√ KUR Bank Papua 2021 : Syarat, Bunga, Biaya & Tabel Angsuran

KUR Bank Papua – Pinjaman untuk para pelaku UMKM memang diperlukan untuk menambah modal usaha yang sedang mereka jalani. Salah satu pinjaman program pemerintah yang populer adalah Kredit Usaha Rakyat atau dikenal juga dengan KUR. Hampir setiap bank-bank di Indonesia dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkan program KUR ini, salah satunya adalah Bank Pembangunan Daerah Papua. Seperti KUR Bank lain pada umumnya, suku bunga produk pinjaman ini tentunya sangatlah ringan, maka dari itu tak heran jika para pelaku UMKM di Papua sangat berminat untuk mengajukan pinjaman satu ini.

Bank Papua menyediakan 2 produk KUR, yakni KUR Mikro dan juga KUR Kecil. Setiap jenis tersebut juga memiliki kategori penggunaan dana pinjaman, yakni untuk Kredit Modal Kerja dan juga Investasi. Bisa dikatakan untuk KUR Bank Papua ini bisa digunakan untuk modal usaha yang sedang dijalani atau dapat juga digunakan sebagai dana investasi masa depan. Untuk soal limit pinjaman, produk KUR satu ini juga tentunya tidak berbeda dengan produk KUR BANK BRI atau pun KUR BANK MANDIRI, dimana untuk KUR Kredit Modal Kerja adalah Rp 25 juta. Sedangkan untuk KUR Investasi adalah Rp 25 juta sampai maksimal Rp 500 juta.

Selain informasi tersebut, masih ada banyak lagi informasi mengenai produk pinjaman program pemerintah yang satu ini. Dengan adanya KUR, pemerintah berharap agar sektor Usaha Mikro Kecil Menengah di daerah Papua dapat berkembang lebih baik dibanding sebelum-sebelumnya. Oleh karena itu, dengan pemberian suku bunga ringan, yakni hanya 6% per tahun, tentunya para calon debitur bisa dengan mudah untuk melakukan angsuran per bulannya. Terlebih lagi tenor angsuran yang diberikan juga cukup fleksibel mulai dari 3 tahun hingga maksimal 5 tahun. Semakin lama tenor angsuran, maka akan semakin ringan pula angsuran per bulan yang harus dibayarkan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh calon debitur, dimana mereka tidak akan dibebani dengan biaya administrasi dan juga biaya provisi. Ini merupakan salah satu keunggulan dari produk KUR Bank Papua. Disamping itu, untuk cara pembayaran angsuran juga dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan menggunakan sistem autodebet. Mereka hanya perlu menyimpan uang angsuran ke dalam rekening tagihan yang telah dibuatkan oleh pihak bank pada saat melakukan pengajuan. Baiklah daripada berlama-lama, lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Bank Papua yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

KUR Bank Papua

Jenis KUR Bank Papua

Seperti sudah kami singgung sedikit diatas, bahwasanya KUR ini memiliki 2 jenis, yakni KUR Mikro dan juga KUR Kecil atau Retail. Lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan fasilitas pinjaman khusus UMKM dan kelompok usaha yang menyediakan plafon maksimal sebesar Rp 25 juta. Suku bunga yang diberikan juga cukup ringan, yakni 6% per tahun dan tenor angsuran mulai dari 3 tahun (Modal Kerja) dan 5 tahun (Investasi). Untuk agunan akan disesuaikan dengan ketentuan bank (minimal 30% dari plafon pinjaman).

2. KUR Kecil

KUR Kecil merupakan fasilitas pinjaman khusus UMKM dan kelompok yang menyediakan plafon mulai dari Rp 25 juta hingga maksimal Rp 500 juta. Suku bunga yang diberikan juga tidak berbeda dengan KUR Mikro, yakni 6% per tahun dan tenor angsuran mulai dari 4 tahun (Modal Kerja) dan 5 tahun (Investasi). Untuk agunan akan disesuaikan dengan ketentuan bank (minimal 30% dari plafon pinjaman).

Syarat Pengajuan KUR Bank Papua

Syarat Pengajuan KUR Bank Papua

Adapun mengenai persyaratan. KUR Bank Papua mewajibkan setiap calon debitur yang hendak mengajukan pinjaman KUR wajib mempersiapkan beberapa syarat. Baik syarat umum maupun syarat dokumen. Lebih jelasnya simak beberapa syarat-syarat pengajuan KUR di bawah ini.

