√ KUR Bank Sumut 2021 : Syarat, Bunga, Keunggulan & Tabel Angsuran

KUR Bank Sumut – Kredit Usaha Rakyat atau dikenal juga dengan nama KUR mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian semua. Terlebih untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang merupakan sektor tujuan dari adanya produk pinjaman bunga ringan yang satu ini. KUR juga menjadi salah satu produk pinjaman yang dihadirkan pemerintah dengan mempercayakan beberapa bank-bank di Indonesia untuk menyalurkannya.

Bukan hanya bank BRI, BNI dan Mandiri saja, pemerintah juga mempercayakan kepada beberapa Bank Pembangunan Daerah seperti Bank Sumut dan lain sebagainya. Nah mengenai pembahasan Kredit Usaha Rakyat atau KUR, kali ini idekredit.com akan memberikan beragam informasi lengkap mengenai persyaratan, suku bunga, keunggulan, cara pengajuan serta tabel angsuran Kredit Usaha Rakyat Bank Sumatera Utara.

KUR BPD Bank Sumut (Sumatera Utara) ini sebenarnya tidak berbeda dengan beberapa KUR bank lain seperti KUR MANDIRI, KUR BRI dan juga KUR BNI. Dimana suku bunga, tenor angsuran serta jenisnya juga hampir sama. Pengajuan KUR BPD Sumut ini juga dapat dilakukan melalui kantor cabang BPD Sumut setempat dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan.

Lalu apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman tersebut? Syaratnya juga sangat mudah, dan yang pasti kalian harus memiliki usaha yang sedang dijalani. Adapun persyaratan dokumen, nanti akan kami sampaikan di pembahasan utama kali ini. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Bank Sumut serta informasi tabel angsuran KUR berikut ini.

KUR Bank Sumut

Apa Itu KUR Bank Sumut?

KUR atau Kredit Usaha Rakyat Bank Sumut adalah salah satu fasilitas kredit yang diberikan kepada para nasabah bank Sumut yang memiliki usaha dengan skala besar maupun kecil (UMKM). Pinjaman KUR dari BPD Bank Sumut telah menyediakan dana KUR hingga Rp 1 Triliun yang terhitung sejak Oktober 2020 hingga April 2021.

Keunggulan

Perlu diketahui juga bahwa KUR BPD Bank Sumut ini juga menghadirkan beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh para nasabah yang mengajukan pinjaman ini. Keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Gratis biaya administrasi.
  • Tidak dikenakan biaya provisi.
  • Suku bunga 7% efektif per tahun.
  • Plafon KUR Mikro hingga Rp 25 juta.
  • Plafon KUR Kecil hingga Rp 500 juta.
  • Bisa diajukan diseluruh kantor unit bank Sumut di wilayah Sumatera Utara, Jakarta Selatan dan Batam.
  • Proses cepat dan layanan prima serta real time dengan Kementrian Keuangan.

Suku Bunga KUR BPD Sumut

Berbicara mengenai suku bunga. Suku Bunga KUR ini bisa dikatakan sangatlah ringan, yakni hanya 6% per tahun efektif. Besaran suku bunga KUR atau pinjaman lain memang sudah ditetapkan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Suku bunga tersebut juga berlaku untuk hampir semua bank BPD, seperti halnya dengan KUR BPD BANK JATENG, Bank Jatim dan beberapa lagi lainnya.

Jenis KUR Bank BPD Sumut

Jenis KUR Bank BPD Sumut

Kemudian mengenai jenisnya, KUR Sumut ini dibagi menjadi 3, yakni KUR Super Mikro, KUR Kecil dan KUR Mikro. Nah, mengenai penjelasan keduanya, kami sudah siapkan di bawah ini dan bisa langsung kalian simak.

1. KUR Mikro

KUR Mikro adalah jenis pinjaman KUR BPD Bank Sumut yang diperuntukkan bagi para nasabah dengan maksimal pinjaman Rp 25 juta. Kemudian untuk tenor angsuran, KUR ini hanya memiliki tenor sampai 12 bulan saja.

