√ KUR Bank Jambi 2021 : Syarat, Bunga, Keunggulan & Tabel Angsuran

KUR Bank Jambi – Modal usaha terkadang menjadi masalah yang kerap dihadapi oleh para pelaku usaha, baik usaha mikro, kecil maupun menengah. Solusi untuk mengatasi masalah seperti ini, saat ini para pelaku UMKM dapat mengajukan fasilitas kredit pembiayaan untuk modal usaha maupun investasi yang bernama KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Salah satu bank penyedia fasilitas layanan KUR yang akan kita bahas kali ini adalah Bank BPD Jambi.

KUR Bank Jambi dapat dimanfaatkan oleh para nasabah yang membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnis yang sedang mereka jalani. Disamping itu, KUR juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti investasi. KUR BPD Jambi juga diperuntukkan bagi perorangan maupun badan usaha yang berada di wilayah Jambi dan sekitarnya. Mereka bisa mengajukan KUR dengan limit pinjaman hingga maksimal Rp 500 juta.

Besaran limit pinjaman diberikan juga sama dengan beberapa produk KUR bank BPD lain seperti KUR BANK SUMUT. Kemudian untuk soal persyaratan pengajuan, setiap nasabah perorangan maupun badan usaha juga tentunya memiliki persyaratan berbeda-beda. Mengenai hal ini nanti akan kami sampaikan bersamaan dengan pembahasan lain-lainnya yang ada di dalam produk KUR Bank Jambi satu ini.

Selain informasi tersebut, akan ada beberapa informasi suku bunga, biaya-biaya yang terdapat di fasilitas kredit usaha rakyat, serta cara pengajuan serta tabel angsuran dari KUR Bank Jambi. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kalian simak informasi terlengkap yang telah idekredit.com sampaikan mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Bank Jambi yang dapat kalian simak berikut ini.

KUR Bank Jambi

Apa Itu KUR Bank Jambi?

KUR Bank Jambi adalah salah satu fasilitas kredit yang diberikan kepada nasabah perorangan maupun badan usaha dengan limit maksimal Rp 500 juta yang dapat digunakan untuk keperluan modal usaha dan juga investasi. Suku bunga diberikan cukup ringan dengan tenor angsuran hingga maksimal 60 bulan. Berbicara mengenai manfaat, KUR Bank BPD Jambi juga memiliki tujuan untuk meningkatkan sektor riil dan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) yang sangat mendorong penciptaan lapangan kerja serta penanggulangan kemiskinan.

Keunggulan

Keunggulan KUR Bank Jambi

Lalu mengenai keunggulan, ada beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh Bank Jambi melalui produk pinjaman UMKM satu ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Suku Bunga Ringan

Seperti kita ketahui bahwa KUR memiliki tingkat suku bunga ringan, yakni hanya 6% efektif per tahun. Besaran suku bunga ini juga diberikan oleh semua bank penyalur KUR yang dipercaya oleh pemerintah tak terkecuali Bank BPD Jambi.

2. Proses & Syarat Pengajuan Mudah

Proses pengajuan serta persyaratan diperlukan untuk mengajukan pinjaman usaha kecil menengah ini juga cukup mudah dan memiliki proses cepat, yakni kurang dari 7 hari kerja setelah berkas dokumen masuk ke pihak Bank.

3. Tenor Angsuran Panjang

Tenor angsuran yang diberikan juga cukup fleksibel, dimana untuk kredit modal kerja adalah 36 bulan dan kredit investasi maksimal 60 bulan.

4. Limit Pinjaman Besar

KUR memberikan limit pinjaman mulai dari Rp 50 juta (KUR Mikro) hingga maksimal Rp 500 juta (KUR Kecil).

Bunga, Biaya & Lain-Lain

Bunga Biaya Lain Lain

Untuk informasi suku bunga, diatas sudah sempat kami sampaikan bahwa besaran suku bunga KUR ini merata dan berlaku untuk semua bank penyalur KUR di Indonesia, yakni hanya 6%. Sedangkan untuk biaya dan lain-lain, mengenai informasi ini kalian bisa bertanya langsung ke bank terkait untuk mendapatkan kejelasannya. Dimana melalui situs resminya, Bank Jambi tidak terlalu transparan akan informasi biaya-biaya yang terdapat di dalam fasilitas kredit satu ini.

Syarat Pengajuan KUR Bank Jambi

Syarat Pengajuan KUR Bank Jambi

Lalu mengenai informasi persyaratan dokumen pengajuan KUR, kalian harus lebih dulu mengetahui apa saja syarat-syarat yang diperlukan sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan. Lebih jelasnya simak informasi persyaratan di bawah ini.

