Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya – Kredit Usaha Rakyat atau dikenal juga dengan KUR merupakan salah satu program pinjaman dari Pemerintah yang disalurkan melalui Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) seperti Bank BRI, Mandiri, BNI dan BTN. Produk pinjaman ini juga diberikan kepada khususnya para pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Dimana nantinya dana tersebut bisa mereka gunakan untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani, terlebih lagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, KUR sangat banyak diminati.

Membahas mengenai KUR BRI, pinjaman ini merupakan jenis pinjaman dana tunai dengan cicilan paling ringan bahkan calon debitur tidak perlu melampirkan jaminan seperti BPKB maupun Sertifikat tanah/SHM. Terlepas dari itu semua, terkadang ada beberapa pertanyaan sering dilayangkan oleh beberapa orang ketika hendak melakukan pengajuan KUR. Mulai dari syarat apa saja yang diperlukan, bagaimana prosedurnya dan juga apakah pinjaman KUR BRI ada asuransinya?

Nah untuk pertanyaan ketiga tersebut ini akan kami bahas di pertemuan kali ini. Penting diketahui bahwa dengan adanya asuransi, nantinya mereka bisa klaim asuransi pinjaman tersebut ketika debitur meninggal atau mengalami kecelakaan atau hal-hal tidak diinginkan lainnya. Asuransi memang terkadang menjadi hal cukup penting dalam urusan kredit atau pinjaman. Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua jenis pinjaman Bank BRI memiliki asuransi.

Mengenai pembahasan apakah pinjaman KUR BRI ada asuransinya? disini kita akan menyinggung sedikit mengenai apakah asuransi itu. Asuransi pinjaman adalah proteksi yang diberikan oleh pihak Asuransi kepada Bank Umum/Lembaga Pembiayaan Keuangan atas risiko kegagalan Debitur ketika melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai (cash loan) seperti kredit modal kerja, perdagangan dan lainnya. Kembali ke topik utama mengenai pinjaman KUR BRI ada asuransinya atau tidak, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya

Apa Itu Asuransi Kredit/Pinjaman?

Sebelum berlanjut ke pembahasan utama mengenai apakah pinjaman KUR BRI ada Asuransinya, disini kami akan memberikan informasi terlebih dulu mengenai apa itu yang dimaksud dengan asuransi kredit/pinjaman. Asuransi kredit atau asuransi pinjaman adalah proteksi diberikan oleh pihak Asuransi kepada Bank maupun lembaga keuangan atas resiko kegagalan debitur ketika melunasi pinjaman.

Baca  10 Cara Pengajuan Pinjaman One Hope 2022: Syarat & Keunggulan

Apakah Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya?

Apakah Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya

Nah mengenai apakah pinjaman KUR BRI ada Asuransinya atau tidak, penting diketahui bahwa pinjaman KUR reguler dari Bank BRI ini tidak memberikan asuransi. Menurut pengalaman pribadi dari salah satu tim idekredit.com, ketika melakukan pengajuan KUR SUPER MIKRO BRI, pihak bank menawarkan asuransi kebakaran dari BRI Insurance. Namun disini, asuransi ditawarkan pihak BRI tersebut memang tidak mengharuskan calon debitur untuk menerima penawaran tersebut. Apabila kalian ingin mendapatkan pinjaman BRI lengkap dengan asuransi, kalian bisa mengajukan jenis pinjaman Bank BRI lainnya seperti Kupedes, BRIGuna, KPR maupun KKB.

Jenis Pinjaman BRI yang Mendapatkan Asuransi

Jenis Pinjaman BRI yang Mendapatkan Asuransi

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa ada beberapa jenis pinjaman Bank BRI yang mendapatkan fasilitas asuransi. Dimana fasilitas asuransi yang ada di masing-masing pinjaman BRI tersebut juga tentu berbeda-beda, baik asuransi yang ada di KPR, KKB, BRIGuna maupun Kupedes.

Jenis Pinjaman BRIAsuransi Diperoleh
KPR BRIAsuransi Jiwa Kredit serta Asuransi Kerugian/Kebakaran
KPRS BRIAsuransi Jiwa Kredit serta Asuransi Kerugian/Kebakaran
KKB BRIAsuransi Kerugian All Risk.
BRIGuna KaryaAsuransi Jiwa
BRIGuna UmumAsuransi Jiwa Tanpa Medical Check Up hingga Rp 500 juta
BRIGuna PendidikanAsuransi Jiwa
Kupedes BRIAsuransi Jiwa Kredit, Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan dan Asuransi kecelakaan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sampaikan sekali lagi bahwa pinjaman KUR BRI memang tidak memiliki asuransi seperti jenis pinjaman BRI lainnya yang bisa kalian simak diatas. Umumnya, dengan adanya asuransi ini, apabila debitur meninggal dan masih memiliki sisa angsuran, maka ahli waris yang harus membayarkan sisa angsuran tersebut. Akan tetapi seringkali sisa pinjaman tersebut tidak dibayarkan oleh pihak ahli waris. Inilah yang menjadikan kredit macet karena dirasa terlalu membebani ahli waris.

Baca  35 Tabel Pinjaman KUR BRI 2022 : Jenis, Syarat, Bunga & Pengajuan

Terlebih jika angsuran yang harus dibayarkan telah macet selama berbulan-bulan, ini juga menjadikan DENDA KUR BRI kian menumpuk dan semakin memberatkan. Namun hal ini bisa di musyawarahkan dengan pihak bank untuk mencari solusi yang apik dan tidak merugikan kedua belah pihak baik ahli waris maupun pihak bank sendiri.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai pinjaman KUR BRI ada asuransinya. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.