√ Kredit Wirausaha Bank Kalsel 2021 : Jenis, Syarat & Cara Pengajuan

Kredit Wirausaha Bank Kalsel – Memiliki bisnis maupun usaha mungkin salah satu impian yang diinginkan oleh sebagian orang. Namun untuk membuka usaha, para pelaku usaha tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit, tergantung juga dari skala bisnis yang akan dijalani. Nah mengenai modal usaha, saat ini kalian bisa memanfaatkan beberapa fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh perbankan, salah satunya adalah Bank Kalsel.

Jika kalian merupakan nasabah dari Bank Kalsel, kalian mungkin bisa memilih beberapa fasilitas pembiayaan seperti KUR BANK KALSEL, kredit usaha mikro dan juga kredit wirausaha. Hampir setiap produk kredit usaha ini diperuntukkan bagi nasabah perorangan yang bekerja sebagai PNS, pensiunan, karyawan BUMN/BUMD serta juga profesional. Di pembahasan kali ini, idekredit.com akan membahas mengenai Kredit Wirausaha Bank Kalsel.

Kredit Wirausaha dari Bank Kalsel ini diperuntukkan untuk berbagai keperluan usaha seperti penambahan modal usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil serta menengah serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Perlu diketahui juga bahwa Kredit Wirausaha juga terdiri atas 3 skim produk, yakni Kredit Wirausaha/KWU Kita, KWU Bisa dan KWU Juara. Mengenai 3 skim produk tersebut nanti akan kami bahas secara detail.

Berbicara mengenai persyaratan, produk pembiayaan dari Bank Kalimantan Selatan ini memiliki persyaratan yang cukup ringan. Lalu untuk proses pengajuan juga dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank Kalsel setempat. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat serta cara pengajuan Kredit Wirausaha Bank Kalsel yang telah idekredit.com siapkan di bawah ini.

Kredit Wirausaha Bank Kalsel

Apa Itu Kredit Wirausaha?

Bagi kalian yang mungkin belum mengetahui apa kredit wirausaha ini, Kredit Wirausaha dari Bank Kalsel merupakan kredit modal kerja/investasi yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dan kecil yang produktif. Kredit ini juga diberikan kepada perorangan yang berprofesi sebagai PNS, pensiunan PNS, karyawan BUMN/BUMD, profesional (Dokter, Bidan, Akuntan, Notaris serta pekerja profesional lainnya).

Keunggulan Kredit Wirausaha

Dan berbicara mengenai keunggulan, hampir disetiap produk pembiayaan miliki Bank Kalsel sudah dapat dipastikan memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Persyaratan mudah dan ringan.
  • Proses pengajuan cepat.
  • Tenor angsuran fleksibel.
  • Suku bunga kompetitif.

Jenis Produk Kredit Wirausaha

Jenis Produk Kredit Wirausaha

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa produk kredit wirausaha ini memiliki 3 skim produk. 3 produk ini tentunya memiliki perbedaan, lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan masing-masing produk di bawah ini.

1. Kredit Wirausaha Kita

Produk pertama ini dikenal juga dengan KWU Kita. KWU Kita diperuntukkan bagi para PNS dan pensiunan PNS. Nantinya pinjaman yang diperoleh juga dapat dikembalikan dengan pemilihan tenor mulai dari 10 tahun hingga maksimal 20 tahun. Plafon pinjaman juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan modal kerja/investasi.

  • Sasaran untuk PNS dan Pensiunan PNS
  • Jangka waktu maksimal 20 tahun untuk PNS atau tidak melebihi masa pensiun
  • Jangka waktu maksimal 10 tahun untuk pensiunan PNS
  • Plafon kredit disesuaikan dengan kebutuhan modal kerja/investasi

2. Kredit Wirausaha Bisa

Selanjutnya ada KWU Bisa. Fasilitas kredit ini diperuntukkan bagi para PNS non-Pemda, Karyawan BUMN/BUMD, profesional. Pinjaman KWU Bisa ini memiliki jangka waktu maksimal 10 tahun dengan plafon pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan modal kerja/investasi.

