√ KUR Bank Kalteng 2021 : Syarat, Bunga, Keunggulan & Tabel Angsuran

KUR Bank Kalteng – Bank BPD Kalteng adalah salah satu dari Bank Pembangunan Daerah yang dikenal memiliki sejumlah fasilitas pinjaman. Fasilitas pinjaman tersebut tentunya diperuntukkan bagi para nasabah mereka, mulai dari Kredit Usaha Rakyat, Kredit Multiguna, Kredit Pemilikan Rumah dan lain sebagainya. Mengenai produk pinjaman tersebut, pada pertemuan kali ini idekredit.com akan membahas mengenai fasilitas Kredit Usaha Rakyat atau dikenal juga dengan nama KUR.

KUR sendiri merupakan salah satu program pemerintah yang disalurkan melalui bank-bank yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Bank Kalimantan Tengah. Melalui program KUR, pemerintah juga berharap nantinya para pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya serta memenuhi kebutuhan investasi yang tidak bertentangan dengan ketentuan yang sudah berlaku. Produk pinjaman ini juga ditujukan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah baik perorangan, kelompok usaha maupun badan usaha seperti Koperasi dan BPR.

Sama halnya dengan KUR BANK KALSEL atau bank BPD lainnya, KUR Bank Kalteng juga memiliki 2 jenis, yakni KUR Mikro dan KUR Kecil. Setiap jenis KUR tersebut memiliki ketentuan yang berbeda-beda, dimana KUR Mikro hadir dengan limit pinjaman Rp 25 juta, sedangkan KUR Kecil/Ritel hadir dengan limit pinjaman mulai dari Rp 25 juta hingga maksimal Rp 500 juta. Besaran suku bunga yang diberikan juga cukup bersaing, yakni 7% efektif per tahun. Suku bunga tersebut memang lebih besar dibandingkan dengan bunga KUR Bank BRI, Mandiri maupun BRI.

Penting untuk diketahui bahwa produk Kredit Usaha Rakyat Bank Kalteng ini bisa digunakan untuk keperluan investasi dan modal usaha dengan jangka waktu angsuran 3 tahun hingga 5 tahun. Baiklah, daripada penasaran mengenai apa saja yang ada di dalam Kredit Usaha Rakyat Bank Kalteng. Di bawah ini dapat langsung kalian simak informasi terlengkap mengenai syarat, suku bunga, biaya dan cara pengajuan KUR Bank Kalteng yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

KUR Bank Kalteng

Apa Itu Kredit Usaha Rakyat Bank Kalteng?

KUR Bank Kalteng merupakan fasilitas kredit yang diperuntukkan bagi para pelaku UMKM baik perorangan, kelompok usaha maupun badan usaha termasuk Koperasi dan BPR. Program pinjaman dari pemerintah ini juga dihadirkan dengan limit pinjaman mulai dari Rp 25 juta hingga maksimal Rp 500 juta dengan suku bunga bersaing.

Keunggulan

Keunggulan KUR Bank Kalteng

Adapun mengenai keunggulan, KUR Bank Kalteng pastinya memiliki beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh nasabah yang mengajukan. Apa saja keunggulannya, simak di bawah ini.

Proses & Syarat Mudah

Keunggulan pertama adalah persyaratan dan juga proses yang cukup mudah dan cepat. Ini menjadi salah satu keunggulan yang cukup menjadi faktor mengapa fasilitas kredit KUR Bank Kalteng banyak diminati.

Suku Bunga Ringan

Berbicara suku bunga, saat ini KUR Menjadi salah satu produk pinjaman dengan suku bunga paling murah jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya.

Limit Pinjaman Besar

KUR Bank Kalteng menyediakan limit pinjaman mulai dari Rp 250 juta untuk KUR Mikro dan Rp 500 juta untuk KUR Kecil.

Tenor Angsuran Fleksibel

Lalu untuk tenor angsuran yang diberikan juga cukup fleksibel, yakni mulai dari 3 tahun hingga maksimal 7 tahun.

