√ KUR Bank Kalsel 2021: Syarat, Bunga, Keunggulan & Tabel Angsuran

KUR Bank Kalsel – Dari beberapa jenis pinjaman bank, produk Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Pemerintah telah mempercayakan kepada beberapa bank kenamaan di Indonesia untuk menyalurkan produk pinjaman ini untuk sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain bank familiar seperti BRI, Mandiri, BNI, BCA, Bank BPD Kalsel juga dipercaya untuk menyalurkan KUR satu ini.

Nah berbicara mengenai KUR, pada pertemuan kali ini idekredit.com akan membahas secara lengkap mengenai KUR Bank Kalsel. Kredit Usaha Rakyat atau KUR ini memang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat, terlebih mereka yang mungkin sudah pernah mengajukan fasilitas satu ini. Disamping hadir dengan suku bunga yang sangat rendah, pengajuan KUR BPD Kalsel juga dinilai sangat mudah.

Untuk perihal penerima KUR, Bank BPD Kalsel menyediakan pinjaman ini bagi para nasabah perorangan, kelompok usaha, koperasi, BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dan juga Badan Usaha tidak berbadan hukum atau berbadan hukum. Ada 2 jenis KUR yang disediakan, yakni KUR Mikro dan juga KUR Ritel. Masih-masing jenis KUR tersebut juga memiliki limit pinjaman yang berbeda-beda.

Dengan mengajukan pinjaman satu ini, nantinya para nasabah juga akan mendapatkan beberapa keunggulan, diantaranya adalah suku bunga ringan, proses pengajuan cepat serta angsuran menurun disetiap bulannya. Baiklah daripada penasaran mengenai KUR Bank Kalsel, di bawah ini dapat langsung kalian simak informasi lengkap mengenai syarat, bunga, keunggulan dan tabel angsuran KUR Bank Kalsel berikut ini.

KUR Bank Kalsel

Apa Itu KUR BPD Kalsel?

KUR Bank Kalsel merupakan salah satu fasilitas kredit untuk modal kerja maupun investasi yang diberikan kepada debitur usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan tersebut belum cukup. Dengan adanya produk ini, Bank Kalsel juga berharap dapat meningkatkan serta memperluas penyaluran KUR kepada usaha produktif agar memiliki daya saing dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja.

Keunggulan

Berbicara mengenai keunggulan, diatas sudah sempat kami singgung bahwasanya KUR Bank Kalimantan Selatan ini memiliki keunggulan mulai dari Suku Bunga ringan, proses pengajuan mudah dan cepat serta angsuran menurun disetiap bulannya. Keunggulan inilah yang menjadi faktor mengapa banyak para pelaku usaha di Kalimantan Selatan yang lebih memilih produk KUR BPD Kalsel dibandingkan KUR Bank lainnya.

Jenis KUR BPD Kalsel

Jenis KUR BPD Kalsel

Untuk soal jenis KUR, sama halnya dengan KUR BANK MANDIRI ataupun bank BRI. BPD Kalsel juga menyediakan 2 jenis KUR, yaitu KUR Mikro dan KUR Ritel (Kecil). Adapun penjelasan lengkapnya, kalian bisa simak informasi di bawah ini.

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan jenis kredit KUR yang diberikan kepada debitur dengan limit pinjaman Rp 25 juta dengan tenor angsuran mulai dari 3 tahun (modal kerja) sampai 5 tahun (investasi). Untuk informasi produk lebih jelasnya simak berikut:

  • Plafon kredit hingga Rp 25 juta.
  • Jangka waktu kredit mulai dari 3 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk investasi.
  • Memiliki usaha produktif yang layak dan belum atau telah bankable yang telah berjalan minimum 6 (enam) bulan.
  • Telah memiliki/tersedia modal sendiri minimal 10% dari kebutuhan modal kerja/ Investasi.
  • Biaya administrasi 0,5% dari plafond kredit.

2. KUR Ritel

KUR Ritel merupakan jenis kredit KUR yang diberikan kepada debitur dengan limit pinjaman Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta dengan tenor angsuran mulai dari 4 tahun (modal kerja) sampai 5 tahun (investasi). Untuk informasi produk lebih jelasnya simak berikut:

  • Plafon kredit mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta.
  • Jangka waktu kredit mulai dari 3 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk investasi.
  • Memiliki usaha produktif yang layak dan belum atau telah bankable yang telah berjalan minimum 6 (enam) bulan.
  • Telah memiliki/tersedia modal sendiri minimal 10% dari kebutuhan modal kerja/ Investasi.
  • Biaya administrasi 0,5% dari plafond kredit.

Syarat Pengajuan KUR Bank Kalsel

Syarat Pengajuan KUR Bank Kalsel

Kemudian untuk persyaratan pengajuan, KUR dari BPD Kalsel ini mewajibkan nasabah yang ingin mengajukan untuk menyiapkan beberapa syarat, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengajukan permohonan kredit secara tertulis diketahui oleh Suami/Isteri pemohon.
  • Wajib melampirkan e-KTP (elektronik KTP) Pemohon beserta istri atau suami dan atau Fotokopi pemilik Agunan.
  • FC Akta Nikah atau Kartu Keluarga.
  • Pas photo ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  • FC kartu NPWP (untuk pemohon Rp 50 juta keatas).
  • FC agunan seperti segel, sertifikat, BPKB.
  • Surat keterangan usaha minimal dari Kelurahan atau Kecamatan atau telah memiliki Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Cara Pengajuan KUR Bank Kalsel

Cara Pengajuan KUR Bank Kalsel

Sedangkan untuk cara pengajuan, kalian bisa langsung mengajukan KUR melalui kantor cabang BPD Kalsel setempat dengan membawa berkas persyaratan yang ada. Kalian juga nantinya harus mengisi formulir pengajuan pinjaman. Penting juga untuk diketahui bahwa prosedur pengajuan pinjaman ini juga sama halnya dengan pengajuan KUR Bank MANDIRI atau bank lainnya.

Dimana nantinya akan melewati tahap survey yang dilakukan oleh petugas bank sebagai pertimbangan akhir apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman. Jika pengajuan diterima, kalian akan diminta untuk datang ke kantor bank guna menyelesaikan prosedur pinjaman seperti tanda tangan kontrak kredit serta pencairan dana.

Tabel KUR Bank Kalsel

Di bawah ini dapat kalian simak beberapa informasi mengenai tabel angsuran KUR bank BPD Kalsel yang dapat kalian simak berikut.

1. Tabel KUR Bank Kalsel Plafon Rp 25 Juta

Tabel KUR Bank Kalsel Plafon Rp 25 juta

2. Tabel KUR Bank Kalsel Plafon Rp 50 Juta

Tabel KUR Bank Kalsel Plafond Rp 50 juta

3. Tabel KUR Bank Kalsel Plafon Rp 500 Juta

Tabel KUR Bank Kalsel Plafond Rp 500 juta

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, KUR Bank BPD Kalimantan Selatan memiliki persyaratan mudah serta proses pengajuan cepat yang kurang dari 7 hari. Selain menyediakan plafon besar hingga Rp 500 juta, tenor angsuran yang diberikan juga cukup fleksibel sehingga calon debitur dapat memiliki tenor sesuai kemampuan membayarnya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat, bunga, keunggulan dan tabel angsuran KUR BPD Kalimantan Selatan yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.