√ Pengajuan Pinjaman KUR BRI Ditolak ? 7 Penyebab & Cara Disetujui

Pengajuan Pinjaman KUR BRI Ditolak – Pinjaman KUR BRI atau dikenal juga dengan Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu jenis fasilitas pinjaman program pemerintah yang bisa dimanfaatkan bagi kalian yang membutuhkan dana tambahan modal usaha maupun investasi. Seperti kita ketahui bahwa masyarakat Indonesia mayoritas memiliki penghasilan dengan cara berwirausaha, entah itu bisnis dalam skala besar maupun kecil sekelas UMKM.

Khusus mereka para pelaku UMKM, kebutuhan modal di tengah pandemi seperti sekarang ini memang sangat mereka butuhkan. Dengan adanya KUR BRI, mereka dapat mengajukan pinjaman dengan syarat mudah, suku bunga ringan dan proses cepat. Terlebih saat ini pemerintah juga menyalurkan program KUR SUPER MIKRO melalui BRI khusus bagi para karyawan PHK dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha rumahan.

KUR Bank BRI memang dikenal memiliki syarat mudah serta proses pengajuan cepat. Akan tetapi tidak semua pengajuan dari setiap nasabah bisa diterima, ada beberapa nasabah yang mengajukan namun ditolak oleh pihak bank karena beberapa alasan. Nah mengenai hal ini, idekredit.com akan memberikan informasi lengkap serta pembahasan menarik mengenai penyebab pengajuan KUR BRI ditolak dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengapa pengajuan KUR BRI ini ditolak tentunya ada sebabnya. Seperti persyaratan dokumen yang tidak lengkap, kemudian memiliki riwayat kredit buruk dan beberapa lainnya. Baiklah daripada penasaran mengenai apa saja penyebab dan cara mengatasi agar pengajuan KUR BRI tidak ditolak, di bawah bisa langsung kalian simak informasi yang telah idekredit.com siapkan.

Pengajuan KUR BRI Ditolak

Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak

Nah seperti sudah kami singgung bahwa ada beberapa penyebab mengapa pengajuan KUR BRI ditolak. Selain memiliki dokumen kurang lengkap atau riwayat kredit buruk, masih ada beberapa penyebab lain yang bisa kalian simak di bawah ini.

1. Dokumen Kurang Lengkap

Penyebab pertama mengapa pengajuan KUR BRI ditolak adalah karena dokumen atau syarat diperlukan kurang lengkap. Syarat dokumen menjadi poin penting dalam prosedur pengajuan pinjaman KUR BRI agar tidak ditolak. Jika syarat dokumen ini tidak lengkap, maka pihak bank tidak akan memproses pengajuan kalian.

Baca  19 Cara dan Syarat Pinjam Uang di KSP Sejahtera Bersama

Jika kalian memiliki keniatan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI ini, kalian bisa lebih dulu menyiapkan semua berkas dokumen persyaratan yang diperlukan. Setelah semua lengkap, barulah datangi kantor setempat untuk apply pengajuan KUR.

2. Masih Memiliki Tanggungan/Tunggakan Pinjaman

Penyebab kedua adalah nasabah masih memiliki tunggakan atau tanggungan pinjaman baik di bank BRI ataupun di bank lain. Khusus untuk bank BRI, pihak bank tidak akan menerima pengajuan pinjaman apabila nasabah tersebut memiliki pinjaman lainnya. Jika terlihat bahwa masih memiliki tanggungan atau bahkan tunggakan maka pengajuan tersebut akan ditolak.

3. Riwayat Kredit Buruk

Pihak bank selalu mempertimbangkan setiap proses pengajuan yang masuk. Dimana poin yang masuk dalam pertimbangan pihak bank adalah BI Checking dari setiap nasabah. Jika nasabah tersebut memiliki riwayat kredit yang buruk, maka sudah pasti pengajuan ditolak oleh pihak bank.