Bunga, Biaya & Lain-Lain

Bunga Biaya Lain Lain 1

untuk Informasi bunga, biaya dan lain-lain, kami sampaikan disini bahwa KUR Bank Kalteng memberikan suku bunga rendah hanya 7% efektif per tahun. Akan tetapi untuk perihal biaya-biaya, kami sarankan untuk bertanya langsung ke pihak bank terkait untuk mendapatkan kejelasannya.

Syarat Pengajuan KUR Bank Kalteng

Syarat Pengajuan KUR Bank Kalteng

Berikutnya adalah mengenai persyaratan. Syarat menjadi salah satu hal utama yang wajib dipersiapkan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman. KUR Bank Kalteng sendiri mewajibkan setiap calon debitur untuk menyiapkan beberapa dokumen-dokumen persyaratan seperti di bawah ini.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan sekurang-kurangnya 6 bulan.
  • Memiliki identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah/cerai/surat kematian, Kartu NPWP, KTP suami/istri.
  • Memiliki ijin usaha dari instansi yang berwenang (SIUP, TDP, SITU, HO), khusus usaha mikro cukup dengan Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan/Kepala Desa.
  • Memiliki Akta Pendirian Perusahaan, Akta perubahan terakhir, surat pengesahan dari kementerian hukum dan HAM (khusus usaha berbadan hukum).
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Laporan keuangan/neraca dan laba rugi (khusus segmen kecil, menengah & korporasi).
  • Dokumen lain-lain yang terkait dengan usaha (seperti, kontrak-kontrak, kerja sama dengan supplier).
  • Tidak termasuk dalam daftar hitam/kredit bermasalah (SID) Bank Indonesia.

Cara Pengajuan KUR Bank Kalteng

Cara Pengajuan KUR Bank Kalteng

Setelah semua persyaratan diatas telah kalian persiapkan. Maka berikutnya yang akan kami sampaikan adalah mengenai pengajuan. Pengajuan KUR Bank Kalteng bisa dilakukan melalui kantor cabang Bank Kalteng setempat. Untuk prosedur nya, kalian dapat simak di bawah ini.

  1. Langkah pertama kalian dapat mengunjungi kantor Bank Kalteng setempat dengan membawa semua persyaratan yang diwajibkan.
  2. Setibanya di lokasi, ambil nomor antrean CS dan tunggu sampai nomor dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, datang dan temui CS lalu sampaikan bahwa kalian hendak melakukan pengajuan KUR Bank Kalteng.
  4. Selanjutnya CS akan memberikan informasi detail mengenai fasilitas pinjaman tersebut. Jika dirasa sudah paham, kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan.
  5. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian serahkan beserta syarat yang diperlukan
  6. CS akan melakukan evaluasi dan verifikasi berkas-berkas persyaratan serta formulir pengajuan yang telah kalian isi.
  7. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu survey dari pihak bank.

Survey sendiri menjadi salah satu tahap akhir pengajuan. Dimana nantinya dapat menjadi pertimbangan khusus dari pihak bank apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Jika pengajuan diterima, pihak bank akan menghubungi melalui telepon untuk meminta calon debitur datang ke kantor guna menyelesaikan proses pengajuan seperti tanda tangan kontrak kredit, administrasi dan pencairan dana pinjaman. Pengajuan Kredit Usaha Rakyat biasanya membutuhkan waktu cepat kurang dari 7 hari setelah berkas sampai ke pihak bank.

Tabel Angsuran KUR Bank BPD Kalteng

1. Tabel Angsuran KUR Mikro

Tabel Angsuran KUR Mikro

2. Tabel Angsuran KUR Kecil

Tabel Angsuran KUR Kecil

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sampaikan bahwa KUR Bank Kalteng ini tidak berbeda dengan KUR Bank Lain. Pengajuan, syarat, bunga serta limit pinjaman yang dihadirkan juga tidak berbeda jauh. Disamping itu dana pinjaman juga nantinya dapat digunakan sebagai modal usaha ataupun investasi.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Bank Kalteng. Mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.