Shopee sebanyak 5 kali dan juga melakukan top up saldo ShopeePay.

Kemudian untuk Akulaku, aplikasi ini bisa kalian dapatkan dengan mudah melalui App Store dan juga Play Store. Proses dan syarat DAFTAR AKULAKU juga cukup mudah. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, kalian juga akan mendapatkan limit kredit yang bisa digunakan untuk cicilan tanpa kartu kredit. Di Akulaku juga kalian bisa mengajukan pinjaman tunai melalui Dana Cicil dan KTA Asetku. Itulah sedikit mengenai Shopee Paylater dan Akulaku. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak informasi Shopee Paylater VS Akulaku berikut ini.

Shopee Paylater VS Akulaku

Apa Itu Shopee Paylater dan Akulaku?

Sebelum kita ke poin pembahasan mengenai Shopee Paylater VS Akulaku. Pertama kalian bisa mengetahui lebih dulu mengenai apa itu Shopee Paylater dan juga Akulaku. Kedua layanan ini memang merupakan layanan cicilan tanpa kartu kredit yang banyak digunakan. Bukan hanya itu saja, keduanya juga bisa digunakan sebagai pinjaman online. Hanya saja untuk Shopee Paylater ini sebenarnya tidak tersedia pinjaman tunai, hanya saja ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan pihak ketiga. Cara ini sudah pasti tidak direkomendasikan karena sudah menyalahi TOS (Terms of Service) Shopee. Mengenai pengertian kedua nya, baik Shopee Paylater maupun Akulaku, kalian dapat langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Baca  √ CIMB Niaga Xtra Cash 2021 : Keuntungan, Syarat & Pengajuan

1. Shopee Paylater

Shopee Paylater atau SPaylater merupakan salah satu produk pinjaman atau cicilan tanpa kartu kredit online yang disediakan oleh Shopee untuk membantu penggunanya yang belum memiliki biaya namun membutuhkan suatu barang yang dijual di e-commerce tersebut. Seperti sudah kami singgung diatas bahwa Shopee Paylater ini hanya diberikan kepada pengguna terpilih saja. Cara aktivasinya juga hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee.

2. Akulaku

Akulaku merupakan platform finansial konsumen terkemuka di Asia Tenggara, berkomitmen untuk menyediakan layanan finansial kelas dunia, termasuk belanja dengan angsuran di platform online marketplace yang dikelola mandiri dan berbagai platform marketplace lainnya serta pinjaman tunai yang fleksibel. Lain halnya dengan Shopee Paylater, Akulaku ini bisa digunakan oleh siapa saja, jadi disini tidak ada syarat ketentuan layaknya penggunaan Shopee Paylater milik Shopee.

Perbandingan Shopee Paylater VS Akulaku

Setelah mengetahui informasi mengenai pengertian daripada Akulaku maupun Shopee Paylater. Berikutnya kita akan masuk ke dalam poin pembahasan utama kali ini, yaitu Shopee Paylater VS Akulaku. Perbandingan antara Shopee Paylater VS Akulaku, manakah yang lebih baik? Lebih jelasnya langsung saja simak berikut ini.

1. Fitur

Fitur

Perbandingan pertama yang dapat kita jadikan acuan adalah fitur yang terdapat di dalam kedua aplikasi tersebut. Fitur ini merupakan bagian paling penting yang tentunya bisa dinikmati oleh penggunanya nanti. Di Shopee Paylater, umumnya aplikasi memang hanya dapat digunakan sebagai layanan cicilan tanpa kartu kredit. Sedangkan untuk Akulaku, aplikasi ini dapat digunakan sebagai cicilan tanpa kartu kredit maupun pinjaman tunai. Pinjaman tunai di Akulaku tersedia 2 pilihan, yakni pinjaman jangka pendek KTA Asetku dan pinjaman jangka panjang Dana Cicil.

Baca  √ Bunga Akulaku 2021 : KTA Asetku, Dana Cicil & Akucicil
LayananFitur Paylater & Cicilan Tanpa Kartu KreditFitur Pinjaman Tunai
Shopee PaylaterTersediaTidak
AkulakuTersediaTersedia

2. Bunga

Suku Bunga

Perbandingan Shopee Paylater VS Akulaku yang kedua adalah mengenai bunga. Setiap cicilan maupun pinjaman yang diberikan kepada pengguna tentunya ada bunga yang harus dibayarkan. Nah mengenai besaran bunga diantara keduanya ini kami rasa cukup bersaing, dimana Shopee Paylater memiliki bunga sebesar 2,95% untuk metode Paylater maupun cicilan dengan tenor 3, 6, 9 dan 12 bulan. Sedangkan untuk Akulaku sendiri, bunga yang dibebankan adalah cukup besar serta bervariasi di setiap pilihan tenornya, yakni mulai dari 3% -7%.

  • Shopee Paylater
BungaKeterangan
2,95%Untuk semua angsuran dengan tenor 3, 6, 9, dan 12 bulan
  • Akulaku
LayananBunga
Aku Cicil2,6%-3%
KTA Asetku3%-4,34%
Dana Cicil3,08%-4,08%

3. Biaya Layanan

Biaya Layanan

Kemudian pembahasan berikutnya adalah mengenai perbandingan biaya layanan antara Shopee Paylater VS Akulaku. Berbicara mengenai biaya layanan mungkin hampir semua aplikasi paylater maupun pinjaman tunai akan membebani dengan biaya layanan. Untuk besaran biaya layanan atau penanganan yang dibebankan oleh SPaylater adalah sebesar 1% saja per transaksi. Sedangkan untuk Akulaku sendiri cukup bervariasi mengenai biaya layanan yang dibebankan, mengingat Akulaku memiliki fitur yang banyak, yakni berkisar antara 2,99%-7%.

  • Shopee Paylater
LayananBiaya Layanan
Shopee Paylater1%
  • Akulaku
LayananBiaya Layanan
Aku cicilBiaya berbeda-beda tergantung dari jenis barang serta total pembelian
Dana Cicil2,99% dari total pinjaman
KTA Asetku5% dari total pinjaman

4. Denda

Denda

Lalu pembahasan mengenai perbandingan Shopee Paylater VS Akulaku yang terakhir adalah mengenai denda. Sudah pasti Akulaku dan Shopee Paylater akan memberikan denda kepada pengguna yang telat melakukan pembayaran tagihan di setiap bulannya. Adapun untuk besaran denda yang dibebankan dari masing-masing keduanya adalah sebagai berikut.

  • Shopee Paylater
LayananDenda
Shopee Paylater5% per bulan dari seluruh total tagihan
  • Akulaku
LayananDenda
Aku Cicil5%-6%
Dana Cicil1% per hari
KTA Asetku2% dan akan naik 2% per 7 hari

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai Shopee Paylater VS Akulaku. Penting diketahui bahwa keduanya memiliki perbedaan. Baik dari segi fitur, besaran denda, bunga serta biaya layanan yang dibebankan. Dari sini kita juga dapat melihat bahwa untuk fitur, Shopee Paylater memang kalah dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Akulaku. Namun untuk urusan besaran bunga dan juga biaya layanan, Shopee Paylater bisa dikatakan lebih unggul sedikit dibandingkan Akulaku.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai Shopee Paylater VS Akulaku yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.