13 Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha 2020

Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha – Modal usaha saat ini bisa kita dapatkan dengan mudah. UMKM menjadi salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara, begitu juga dengan Indonesia. UMKM sendiri juga dianggap memiliki peranan penting dalam laju perekonomian masyarakat.

Disamping dapat membantu negara atau pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru, melalui sektor usaha ini juga banyak tercipta unit-unit kerja baru yang menggunakkan tenaga baru yang dapat mendukung pendapat rumah tangga.

Bisnis atau usaha memang terkadang memerlukan dana yang cukup besar, maka dari itu kita harus memilikki dana segar untuk memajukkan bisnis yang telah kita bangun. Dan bagi yang mungkin baru memulai bisnis namun terkendala dana, kalian dapat mengajukan pinjaman modal usaha ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Bank memang menjadi salah satu tempat yang umum dan dikenal mudah untuk mengajukan pinjaman, terlebih jika kita memiliki beberapa dokumen penting yang dapat digunakkan sebagai jaminan seperti SHM, SPPT, BPKB dan lainnya. Melihat dokumen tersebut biasanya pengajuan pinjaman kita akan lebih mudah diterima.

Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha

Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha

Sebelum mengajukan pinjaman, alangkah baiknya jika kalian memahami beberapa informasi mengenai syarat pengajuan pinjaman yang diperlukan. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai syarat dan cara pengajuan pinjaman modal usaha yang telah kami siapkan berikut ini.

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Ada beberapa jenis pinjaman modal usaha yang dapat kalian pahami terlebih dahulu, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kredit Modal Kerja

Pinjaman yang satu ini dapat kita ajukan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti proyek, piutang, pembiayaan inventory dan lainnya.

Kredit Investasi

Fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan atau kebutuhan lain terkait investasi.

Kredit BPR

Adalah kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakkan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.

Kredit KopKar

Pinjaman modal usaha yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.

Kredit Syariah

Dan terakhir adalah kredit syariah yang merupakan pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM.

Persyaratan Dokumen Pinjaman Modal Usaha

Untuk persyaratannya ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum datang ke kantor bank atau lembaga keuangan lainnya. Persyaratan yang diperlukan biasanya umumnya adalah sebagai berikut;

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  • Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal usia 60 tahun saat kredit lunas
  • Belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah/telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar, atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah

Kemudian biasanya ada beberapa dokumen penting yang masuk dalam syarat pengajuan pinjaman, antara lain adalah:

  • Bukti diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi yang menikah)
  • Khusus kredit Rp 50 juta keatas dipersyaratkan dokumen legalitas usaha, seperti: NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat di mana yang bersangkutan memiliki usaha; atau
  • Surat Ijin Usaha
  • Fotokopi rekening giro/tabungan 6 bulan terakhir

Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha

Setelah semua persyarat dirasa sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah pengajuan ke kantor bank atau lembaga terkait. Untuk proses tahapannya mari kita simak berikut ini:

  1. Pertama isi form pengajuan pinjaman modal usaha di bank atau lembaga keuangan terkait yang memiliki kredibilitas terbaik.
  2. Periksa kembali dokumen yang telah kalian siapkan. Paling penting disini adalah pastikan kartu dan dokumen identitas kalian masih berlaku pada saat meminjam uang, mulai dari fotokopi KTP, NPWP, dan dokumen lainnya.
  3. Selanjutnya pihak bank akan melakukan verifikasi dan validasi data. Jika semua persyaratan dan data sudah sesuai maka pihak bank akan menghubungi kalian untuk melakukan cross check data dan analisa kredit.
  4. Jika permohonan sudah disetujui maka kalian akan dihubungi kembali untuk penerimaan dana atau pencairan dana.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan pinjaman modal usaha yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara mengajukan pinjaman BNI Syariah yang telah idekredit.com sampaikan di postingan sebelumnya.