√ KUR BRI vs KUR BNI 2021 : Perbandingan Syarat & Limit Pinjaman

KUR BRI vs KUR BNI – Sampai saat ini fasilitas pinjaman bank yang paling banyak diminati oleh setiap nasabah adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Seperti kita ketahui bahwa di setiap tahunnya, setiap bank akan mengeluarkan kuota pinjaman yang selalu bertambah. Hal ini mengingat bahwa mayoritas masyarakat di Indonesia memiliki pekerjaan sebagai wirausaha atau para pelaku UMKM lebih tepatnya.

Pemerintah sendiri membuat program KUR yang dipercayakan kepada Bank HIMBARA seperti Bank BRI, BNI dan Mandiri. Penting diketahui juga bahwasanya setiap Bank yang dipercaya oleh Pemerintah juga berhak mengeluarkan syarat dan ketentuan yang wajib diikuti oleh setiap nasabahnya. Seperti limit maksimal pinjaman KUR, dan juga syarat yang diperlukan. Sedangkan untuk perihal suku bunga mengikuti anjuran dari pemerintah yakni 6% per tahun efektif.

Banyak pertanyaan yang kadang diutarakan oleh para nasabah bank-bank tersebut mengenai apa sih perbandingan antara KUR BRI, BNI dan juga Mandiri? Berbicara mengenai perbandingan, umumnya KUR hanya berbeda dalam soal syarat pengajuan dan juga limit maksimal yang diberikan. Namun disini kami tidak akan membahas mengenai semuanya, dimana kami hanya akan memberikan penjelasan terkait KUR BRI vs KUR BNI.

Selain membahas mengenai perbandingan syarat dan juga limit maksimal KUR yang diberikan, kami juga akan menginformasikan terkait kecepatan proses pengajuan dan persetujuan pinjaman antara KUR BRI vs KUR BNI. Baiklah daripada penasaran mengenai informasi KUR BRI vs KUR BNI, di bawah ini bisa langsung kalian simak informasi lengkap yang telah idekredit siapkan berikut.

KUR BRI vs KUR BNI

KUR BRI vs KUR BNI

Membahas mengenai KUR BRI vs KUR BNI, terkadang topik ini bisa menjadi wawasan kalian mengenai lebih mending mana sih, antara KUR BRI atau KUR BNI? Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa fasilitas pinjaman KUR baik KUR BRI maupun KUR BNI memiliki limit pinjaman yang berbeda. Selain itu dari segi persyaratan juga berbeda, khususnya untuk syarat agunan/jaminan. Jika kalian masih bertanya lebih baik mana KUR BRI atau KUR BNI, lebih jelasnya kalian bisa pelajari perbandingan antar kedua KUR tersebut di bawah ini.

Perbandingan KUR BRI vs KUR BNI

Di poin kedua ini kami akan memberikan beberapa perbandingan yang bisa kalian pelajari, mulai dari perbandingan persyaratan pengajuan, perbandingan limit maksimal pinjaman dan juga perbandingan proses pengajuan atau kecepatan pengajuan diterima dari kedua KUR tersebut.

1. Produk KUR BRI vs KUR BNI

Produk KUR BRI vs KUR BNI

Setiap produk KUR yang dihadirkan oleh bank BRI maupun BNI, memiliki produk yang bisa dikatakan hampir sama. Adapun informasi lengkap mengenai apa saja produk KUR yang dihadirkan oleh kedua bank tersebut adalah sebagai berikut.

KUR BNIKUR BRI
KUR MikroKUR Mikro
KUR Kecil/RitelKUR Kecil/Ritel
KUR TKIKUR TKI
KUR Super MikroKUR Super Mikro
KUR Tani

2. Syarat KUR BRI vs KUR BNI

Syarat KUR BRI vs KUR BNI

Seperti sudah kami jelaskan berkali-kali bahwa untuk perihal persyaratan, KUR BRI dan BNI ini memiliki syarat berbeda untuk agunan dan jaminan yang diperlukan. Selain itu, syarat umum dan dokumen lainnya baik untuk perorangan maupun badan usaha bisa dikatakan sama.

Syarat Umum KUR BNI

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia calon nasabah minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Nasabah telah menjalankan bidang usahanya dengan waktu minimal 6 bulan.
  • Pastikan bahwa calon nasabah tidak sedang memiliki memiliki atau mendapatkan kredit dari bank lain.

