Kredivo VS Indodana, Mana Yang Paling Rekomendasi ?

Kredivo VS Indodana – Aplikasi Paylater dan Pinjaman Online memang banyak digunakan oleh masyarakat di tengah pandemi sekarang ini. Terlebih mereka yang memang terkena dampak dari adanya pandemi tersebut, sudah bisa dipastikan mereka membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya atau untuk mencukupi kehidupan sehari-hari. Maka dari itu aplikasi seperti Kredivo, Indodana, Akulaku, serta aplikasi serupa lainnya banyak mereka manfaatkan untuk pengajuan pinjaman tunai maupun pembelian baran secara cicilan.

Dari sekian banyaknya aplikasi pinjaman online dan paylater, Kredivo dan Indodana mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian semua. Nah membahas mengenai Kredivo dan Indodana, banyak yang kerap mempertimbangkan penggunaan kedua aplikasi tersebut, apakah Kredivo lebih baik dan rekomendasi dibandingkan dengan Indodana, atau malah sebaliknya Indodana lah yang lebih baik dibandingkan Kredivo. Pembahasan mengenai keduanya akan kami kupas secara detail mungkin dengan judul Kredivo VS Indodana.

Membahas mengenai Kredivo VS Indodana, sebelum kalian memutuskan untuk mengajukan pinjaman di kedua aplikasi tersebut, kami sarankan untuk mengetahui beberapa perbandingan diantara keduanya. Perbandingan tersebut mulai dari fitur yang ada di kedua aplikasi tersebut, kemudian besaran limit maksimal yang diberikan, suku bunga, biaya layanan dan juga denda yang dibebankan ketika pengguna telat bayar tagihan. Informasi tersebut harus dan wajib kalian ketahui agar nantinya bisa memilah dan memilih manakah yang lebih rekomendasi.

Dari beberapa poin diatas, mungkin para pengguna akan mencari informasi mengenai suku bunga dan juga besaran limit yang bisa dimiliki. Keduanya menjadi hal paling penting bagi sebagian orang, dengan memiliki limit besar serta bunga yang rendah memang tidak dimiliki oleh semua layanan pinjaman online. Ada juga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing. Baiklah daripada penasaran mengenai manakah yang lebih rekomendasi antara Kredivo VS Indodana, langsung saja simak pembahasan lengkap yang telah kami siapkan berikut ini.

Kredivo VS Indodana

Apa Itu Kredivo & Indodana?

Sebelum kita berlanjut ke inti pembahasan di pertemuan kali ini mengenai Kredivo VS Indodana, di poin pertama kami akan memberikan informasi terkait apa itu Kredivo dan juga Indodana. Kredivo dan Indodana memang memiliki cara kerja yang sama, dimana keduanya menyediakan fitur paylater dan juga pinjaman tunai. Hanya saja keduanya dibedakan dari beberapa poin seperti sudah kami sampaikan diatas. Nah untuk mengetahui lebih dalam mengenai keduanya, langsung saja simak pengertian Kredivo dan Indodana di bawah ini.

Baca  11 Cara Bayar Kredivo Lewat Bank Jago : Syarat & Biaya Admin

1. Kredivo

Kredivo adalah aplikasi pinjaman online dan Paylater yang memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk melakukan pembelian barang secara cicilan dengan tenor 3, 6 dan 12 bulan serta pinjaman tunai hingga maksimal Rp 30 juta. Kredivo juga telah bekerjasama dengan banyak merchant di seluruh Indonesia, seperti Tokopedia, Bukalapak, IKEA dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk dapat menggunakan Kredivo, pengguna bisa dengan mudah mengunduh aplikasi melalui Play Store maupun App Store. CARA DAFTAR KREDIVO juga memiliki syarat dan prosedur yang sangat mudah.

2. Indodana

Indodana adalah salah satu aplikasi paylater dan pinjaman online yang hadir untuk memudahkan pengguna melakukan pembelanjaan secara cicilan serta pengajuan pinjaman tunai hingga limit maksimal Rp 25 juta. Indodana juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa marketplace untuk menghadirkan layanan paylater, seperti salah satunya adalah Blibli Paylater dan juga Bukalapak Paylater, Tokopedia dan masih banyak lagi yang lainnya. Informasi lengkap mengenai aplikasi, kalian bisa simak APA ITU INDODANA PAYLATER.