Syarat Umum

  • Individu (perorangan) dan kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak.
  • Berusia minimal 21 tahun atau belum berusia 21 tahun namun sudah menikah.
  • Calon debitur tidak sedang menikmati fasilitas kredit perbankan (Program Pemerintah dan/Umum), kecuali Kredit Konsumtif (KPR, Kredit Pegawai, Kartu Kredit dan KKB).
  • Memiliki usaha berjalan minimal 6 bulan.
  • Khusus pekerja terkena PHK telah menjalankan usaha minimal 3 bulan dengan ketentuan telah mengikuti Pelatihan Kewirausahaan.
  • Bagi Calon debitur PNS dengan Golongan III/d ke bawah maupun istri wajib menyertakan Surat Ijin tertulis melakukan kegiatan usaha dari pejabat instansi terkait (sesuai dengan PP No.6 tahun 1974 pasal 2 ayat 3).
  • Golongan IV/a ke atas maupun istri pejabat tidak diperkenankan menerima fasilitas KUR sesuai dengan PP No.6 tahun 1974 Pasal 2 Ayat 1, kecuali untuk fungsi sosial seperti Bidan, Guru, Dokter.
  • Memiliki tempat tinggal tetap sendiri.
  • Penyediaan Jaminan minimal 30% dari plafon, berupa SHM, SHGB, BPKB Kendaraan, Cash Collateral (Tabungan/Deposito, Giro).

Syarat Dokumen

  • FC identitas diri calon debitur KTP Elektronik masih berlaku (Suami/Istri).
  • FC NPWP (wajib jika pinjaman diatas Rp 50.000.000).
  • FC Kartu Keluarga masih berlaku.
  • FC Surat Nikah/Cerai bagi sudah bercerai.
  • Surat Persetujuan Kredit dari Suami/Istri.
  • Pas Foto 4 x 6 Suami Istri masing-masing sebanyak 2 lembar.
  • FC Surat Perizinan Usaha seperti, SITU, SIUP atau Surat Keterangan Usaha dari Camat/Lurah/Dinas terkait Surat Kesanggupan melunasi kredit.
  • FC Jaminan berupa SHM, SHGB, BPKB Kendaraan.
  • FC Surat Keterangan Domisili yang menyatakan pemohon memiliki tempat tinggal tetap milik sendiri.

Cara Pengajuan KUR Bank Papua

Cara Pengajuan KUR Bank Papua

Kemudian untuk cara pengajuan KUR Bank Papua, kalian bisa mengajukan KUR dengan mendatangi kantor cabang Bank Papua setempat dengan membawa berkas persyaratan diperlukan. Nah untuk prosedur pengajuan, kalian bisa simak langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan dokumen syarat pengajuan Kredit Usaha Rakyat.
  2. Kemudian datangi kantor Bank Papua dengan membawa seluruh dokumen persyaratan tersebut.
  3. Temui petugas dan sampaikan bahwa kalian ingin mengajukan pinjaman KUR.
  4. Petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir pengajuan.
  5. Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh pihak bank dengan memasukkan data yang sebenar-benarnya.
  6. Serahkan formulir beserta kelengkapan dokumen persyaratan tersebut kepada petugas untuk di proses.
  7. Setelah itu tunggu pihak Bank melakukan survey ke rumah calon debitur.
  8. Jika sudah, kalian hanya perlu menunggu kabar dari pihak Bank apakah pengajuan KUR tersebut diterima atau ditolak.

Apabila pengajuan diterima, pihak bank akan segera menghubungi kalian melalui nomor telepon yang terdaftar di formulir pengajuan. Pihak bank juga akan meminta kalian untuk datang ke kantor guna proses tanda tangan kontrak kredit serta pencairan dana pinjaman di hari itu juga.

Tabel Angsuran KUR Bank Papua

Tabel Angsuran KUR Bank Papua

Kesimpulan

Setiap produk memang selalu memberikan suku bunga yang sama, yakni 6%. Selain itu untuk biaya dan lain-lain, semua bank penyalur KUR juga memiliki besaran biaya sera prosedur pengajuan yang hampir sama. Bagi kalian para pelaku UMKM di wilayah Papua, kalian bisa dengan mudah mengajukan fasilitas kredit satu ini untuk keperlua modal usaha dan juga investasi.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Bank Papua yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.