  • Sasaran untuk PNS Non-Pemda, Karyawan BUMN/BUMD, Pekerja Profesional
  • Jangka waktu maksimal 10 tahun
  • Plafon kredit disesuaikan dengan kebutuhan modal kerja/investasi

3. Kredit Wirausaha Juara

Dan terakhir adalah KWU Juara. Fasilitas kredit ini diperuntukkan bagi para PNS. Pinjaman KWU Bisa ini memiliki jangka waktu maksimal 20 tahun dan dapat melebihi masa aktif PNS s/d usia 70 tahun. Plafon pinjaman diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan modal kerja/investasi.

  • Sasaran untuk PNS
  • Jangka waktu maksimal 20 tahun, dapat melebihi masa aktif PNS s/d usia 70 tahun
  • Plafon kredit disesuaikan dengan kebutuhan modal kerja/investasi

Persyaratan Pengajuan Kredit Wirausaha Bank Kalsel

Persyaratan Pengajuan Kredit Wirausaha Bank Kalsel

Kemudian untuk perihal persyaratan, seperti sudah disinggung diatas bahwa persyaratan pengajuan Kredit Wirausaha Bank Kalsel ini cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen-dokumen di bawah ini.

  • Mengajukan permohonan kredit secara tertulis diketahui oleh Suami/Istri pemohon.
  • FC KTP pemohon dan istri/suami
  • FC Akta Nikah atau Kartu Keluarga
  • FC rekening tabungan
  • FC dokumen kepegawaian
  • FC NPWP (pinjaman > Rp 50 juta)
  • Surat keterangan usaha dari Kelurahan/Kecamatan atau telah memiliki Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)
  • Laporan keuangan (Neraca dan Laba/Rugi)

Cara Pengajuan Kredit Wirausaha Bank Kalsel

Cara Pengajuan Kredit Wirausaha Bank Kalsel

Pengajuan kredit ini bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor cabang Bank Kalsel setempat. Pengajuan melalui bank memang lebih direkomendasikan oleh kami dibandingkan pengajuan secara online. Disamping itu, kalian juga nantinya dapat bertanya perihal apa saja yang terdapat di dalam produk kredit satu ini. Mengenai langkah-langkah pengajuan, kalian dapat simak di bawah ini.

  1. Kunjungi kantor Bank Kalsel dengan membawa semua persyaratan lengkap.
  2. Sesampainya di lokasi, ambil nomor antrean CS dan tunggu sampai nomor dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, datang dan temui CS lalu sampaikan bahwa kalian hendak melakukan pengajuan Kredit Wirausaha.
  4. Nantinya CS akan memberikan informasi detail mengenai fasilitas pinjaman tersebut. Jika dirasa sudah paham, kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan.
  5. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian serahkan beserta syarat yang diperlukan
  6. CS akan melakukan evaluasi dan verifikasi berkas-berkas persyaratan serta formulir pengajuan yang telah kalian isi.
  7. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu survey dari pihak bank.

Setelah pengajuan diterima, nantinya pihak bank akan segera menghubungi kalian melalui nomor HP yang tertulis di formulir pengajuan. Selain menginformasikan pengajuan diterima, kalian juga akan diminta untuk datang ke bank guna proses penandatanganan kontrak kredit serta pencairan dana.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami cukup merekomendasikan kredit ini bagi kalian para pelaku UMKM. Selain memiliki tenor panjang, persyaratan dan proses pengajuan juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Nantinya ada tahap survey dari pihak untuk pertimbangan apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman. Untuk informasi suku bunga, biaya dan lainnya kalian dapat langsung menghubungi pihak Bank untuk mendapatkan kejelasannya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Wirausaha Bank Kalsel yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.