Syarat Pengajuan KUR Perorangan

  • Pas photo calon debitur & pasangan (bagi yang sudah menikah)
  • E-KTP calon debitur & pasangan (bagi yang sudah menikah) yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga
  • Akta Nikah/ Surat Cerai/Surat Kematian (jika relevan)
  • NPWP (untuk plafond diatas 50 juta)
  • Tidak sedang dibiayai oleh Kredit Program lain dan kredit produktif lainnya di Bank / bank lain / lembaga keuangan lainnya selain S-SRG
  • Istri/suami peserta KUR yang tercatat, baik itu perorangan, anggota kelompok tidak dapat dibiayai oleh KUR
  • Surat Keterangan Usaha SKU berupa SIUP/SITU/TDP untuk plafond kredit ≥ 250 Juta
  • Surat Keterangan Usaha SKU dari instansi yang berwenang untuk Plafon Kredit < 250 Juta
  • Persyaratan lainnya yang diperlukan oleh bank
  • Dokumen kepemilikan Agunan (asli) beserta kelengkapan / dokumen pendukungnya

Syarat Pengajuan KUR Badan Usaha

  • Akta Pendirian dan perubahannya
  • Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga atau anggaran dasar lainnya yang dipersamakan dengan hal tersebut
  • E-KTP Pengurus Badan Usaha
  • E-KTP Penjamin (jika agunan bukan atas nama badan usaha)
  • E-KTP Pasangan Penjamin (jika agunan bukan atas nama badan usaha)
  • NPWP atas nama badan usaha
  • Seluruh ijin atau legalitas usaha yang dimiliki masih berlaku
  • Hasil Rapat Anggota Tahunan (minimal 2 periode terakhir) serta penetapan susunan pengurus yang telah di legalisasi oleh instansi yang berwenang (khusus bagi koperasi)
  • SK MenHUM & HAM RI beserta perubahannya (khusus PT)
  • Hasil RUPS terakhir (khusus PT)
  • Dokumen pembayaran pajak usaha berikut SPT Tahunan dan rekening listrik, telepon dan air, untuk tempat usaha (minimal bulan terakhir)
  • Laporan keuangan tahunan minimal 2 tahun terakhir dan laporan keuangan periode terakhir
  • Dokumen kepemilikan Agunan (asli) beserta kelengkapan / dokumen pendukungnya

Cara Pengajuan KUR Bank Jambi

Cara Pengajuan KUR Bank Jambi

Setelah mengetahui informasi persyaratan apa saja yang diperlukan untuk melakukan pengajuan KUR Bank Jambi diatas. Berikutnya kami akan menyampaikan prosedur atau langkah-langkah pengajuan KUR melalui kantor cabang Bank Jambi setempat di bawah ini.

  1. Kunjungi kantor Bank Jambi cabang setempat dengan membawa semua persyaratan lengkap.
  2. Ambil nomor antrean CS dan tunggu sampai nomor dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, datang dan temui CS lalu sampaikan bahwa kalian hendak melakukan pengajuan pinjaman KUR Bank Jambi.
  4. CS akan memberikan informasi detail mengenai produk pinjaman tersebut. Jika dirasa sudah paham, kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan.
  5. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian serahkan beserta syarat yang diperlukan
  6. CS akan melakukan evaluasi dan verifikasi berkas-berkas persyaratan serta formulir pengajuan yang telah kalian isi.
  7. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu survey dari pihak bank.

Setelah melalui tahapan proses pengajuan, berikutnya yang akan dilakukan pihak bank adalah proses survey. Nah proses survey ini menjadi tahap akhir, dimana bank akan dapat menyimpulkan apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Apabila pengajuan diterima, nantinya pihak bank akan menghubungi melalui nomor telepon yang tertulis di formulir pengajuan untuk menyampaikan bahwa pengajuan telah diterima.

Pihak bank juga akan meminta calon debitur untuk datang ke kantor guna menyelesaikan proses penandatanganan kontrak kredit serta pencairan dana pinjaman dan lain sebagainya.

Tabel Angsuran KUR Bank Jambi

1. Tabel KUR Bank Jambi Plafon Rp 50 Juta

Tabel KUR Rp 50 Juta 1

2. Tabel KUR Bank Jambi Plafon Rp 500 Juta

Tabel KUR Rp 500 Juta 1

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sampaikan bahwa program KUR dari pemerintah dapat diajukan dengan syarat mudah dan proses cepat. Disamping itu pemilihan tujuan pinjaman juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk modal usaha atau investasi.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai persyaratan dan prosedur pengajuan KUR Bank Jambi. Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.