2. KUR Kecil

KUR Kecil adalah jenis pinjaman KUR BPD Bank Sumatera Utara yang diperuntukkan bagi para nasabah dengan limit pinjaman mulai dari Rp 25 juta hingga maksimal Rp Juta. Kemudian untuk pilihan tenor angsuran, nasabah bisa memilih tenor angsuran mulai dari 12 bulan hingga maksimal 60 bulan sesuai dengan kemampuan membayar.

3. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro adalah produk atau fasilitas pinjaman yang diperuntukkan bagi para korban PHK akibat pandemi Covid-19 serta ibu rumah tangga. Pinjaman ini hadir dengan plafon maksimal Rp 10 juta dan tenor angsuran hingga 12 bulan.

Syarat Pengajuan KUR Bank BPD Sumut

Syarat Pengajuan KUR Bank BPD Sumut

Dan mengenai persyaratan pengajuan, Kredit Usaha Rakyat Bank BPD Sumut ini mewajibkan setiap nasabah yang mengajukan KUR untuk memenuhi beberapa persyaratan, baik syarat umum dan juga syarat dokumen. Adapun persyaratan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Syarat Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki KTP
  • Memiliki Usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  • Tidak memiliki pinjaman
  • Mengisi formulir pinjaman
  • Tidak masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia

Syarat Dokumen

  • FC e-KTP (suami dan istri)
  • FC Kartu Keluarga
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 (suami dan istri)
  • FC Surat Nikah / Akta Nikah
  • Asli Surat Keterangan Usaha dari pihak yang berwenang
  • Asli dan FC Agunan
  • FC NJOP PBB
  • FC NPWP
  • Nota-nota pendukung usaha lainnya

Cara Pengajuan KUR Bank BPD Sumut

Cara Pengajuan KUR Bank BPD Sumut

Setelah mengetahui apa saja informasi persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan KUR. Berikutnya kami juga akan menyampaikan beberapa langkah atau prosedur pengajuan KUR melalui kantor cabang Bank Sumut yang dapat kalian simak di bawah ini.

  1. Pertama kunjungi kantor Bank Sumut dengan membawa semua persyaratan lengkap.
  2. Ambil nomor antrean CS dan tunggu sampai nomor dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, datang dan temui CS lalu sampaikan bahwa kalian hendak melakukan pengajuan pinjaman KUR.
  4. CS biasanya akan memberikan informasi detail mengenai produk pinjaman tersebut. Jika dirasa sudah paham, kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan.
  5. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian serahkan beserta syarat yang diperlukan
  6. CS akan melakukan evaluasi dan verifikasi berkas-berkas persyaratan serta formulir pengajuan yang telah kalian isi.
  7. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu survey dari pihak bank.

Untuk proses survey ini sangat diperlukan untuk pertimbangan pihak bank, apakah nasabah layak untuk mendapatkan produk pinjaman KUR ini. Nah jika pinjaman disetujui, kalian akan dihubungi oleh pihak bank dan diminta untuk datang ke bank guna menyelesaikan proses pinjaman mulai dari tanda tangan kontrak pinjaman serta pencairan dana.

Tabel KUR Bank Sumut

Sebagai sumber referensi, di bawah ini dapat kalian simak beberapa daftar tabel angsuran KUR BPD Bank Sumut, mulai dari KUR Super Mikro, KUR Kecil dan KUR Mikro Bank Sumut.

1. Tabel KUR Super Mikro

Tabel KUR Super Mikro Bank Sumut

2. Tabel KUR Mikro

Tabel KUR Mikro

3. Tabel KUR Kecil

Tabel KUR Kecil

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, pengajuan pinjaman KUR ini bisa dilakukan dengan mudah baik untuk persyaratan maupun caranya. Disamping itu kalian juga dapat memilih beberapa jenis KUR, seperti Super Mikro, Kecil dan Mikro. Besaran plafon yang disediakan juga berbeda-beda.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Bank Sumut yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.