Kartu Kredivo Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab & Cara Mengatasi

Kartu Kredivo Tidak Bisa Digunakan – Ada banyak sekali layanan kartu kredit yang dihadirkan untuk memudahkan para nasabah melakukan transaksi, baik secara tunai maupun cicilan. Berbicara mengenai layanan kartu kredit, fasilitas ini memang memiliki segudang keunggulan yang bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Saat ini juga banyak bank yang telah menjalin kerjasama dengan beberapa layanan dompet digital serta paylater maupun pinjaman online, salah satunya adalah Kredivo untuk menghadirkan fasilitas kartu kredit. Bank yang bekerjasama dengan Kredivo adalah Bank Sampoerna. Keduanya akhirnya resmi menghadirkan kartu kredit dengan nama Flexi Card Kredivo.

Informasi mengenai Flexi Card Kredivo sudah kami bahas di pertemuan sebelumnya. Nah di pembahasan kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait permasalahan yang kerap dialami oleh para penggunanya, salah satunya adalah kartu Kredivo tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi di merchant offline.

Untuk bisa menemukan solusi atas permasalahan ini, pengguna tentu harus mengetahui lebih dulu apa saja yang menjadi penyebab kartu Kredivo tidak bisa digunakan. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu Kredivo tidak bisa digunakan berikut ini.

Kartu Kredivo Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kartu Kredivo Tidak Bisa Digunakan

Seperti pembahasan serupa lainnya seperti OVO U Card tidak bisa digunakan yang sudah sempat kami bahas di pertemuan sebelumnya. Disini kami juga akan membahas lebih dulu mengenai apa saja yang menjadi penyebab kartu kredit Kredivo tidak bisa digunakan ketika bertransaksi. Di bawah ini bisa kalian simak beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika gagal transaksi menggunakan Flexi Card Kredivo.

1. Limit Kredit Tidak Tersedia

Penyebab pertama mengapa kartu Kredivo tidak bisa digunakan adalah karena pengguna tidak menyadari bahwa limit kredit tidak tersedia. Limit kredit kartu Kredivo yang kurang atau tidak tersedia tentu akan menghambat proses transaksi, bahkan transaksi tersebut bisa jadi akan gagal. Terkadang pengguna juga kurang memperhatikan penggunaan limit mereka sehingga tidak sadar bahwa limit kredit Kartu Kredivo tidak tersedia.

2. Akun Kredivo Diblokir

Lalu untuk penyebab kedua bisa juga dikarenakan akun Kredivo pengguna telah diblokir untuk sementara waktu oleh pihak Kredivo. Pemblokiran ini juga tentu bukan tanpa sebab, biasanya karena pengguna masih memiliki tagihan tertunggak atau belum membayar tagihan dengan waktu yang lama. Ini juga akan berpengaruh pada skor kredit pengguna, sehingga tidak salah jika nantinya pihak Kredivo melakukan pemblokiran sementara waktu pada akun pengguna tersebut.

3. Merchant Tidak Mendukung Pembayaran Kredivo

Penyebab selanjutnya adalah karena pengguna melakukan transaksi di merchant yang tidak mendukung pembayaran dengan menggunakan Kartu Kredivo. Ya, Kredivo memang memiliki banyak rekanan merchant offline yang bisa dipilih, akan tetapi ada juga beberapa merchant yang tidak mendukung pembayaran menggunakan Kredivo. Ini sering dialami oleh para pengguna, dimana mereka salah memilih merchant sehingga Kartu Kredivo tidak bisa digunakan untuk transaksi.

4. Kartu Kredivo Rusak

Lalu yang terakhir juga bisa dikarenakan Flexi Card Kredivo dalam kondisi rusak. Kondisi kartu yang rusak sudah pasti tidak akan bisa digunakan untuk bertransaksi. Biasanya kerusakan kartu terdapat pada bagian chip, dimana chip tergores atau bisa juga terkelupas. Ini yang nantinya menyebabkan mesin EDC tidak bisa membaca kartu tersebut sehingga transaksi gagal.

Cara Mengatasi Kartu Kredivo Tidak Bisa Digunakan

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab mengapa Kredivo Flexi Card tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, berikutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi agar nantinya Kartu Kredivo bisa digunakan kembali. Ada beberapa tips dan cara yang mungkin bisa kalian lakukan ketika menemui masalah tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lunasi Tunggakan Tagihan

Apabila kegagalan transaksi dikarenakan adanya pemblokiran akun Kredivo dikarenakan pengguna memiliki tunggakan tagihan, maka solusinya disini adalah dengan melunasi semua tunggakan tagihan tersebut. Kalian bisa membayar tagihan Flexi Card Kredivo melalui banyak metode, seperti transfer ATM, M Banking, Internet Banking dan lain sebagainya.

2. Pastikan Limit Tersedia

Lalu untuk solusi kedua, pastikan kembali bahwa limit kredit tersedia sebelum melakukan transaksi. Cara cek sisa limit Kredivo bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Kredivo. Disana kalian bisa melihat detail informasi akan hal tersebut.

3. Ganti Merchant

Apabila transaksi tidak dapat dilakukan karena merchant tidak mendukung pembayaran menggunakan kartu Kredivo, kalian bisa mengganti merchant tersebut dengan yang lain yang sudah mendukung pembayaran menggunakan Kredivo. Adapun merchant yang bisa kalian pilih diantaranya adalah Indomaret, Alfamart, DanDan, KFC, Starbucks, MI Store, iBox dan Kopi Kenangan.

4. Hubungi Call Center Kredivo

Namun jika semua tips yang kami sampaikan diatas tetap tidak mengatasi masalah kartu Kredivo tidak bisa digunakan, kalian bisa mencoba menghubungi pihak Kredivo melalui layanan Call Center di nomor 0807-1-573358 atau bisa juga dengan mengirimkan email ke alamat email support@kredivo.com.

Kesimpulan

Dari penjelasan setiap poin diatas, baik penyebab maupun cara mengatasinya. Disini bisa disimpulkan bahwa permasalahan gagalnya transaksi menggunakan Flexi Card Kredivo umumnya dikarenakan pengguna tidak sadar bahwa kartu Kredivo yang dimiliki telah rusak. Atau selain itu juga bisa dikarenakan limit kredit tidak mencukupi ketika membayar transaksi. Kedua penyebab tersebut menjadi penyebab umum yang paling sering dialami. Cara mengatasinya yang paling cepat adalah dengan meminta bantuan langsung ke pihak Kredivo melalui layanan Call Center diatas.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi Kartu Kredivo tidak bisa digunakan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tags: , , , ,