Apabila kalian memiliki riwayat kredit yang buruk, kami sarankan untuk tidak mengajukan pinjaman KUR BRI. Karena percuma saja jika hal ini tetap dilakukan, pengajuan pinjaman sudah pasti ditolak oleh pihak bank.

4. Tujuan Pinjaman Tidak Jelas

Kemudian berikutnya calon debitur harus memberikan informasi jelas terkait apa tujuan pengajuan pinjaman KUR ini. Jika tidak memiliki tujuan pinjaman yang jelas, pinjaman KUR BRI tersebut pastinya akan ditolak pihak bank. Biasanya penyampaian tujuan pinjaman ini juga ditulis di Surat Ijin Usaha yang diberikan oleh pihak desa setempat. Selain itu pada saat proses survey juga pihak bank (mantri) akan menanyakan kembali kejelasan tujuan pinjaman ini.

5. Tidak Memiliki Usaha

KUR BRI diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Nah disini bisa dipastikan bahwa pengajuan bisa dilakukan apabila nasabah memiliki usaha yang sudah berjalan setidaknya 6 bulan. Apabila tidak memiliki usaha, maka pinjaman akan ditolak.

6. Agunan Tidak Sesuai Syarat & Ketentuan

Pihak bank BRI juga mewajibkan pengajuan disertai dengan syarat dokumen agunan/jaminan. Dimana agunan tersebut diantaranya adalah BPKB kendaraan bermotor, SPPT atau SHM. Jika kalian tidak memiliki jaminan, maka pengajuan KUR BRI sudah pasti akan ditolak.

Baca  5 Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI Termudah

7. Nominal Pinjaman Terlalu Besar

Penyebab terakhir mengapa pengajuan KUR BRI ditolak adalah karena nasabah mengajukan pinjaman dengan nominal terlalu besar. Seperti diketahui bahwa maksimal pinjaman KUR BRI hanya Rp 50 juta. Jika mengajukan diatas nominal tersebut maka pihak bank tidak dapat memberikan persetujuan alias ditolak.

Cara Mengatasi Pengajuan Pinjaman KUR BRI Ditolak

Tips Cara Mengatasi Agar Pengajuan KUR BRI Diterima

Setelah mengetahui apa saja penyebab mengapa pengajuan pinjaman KUR BRI ditolak diatas, berikutnya kami juga akan menyampaikan beberapa tips agar pengajuan bisa disetujui. Adapun tips berikut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kalian dapat melengkapi semua berkas persyaratan dokumen yang diperlukan sebelum memutuskan untuk mengajukan.
  2. Usahakan jika kalian tidak memiliki record pinjaman yang buruk. Jika masih memiliki riwayat buruk, sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan.
  3. Jangan sampai memiliki pinjaman atau tunggakan pinjaman di bank lain ketika memutuskan untuk mengajukan pinjaman di bank BRI.
  4. Tujuan pinjaman harus jelas, seperti untuk mengembangkan usaha atau kebutuhan investasi.
  5. Mempunyai bentuk usaha jelas dan lancar dalam hal keuangan agar proses survey lancar.
  6. Gunakan juga agunan seperti sertifikat tanah, rumah, SPPT atau jaminan lain yang resmi.
  7. Ajukan besar pinjaman yang sesuai dengan nominal pinjaman KUR BRI.

Kesimpulan

Membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi pengajuan KUR BRI ditolak, disini kami dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya pengajuan pinjaman memang memiliki prosedur yang wajib untuk diikuti oleh setiap calon debitur. Bahwasanya tidak semua pengajuan tidak ditolak, semuanya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diwajibkan oleh pihak bank. Jika ada salah satu syarat ketentuan yang kurang, maka pinjaman tersebut tidak akan disetujui.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai pengajuan KUR BRI ditolak, penyebab dan juga cara mengatasi agar pinjaman disetujui. Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.