Syarat Administrasi atau Dokumen KUR BNI untuk Perorangan

  • FC E-KTP dan Kartu Keluarga.
  • FC Surat Nikah bagi yang sudah menikah.
  • FC Surat Ijin Usaha atau Keterangan Usaha Dari Kelurahan.
  • FC dokumen jaminan untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.
  • NPWP untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.

Syarat Administrasi atau Dokumen KUR BNI untuk Badan Usaha

  • FC E-KTP dan Kartu Keluarga.
  • FC Surat Ijin Usaha atau Keterangan Usaha yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat izin lainnya.
  • FC dokumen jaminan untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.
  • NPWP untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.
  • Selain itu, Bank BNI juga membebankan biaya administrasi KUR maksimal Rp 150 ribu kepada nasabah.
  • Lalu bagi nasabah yang menunggak cicilan, akan dikenakan denda sebesar 5 persen per tahun dari saldo yang tertunggak.

Syarat Umum KUR BRI

  • Pemohon KUR BRI adalah individu atau perorangan yang memiliki dan menjalankan usaha produktif sesuai ketentuan
  • Usaha sudah memiliki umur minimal 6 bulan
  • Tidak memiliki objek kredit dari lembaga keuangan lain
  • Memiliki KTP
  • Memiliki Kartu Keluarga
  • Memiliki Surat Ijin Usaha atau keterangan usaha

Nah untuk syarat dokumen KUR BRI ini, nasabah bisa menggunakan SPPT saja. Namun tidak dengan KUR BNI, dimana bank ini tidak menerima agunan berupa SPPT. Agunan yang mereka butuhkan adalah SHM atau BPKB Kendaraan Bermotor. Ini yang menjadi pembeda mengapa KUR BRI bisa dikatakan lebih banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

3. Limit Maksimal Pinjaman KUR BRI vs KUR BNI

Limit Maksimal Pinjaman KUR BRI vs KUR BNI

Lalu untuk soal limit maksimal pinjaman, Bank BRI hanya memberikan pinjaman KUR Maksimal Rp 100.000.000. Sedangkan maksimal pinjaman KUR BNI bisa dipastikan lebih tinggi mengingat agunan yang dilampirkan berupa SHM maupun BPKB, besaran limit maksimal yang bisa diberikan hingga Rp 200.000.000.

4. Proses Persetujuan Pengajuan KUR BRI vs KUR BNI

Proses Persetujuan Pengajuan KUR BRI vs KUR BNI

Kemudian untuk perbandingan vs yang terakhir adalah mengenai proses persetujuan pengajuan. Bisa dipastikan masyarakat menginginkan pengajuan yang bisa diproses dengan cepat dan bisa segera dicairkan. Untuk jenis KUR BRI dan KUR BNI ini memiliki proses persetujuan yang bisa dikatakan cukup relatif, tergantung pengajuan dilakukan di hari kerja awal (Senin) atau di hari kerja akhir (Jum’at).

Pengajuan membutuhkan waktu setidaknya 7 hari kerja setelah berkas dokumen sampai ke pihak bank. Jadi bisa kami simpulkan bahwa proses cepat atau tidaknya persetujuan pengajuan ini bisa dikatakan sama diantara kedua bank tersebut.

Informasi Mengenai Suku Bunga KUR

Informasi Mengenai Suku Bunga KUR

Berbicara mengenai suku bunga, seperti diketahui bahwa perihal besaran suku bunga ini memang sudah diatur oleh Pemerintah. Dimana di tahun ini, besaran suku bunga semua KUR adalah 6% efektif per tahun. Di tahun sebelumnya KUR memang memiliki suku bunga lebih tinggi, yakni 7% efektif per tahun. Namun karena melihat antusias atau minat pelaku UMKM yang mengajukan kredit ini, maka Pemerintah akhirnya memangkas bunga tersebut menjadi 6% saja.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, disini bisa kami simpulkan bawah KUR BRI masih berada sedikit diatas KUR BNI dalam segi versus. Hal ini karena syarat agunan KUR BRI ini tidak seperti KUR BNI yang mengharuskan nasabah memiliki SHM atau BPKB Kendaraan Bermotor. Sedangkan KUR BRI bisa diajukan walaupun kalian hanya memiliki SPPT saja.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai KUR BRI vs KUR BNI. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.