Perbandingan Kredivo VS Indodana

Perbandingan Kredivo VS Indodana

Berlanjut ke pembahasan utama mengenai Kredivo VS Indodana. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa ada beberapa poin penting yang bisa kalian jadikan acuan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi Kredivo atau Indodana. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kalian simak penjelasan per poin yang telah kami siapkan di bawah ini.

1. Fitur

Poin pertama adalah mengenai fitur. Sudah barang pasti setiap aplikasi pinjaman online maupun Paylater telah dibekali dengan beragam fitur menarik. Baik Kredivo maupun Indodana ini memiliki fitur yang sama, yakni fitur Paylater maupun pinjaman tunai. Dari segi kerjasama, bisa dikatakan Kredivo memiliki merchant yang lebih banyak dibandingkan Indodana, mengingat Kredivo lebih dulu hadir lebih lama dibandingkan Indodana, maka tak heran jika dalam poin ini Kredivo unggul jauh dibandingkan Kredivo.

2. Limit

Perbandingan Kredivo VS Indodana berikutnya adalah mengenai limit kredit. Baik Kredivo maupun Indodana memiliki limit kredit yang nantinya dapat digunakan oleh para penggunanya. Kredivo sendiri dapat memberikan limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta. Tak mau kalah, Indodana juga menyediakan limit kredit maksimal sebesar Rp 25 juta. Besaran limit tersebut nantinya dapat digunakan sebagai metode pembayaran kredit online di merchant rekanan. Walaupun Indodana masih juga kalah dalam urusan limit kredit, akan tetapi Indodana menyediakan fitur pengajuan kenaikan limit, tidak seperti Kredivo yang hanya menambahkan limit sesuai dengan skor kredit yang dimiliki oleh penggunanya.

Baca  5 Cara Cek Angsuran BCA Finance Terlengkap 2021

3. Bunga

Kemudian untuk soal bunga, lagi-lagi Kredivo juga unggul dalam sektor ini. Kredivo dikenal menjadi satu-satunya aplikasi pinjaman online dan paylater yang memiliki limit kredit paling rendah, yakni hanya 2,6% per bulan. Sedangkan Indodana sendiri memiliki suku bunga yang lebih besar 0,4%, yakni 3% per bulan. Memang selisih nya begitu sedikit, namun akan terasa jika pengguna mengajukan pinjaman dengan nominal yang besar. Sebagai perbandingan, di bawah ini ada tabel simulasi perhitungan bunga Kredivo VS Indodana yang ditambah dengan biaya admin atau layanan.

Jumlah PinjamanKredivoIndodana
Rp 1.000.000Rp 1.078.000Rp 1.090.000
Rp 2.000.000Rp 2.156.000Rp 2.180.000
Rp 3.000.000Rp 3.234.000Rp 3.270.000
Rp 4.000.000Rp 4.312.000Rp 4.360.000
Rp 5.000.000Rp 5.390.000Rp 5.450.000
Rp 10.000.000Rp 10.780.000Rp 10.900.000

4. Biaya

Kemudian untuk besaran biaya layanan juga akan menjadi poin perbandingan yang wajib kalian ketahui. Nah soal biaya layanan, bisa dikatakan hampir semua aplikasi pinjol maupun paylater akan membebani biaya layanan yang sama, yakni hanya 1% tak terkecuali Kredivo dan Indodana ini. Bisa disimpulkan jika di sektor ini, baik Kredivo maupun Indodana seimbang.

5. Denda

Dan untuk pembahasan terakhir adalah mengenai denda. Denda sudah pasti akan diberikan kepada pengguna yang telat membayar cicilan. Bukan hanya denda saja, mereka juga akan dibebani dengan biaya keterlambatan. Indodana sendiri memberikan denda sebesar 10% per bulan sesuai dengan jumlah cicilan. Sedangkan untuk Kredivo, denda yang diberikan jauh lebih ringan, yakni hanya 4% per 30 hari, namun ditambah dengan biaya keterlambatan sebesar 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai Kredivo VS Indodana. Disini dapat disimpulkan bahwa Kredivo menang jauh dari Indodana. Baik dari sektor limit, bunga dan juga denda. Maka dari itu kami sangat merekomendasikan Kredivo untuk kalian gunakan sebagai layanan paylater maupun pinjaman tunai.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai Kredivo VS Indodana. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.