8 Cara Pengkinian Data Akulaku : Pengertian, Fungsi & Prosedur

Advertisements

Cara Pengkinian Data Akulaku – Bagi kalian para pelanggan setia Akulaku (Alovers), tentunya kalian diwajibkan untuk selalu menjaga keamanan akun dari segala bentuk pencurian, peretasan atau sejenisnya. Seperti diketahui bahwasanya kasus seperti ini memang marak terjadi dan ada juga beberapa pengguna Akulaku yang mengalaminya.

Disini bisa dipastikan bahwa kasus pencurian akun yang terjadi bisa dikatakan mutlak kesalahan pengguna yang tanpa sadar telah memberikan info data pribadi ke orang lain. Perlu diketahui juga disini bahwa dari pihak Akulaku sendiri tidak akan pernah menyalahgunakan data-data pribadi milik pengguna termasuk meminta PIN, Password atau kode keamanan lainnya.

Nah untuk menjaga keamanan akun, belum lama ini Akulaku memberikan himbauan kepada Alovers untuk segera melakukan pembaruan data. Lalu apa yang dimaksud dengan pengkinian data Akulaku, fungsi dan juga bagaimana cara pengkinian data Akulaku ini? Di pertemuan ini, idekredit.com akan menjelaskan secara detail mengenai pengkinian data tersebut.

Advertisements

Maka dari itu kami sarankan untuk terus simak pembahasan kali ini sampai akhir. Penting diketahui bahwa pengkinian data ini memiliki fungsi sebagai keamanan akun agar tidak mudah diretas oleh orang lain. Selain itu ada juga beberapa manfaat lainnya yang akan kami sampaikan bersama pembahasan utama kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak cara pengkinian data Akulaku berikut ini.

Cara Pengkinian Data Akulaku

Apa Itu Pengkinian Data Akulaku?

Seperti janji diatas bahwa kami akan menjelaskan mengenai apa itu pengkinian data. Mungkin banyak diantara kalian pengguna yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan pengkinian data. Pengkinian data Akulaku merupakan pembaruan data pengguna Akulaku agar keamanan akun bisa lebih terjaga. Pengkinian data juga sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.12/POJK.01/2017 tentang penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme di Sektor Keuangan.

Baca  √ Download Akulaku Versi Terbaru : Syarat, Cara & Keunggulan

Fungsi Pengkinian Data Akulaku

Perlu diketahui juga bahwa pembaruan data Akulaku juga memiliki beberapa fungsi. Dimana fungsi atau manfaat pengkinian data Akulaku diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencegah akun mengalami tindak peretasan dan juga skimming
  • Mengantisipasi Link Phishing yang berpotensi menyebabkan pencurian data
  • Menerapkan ketentuan peraturan tentang anti pencucian uang
  • Mencegah pendanaan Terorisme
  • Memaksimalkan keamanan akun pengguna

Syarat Pengkinian Data Akulaku

Setelah mengetahui beberapa penjelasan diatas mengenai pengertian pengkinian data Akulaku dan juga manfaatnya. Berikutnya kita akan menjelaskan mengenai apa saja syarat yang diperlukan untuk melakukan pengkinian data Akulaku ini. Namun sebelumnya perlu diperhatikan disini bahwa kasus peretasan akun memang kerap terjadi, dan biasanya jika ada indikasi seperti ini para pengguna akun lebih memilih untuk mengganti PIN pembayaran Akulaku atau password login agar lebih aman.

Melihat permasalahan ini, pihak Akulaku ini juga turut serta melakukan penumpasan terhadap kasus-kasus tersebut yang merugikan banyak pengguna. Maka dari itu pembaruan data dianjurkan oleh Akulaku kepada semua penggunanya. Kembali ke persyaratan, ada beberapa syarat diperlukan dalam proses ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Perbarui Aplikasi Akulaku

Syarat pertama adalah dengan memperbarui aplikasi Akulaku ke versi terbaru. Jika kalian belum mengupdate versi terbaru, kalian bisa update Akulaku melalui Google Play Store atau App Store.

2. Pastikan Email & Nomor HP Terdaftar Masih Aktif

Syarat berikutnya adalah dengan memastikan alamat email dan nomor HP yang digunakan pada saat mendaftar masih dalam keadaan aktif.

3. Nomor HP Darurat Masih Aktif

Dan yang terakhir adalah pastikan juga nomor HP darurat yang kalian pilih juga masih dalam keadaan aktif. Jika sudah tidak aktif, kalian bisa segera konfirmasi ke pihak Akulaku,

Baca  25 Syarat Pengajuan Kredit Akulaku 2022

Cara Pengkinian Data Akulaku

Setelah semua informasi syarat diatas sudah kalian ketahui, maka selanjutnya kita ke pembahasan utama mengenai cara pengkinian data Akulaku. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dengan mengikuti beberapa langkah yang telah kami sampaikan di bawah ini. Untuk memudahkan kalian semua, kami juga menyertakan gambar di setiap langkah-langkahnya. Lebih jelasnya simak langsung tutorial di bawah ini.

1. Buka Aplikasi Akulaku

Langkah pertama adalah dengan masuk ke aplikasi Akulaku terlebih dahulu. Nah di halaman utama, kalian langsung pilih menu Notifikasi di bagian pojok kanan atas.

Buka Aplikasi Akulaku

2. Buka Kotak Masuk dari CS Akulaku

Nantinya disana akan terlihat ada notifikasi dari pihak Akulaku. Kalian bisa buka notifikasi tersebut.

Buka Kotak Masuk dari CS Akulaku

3. Tap Pengkinian Data

Setelahnya akan muncul informasi pemberitahuan mengenai pembaruan data Akulaku. Untuk memulai pengkinian data, tap notifikasi tersebut.

Tap Pengkinian Data

4. Lengkapi Formulir Pengkinian Data

Di halaman berikutnya akan muncul formulir pengkinian data. Lengkapi formulir tersebut dengan mengisi semua kolom dengan lengkap dan benar dan tap Kirim.

  • Nama Lengkap
  • NIK
  • Tanggal Lahir
  • Alamat Sesuai eKTP
  • Nomor HP terdaftar
  • Email terdaftar
  • Nama pemilik Kontak Darurat
  • Kontak Darurat / Emergency Contact
Lengkapi Formulir Pengkinian Data

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai cara pembaruan data Akulaku. Disini bisa kami tarik kesimpulan bahwa pengkinian data ini adalah wajib. Jadi kalian para Alovers wajib melakukan pembaruan data ini agar akun lebih aman dan terjaga dari tindak kejahatan digital. Pengkinian data juga sudah dianjurkan oleh pihak OJK seperti yang kami sampaikan di atas.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai cara pengkinian data Akulaku. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements