√ KUR Super Mikro BNI 2021 : Syarat, Bunga, Keunggulan & Tabel Angsur

KUR Super Mikro BNI – Bagi para alumni Prakerja, sekarang kalian bisa mengajukan salah satu program KUR dari pemerintah yang disalurkan melalui bank-bank di Indonesia yang dikenal juga dengan nama KUR Super Mikro. Bukan hanya BRI dan Mandiri yang menyediakan KUR Super Mikro, Bank BNI juga menyediakan fasilitas kredit satu ini yang bisa diajukan dengan syarat mudah dan proses pengajuan cepat.

Membahas mengenai Kredit Usaha Rakyat Super Mikro, di pertemuan kali ini KUR Super Mikro Bank BNI akan menjadi topik utama pembahasan kita kali ini. Lain halnya dengan KUR REGULER BANK BNI yang menyediakan limit pinjaman yang besar hingga ratusan juta, KUR Super Mikro BNI ini hanya menyediakan limit pinjaman yang terbilang sangat kecil, yakni hanya Rp 10.000.000 saja.

Dana pinjaman yang didapatkan dari KUR Super Mikro ini juga nantinya dapat digunakan sebagai modal kerja bagi para alumni Prakerja dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha rumahan dengan skala kecil. Menariknya dari produk KUR Super Mikro ini adalah para calon debitur tidak diharuskan melampirkan agunan atau jaminan apabila ingin mengajukan pinjaman. Ini yang menjadi salah satu keunggulan dari KUR Super Mikro.

Selain keunggulan tersebut, masih ada lagi beberapa keunggulan yang dihadirkan di dalam KUR Super Mikro Bank BNI satu ini. Perlu diketahui juga bahwa prosedur pengajuan Kredit Usaha Rakyat Super Mikro BNI bisa diajukan langsung dengan mendatangi kantor cabang Bank BNI setempat. Untuk pengajuan online, sampai saat ini pihak BNI belum memberikan layanan tersebut, karena pengajuan via offline dinilai lebih efektif. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

KUR Super Mikro BNI

Apa Itu KUR Super Mikro BNI?

KUR Super Mikro sendiri dihadirkan pada saat pandemi Covid-19, dimana pemerintah berupaya untuk terus menggiatkan sektor ekonomi riil agar tetap bergairah, salah satunya melalui inisiasi KUR. Melalui Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah menetapkan skema KUR Super Mikro sebagai skema pinjaman baru dan ditujukan bagi para pekerja yang terkena Pemutusan Hak Kerja (PHK) dan Ibu Rumah Tangga pemilik usaha produktif berskala mikro.

Keunggulan

Ada beberapa keunggulan yang terdapat di dalam fasilitas Kredit Usaha Rakyat Super Mikro Bank BNI satu ini. Adapun keunggulan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bebas Biaya Admin
  • Suku Bunga Ringan
  • Tanpa Jaminan
  • Proses Pengajuan Cepat

Bunga, Biaya & Lain-Lain

Sejak pertama kali dihadirkan pada pertengahan bulan Agustus 2020 lalu, suku bunga KUR Super Mikro sangatlah rendah jika dibandingkan dengan suku bunga komersial sehingga sangat diharapkan dapat membantu penerima yakni sebesar 0% sampai 31 Desember 2020 dan setelahnya 3% yang telah di subsidi hingga Juni 2021. Sedangkan untuk perihal biaya, KUR Super Mikro ini membebaskan biaya admin dan juga biaya provisi. Inilah yang menjadikan KUR Super Mikro BNI banyak diminati oleh nasabahnya.

Perlu diketahui juga bahwa KUR Super Mikro BNI ini hanya memberikan limit pinjaman sebesar Rp 10.000.000 saja. Sedangkan untuk tenor angsuran mulai dari 12 bulan hingga maksimal 36 bulan maksimal.

Syarat Pengajuan KUR Super Mikro Bank BNI

Syarat Pengajuan KUR Super Mikro Bank BNI

Kemudian untuk dapat mengajukan KUR Super Mikro dari Bank BNI ini, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang wajib diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

Ketentuan

  • Masuk dalam kategori usaha mikro.
  • Lama usaha calon penerima KUR Super Mikro tidak dibatasi minimal 6 bulan. Lama usaha dapat kurang dari 6 bulan apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    • Mengikuti program pendampingan (formal atau informal),
    • Tergabung dalam suatu kelompok usaha,
    • Memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha.
  • Bagi pegawai PHK tidak diwajibkan memiliki usaha minimal 3 bulan dengan pelatihan 3 bulan, akan tetapi dapat kurang dari 3 bulan atau usaha baru dengan syarat yang telah diatur oleh pemerintah.

Syarat Dokumen

  • KTP, KK dan Surat Nikah
  • Foto 4×6 Suami dan Istri
  • SKU (Surat Keterangan Usaha)
  • Memiliki usaha yang telah berjalan
  • Belum pernah memiliki pinjaman KUR

Jika semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi, maka untuk mendapatkan dana KUR Super Mikro bisa terbuka lebar.

Cara Pengajuan KUR Super Mikro Bank BNI

Cara Pengajuan KUR Super Mikro Bank BNI

Setelah mengetahui beberapa persyaratan diatas, maka berikutnya kalian bisa langsung mengunjungi kantor cabang Bank BNI setempat untuk melakukan pengajuan. Perlu diketahui bahwa Bank BNI selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap nasabahnya untuk urusan apapun. Nah, untuk pengajuan melalui kantor ini bisa kalian lakukan dengan membawa semua persyaratan lengkap seperti yang idekredit.com sampaikan diatas.

Temui petugas dan sampaikan jika kalian kalian ingin mengajukan KUR Super Mikro. Petugas biasanya akan menjelaskan lebih dulu mengenai apa saja yang terdapat di dalam fasilitas Kredit Super Mikro satu ini, mulai dari suku bunga, tenor angsuran dan lain sebagainya. Setelah dirasa kalian sudah paham, petugas akan meminta untuk mengisi formulir pengajuan KUR Super Mikro dan meminta berkas persyaratan yang diperlukan.

Ingat, bahwa nantinya pengajuan ini juga membutuhkan survey ke rumah calon debitur serta tempat usaha yang dijalani. Dimana ini juga akan menjadi pertimbangan pihak bank apakan calon debitur layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Jika pengajuan disetujui dan diterima, maka kalian bisa datang ke kantor untuk menyelesaikan proses administrasi seperti penandatanganan kontrak kredit serta pencairan dana pinjaman.

Tabel Angsuran Kredit Usaha Rakyat Super Mikro BNI

Tabel Angsuran KUR Super Mikro BNI 2

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, KUR Super Mikro bisa menjadi solusi bagi kalian para alumni Prakerja atau karyawan yang terkena dampak pandemi serta ibu rumah tangga yang memiliki usaha berskala mikro. Selain memberikan suku bunga ringan, Kredit Super Mikro juga dapat diajukan dengan syarat mudah tanpa agunan serta tenor angsuran yang sangat fleksibel.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Super Mikro BNI. Mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua, khususnya para alumni Prakerja dan nasabah Bank BNI dimanapun berada.